Berita

Mitsubishi Triton Bakal Lahap 1.700 Km di AXCR 2022 Pakai Suspensi Standar

Jakarta — PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) akan mendukung penuh Rifat Sungkar yang akan berlaga menggunakan Triton bersama Mitsubishi Ralliart di ajang Asian Cross Country Rally (AXCR) 2022.

Ajang balap reli tersebut nantinya akan melewati beberapa negara seperti Thailand dan Kamboja.

Dalam konferensi persnya, MMKSI dan Rifat Sungkar mengatakan mobil yang akan digunakan di ajang AXCR 2022 nanti adalah Triton generasi terbaru.

Mobil double cabin yang akan digunakan nanti dikatakan hanya mengalami sedikit ubahan untuk bisa berlaga, yaitu hanya di bagian suspensi.

Masih menurut Rifat bersama Mitsubishi Ralliart, sisanya akan mengandalkan mobil dalam kondisi standar.

mitsubishi ralliart axcr 2022

“Selama testing 3 hari, mobil yang dipakai ini standar yang hanya diganti shockbreaker-nya saja. Jadi kita mau lihat produk Mitsubishi itu seperti apa,” ujar Rifat Sungkar di saat konferensi pers yang digelar di Blackstone Garage, Senayan, Jakarta, Selasa (1/11/2022).

Ketika melakukan pengujian, Rifat ternyata tidak sadar kalau Mitsubishi Triton yang dipakainya telah dipasangkan sebuah alat telemetri yang berguna mengecek seluruh titik mobil untuk memeriksa kondisi chasis standar ketika dipakai tes.

“Jadi saat tes saya lihat ada kotak di dalam mobil lalu saya tanya ini apa. Mereka bilang di dalam kotak itu ada 16 telemetri untuk mengecek seluruh titik mobil. Kita mau lihat, chasis-nya apakah ada kerusakan atau keretakan saat dipakai tes,” ujar Rifat.

mitsubishi ralliart axcr 2022

Selain telemetri, pihak Mitsubishi Motor Corporation (MMC) di Jepang juga turut membantu live data recorder.

Ketika mobil membutuhkan setting secara realtime dan akurat, pihak Mitsubishi Jepang akan segera membuka ECU agar performa mobil bisa terkerek.

“Pihak Mitsubishi head quarter bisa membantu secara langsung dari Jepang untuk melakukan setting tentang kebutuhan mobil. Ini dipantau secara langsung dari Jepang saat saya di Buriram, Thailand,” sambung pria ramah ini kepada media.

Di ajang AXCR 2022 nanti Rifat Sungkar akan ditemani oleh Chupong, co-driver asal Thailand untuk melahap trek jarak 1.700 km.

Berbekal pengalaman 15 tahun, Chupong nantinya diharapkan bisa melatih dan membawa Rifat menaklukkan trek yang dikenal ganas tersebut.

Selama latihan dan balap, Rifat juga akan diberi pelatihan oleh Hiroshi Masuoka, pembalap reli Jepang yang pernah menjuarai reli Dakar tahun 2002—2003.

Hadirnya Mitsubishi Ralliart di ajang AXCR 2022 juga menandai kebangkitan tim balap Mitsubishi.

“Ini menjadi perhatian dunia lewat keikutsertaan Mitsubishi Ralliart menggunakan Triton di ajang AXCR 2022. Target saya jangan ketinggian, tetapi kita harus bisa memberikan yang terbaik di ajang ini,” ujar Rifat Sungkar.

Penulis: Rizen Panji
Editor: Dimas

Rizen Panji

Pikirannya selalu dipenuhi oleh mobil buatan asal Jerman, Swedia, dan Prancis dengan tahun produksi di bawah 2000. Jangan lupa, mesin yang bersemayam di dalam kap mesin tentunya harus 6 silinder guna memompa adrenalin ketika mengendarainya

Related Posts