Berita

Raih Prestasi di AXCR 2022, Mitsubishi Triton Ralliart Dipajang di Tokyo

Jakarta — Pascaturun di ajang balap AXCR 2022 pekan lalu, Mitsubishi membuat replika Triton Ralliart yang nantinya akan dipajang di kantor pusat Mitsubishi Motors di Tamachi, Tokyo pada 21 November 2022.

Replika dibuat sebagai tanda sejarah pabrikan di ajang reli tersebut dengan hasil membanggakan.

Di ajang balap AXCR 2022 lalu, Mitsubishi Ralliart menurunkan 2 mobil.

Mobil pertama diisi oleh Chayapon Yotha yang sukses menjadi Juara Umum dan mobil kedua diisi oleh Rifat sungkar yang sukses menjadi Juara 5.

triton ralliart

Secara total, Chayapon berhasil menyelesaikan ajang balap dengan catatan waktu 8 jam 22 menit 42 detik.

Sementara Rifat Sungkar perlu waktu 17 menit 14 detik di belakang Chayapon Yotha.

Hasil positif ini tentunya semakin membuktikan jika Mitsubishi Triton Ralliart dengan kondisi standar bisa bersaing di ajang balap.

Terlebih ubahan yang dilakukan terbilang sedikit, hanya di bagian suspensi dan perangkat keamanan di dalam kabin.

“AXCR 2022 ini menjadi debut Mitsubishi Motors bersama Ralliart ke ajang balap setelah vakum. MMKSI sangat bangga dengan hasil yang diraih bersama Rifat Sungkar yang berhasil mengikuti reli yang berat ini,” kata Naoya Nakamura, President Director of PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) beberapa waktu lalu.

Selama balapan berlangsung, Rifat sempat mengalami kendala pecah ban yang membuat catatan waktunya sedikit molor.

“Hari pertama pecah ban, tapi ini hanya tidak beruntung saja. Secara keseluruhan, Triton ini memang tangguh,” kata Rifat.

Rifat yang ditemani oleh Chupong Chaiwan sebagai navigator sempat mengejar pereli terdepan.

Bahkan dirinya mengaku sempat 2 kali menyalip di KM 12 dan 25 pada hari pertama balap sebelum mengalami pecah ban.

“Saya berhasil ‘menangkap’ pereli yang memimpin di KM12 dan 25. Tapi sayang ada insiden yang membuat saya rugi waktu selama 6 menit dari dia,” sambungnya.

triton ralliart

Walaupun mengalami pecah ban dan kerusakan parah di bagian kaki-kaki, Triton masih sangat tangguh untuk dipaksa berjalan.

Hal ini terbukti dari posisi gardan yang masih utuh tanpa mengalami adanya kerusakan berarti.

“Hebat sekali itu gardan tidak lepas. Padahal ini spesifikasi mobilnya standar, sokbrekernya pun sudah mulai hancur. Ini yang membuat saya takjub dengan Triton Ralliart ini, sangat sensasional, sih,” jelasnya.

AXCR 2022 mengharuskan setiap pembalap melewati 6 Special Stage (SS) yang melewati jalur lintas negara Thailand dan Kamboja.

Total jarak yang ditempuh oleh setiap pembalap berkisar 1.700 km dengan kondisi jalan yang mirip seperti reli Dakar.

Pembuktian Triton di ajang balap reli paling ganas di Asia ini membuktikan kualitas dan kekuatan mobil.

“Peningkatan yang akan dilakukan dari pengalaman reli ini diharapkan mempekuat posisinya di pasar Indonesia,” pungkas Naoya Nakamura.

Mobil double cabin ini di Indonesia mendominasi pasar, khususnya armada pekerja di area perkebunan dan pertambangan.

Kemampuan mobil berpenggerak 4 roda ini tentunya tak perlu diragukan lagi lantaran sudah digunakan di ajang balap.

Penulis: Rizen Panji
Editor: Dimas

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play StoreDownload Carmudi di App Store

Rizen Panji

Pikirannya selalu dipenuhi oleh mobil buatan asal Jerman, Swedia, dan Prancis dengan tahun produksi di bawah 2000. Jangan lupa, mesin yang bersemayam di dalam kap mesin tentunya harus 6 silinder guna memompa adrenalin ketika mengendarainya

Related Posts