Berita

Mitsubishi Resmi Produksi Mesin Xpander di Indonesia

produksi mesin xpader indonesia

MMKI resmi produksi mesin xpander berkapasitas 1.500 cc di fasilitas manufaktur di Bekasi. (Foto: MMKSI)

Jakarta – Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) sebagai fasilitas manufaktur kendaraan Mitsubishi Motors di Tanah Air mengumumkan pihaknya telah resmi melakukan produksi mesin Xpander, Selasa (22/12/2020) kemarin.

Produksi mesin Xpander yang dilakukan di Bekasi ini pun mewujudkan upaya peningkatan rasio kandungan lokal MPV tersebut.

Dengan dibenamkannya mesin ini, tingkat komponen lokal pada Mitsubishi Xpander menjadi sekira 80 persenan.

Produksi mesin juga diklaim akan menguntungkan untuk pemasok lokal yang terlibat.

Mesin yang diproduksi lokal ini tidak ada perubahan spesifikasi, yakni masih 1.500 cc. Sebelumnya, mesin berspesifikasi 1.500 cc MIVEC, DOHC, 16 katup ini diimpor langsung dari Jepang.

“Lokalisasi produksi mesin Xpander merupakan pemenuhan komitmen MMKI untuk memberi kontribusi bagi perekonomian Indonesia. Kami akan terus berupaya untuk turut berpartisipasi dalam menggerakkan ekonomi di Indonesia,” kata Presiden Direktur MMKI, Shinji Matsumura melalui keterangan resmi.

Adapun rencana lain yang pernah mencuat, pada 2018 Mitsubishi Motors Corporation pernah berniat untuk memproduksi mesin yang sama di pabrik Nissan di Purwakarta. Lantaran pabriknya ditutup, rencana tersebut pun urung dilaksanakan.

produksi mesin xpander indonesia

Shinji Matsumura, Presiden Direktur PT MMKI dan Prianto, Direktur HR & GA PT MMKI saat peresmian produksi mesin Xpander di Indonesia. (Foto: MMKSI)

MMKI pun menyampaikan dapat memproduksi sebanyak 160.000 unit mesin Xpander per tahun di fasilitas tambahan di area pabrik Mitsubishi di kawasan GIIC, Deltamas, Cikarang, Jawa Barat.

“Dengan dimulainya produksi mesin Mitsubishi Xpander, kami berharap dapat memperkuat bisnis produksi dengan meningkatkan daya saing dan mempergunakan fasilitas produksi secara efektif,” kata Shinji Matsumura.

Belum Ada Kejelasan Soal Harga

produksi mesin Xpander

Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition (Foto: MMKSI)

Bagi Mitsubishi Motors, Indonesia masuk ke dalam kawasan ASEAN pendorong pertumbuhan Rencana Jangka Menengah.

Produksi mesin Xpander ini pun kemudian menjadi langkah yang sangat signifikan mengingat MMKI memang menjadi pabrik induk dari MPV andalan Mitsubishi tersebut.

Kendati diakui akan menguntungkan pasar Indoensia dan ekspor, namun belum ada keterangan jelas apakah produksi mesin Xpander secara lokal ini akan membuat harga mobil jadi lebih kompetitif atau tidak.

 

Penulis: Dimas Hadi

Baca Juga: Laris Manis, Pemesanan Mitsubishi Xpander Tembus 4 Ribu Unit di Malaysia

Dimas Hadi

Menjadi jurnalis dan merangkap sebagai penulis konten otomotif di Carmudi sejak 2016. Masih terobsesi Toyota Starlet meski lebih sering mengemudikan Suzuki Ertiga karena cinta keluarga. Email: [email protected]

Related Posts