Home » Berita » Mitsubishi Umumkan Penarikan Xpander, Ini Masalahnya

Mitsubishi Umumkan Penarikan Xpander, Ini Masalahnya

Mitsubishi Xpander (Foto: Santo/Carmudi)

Manila – Mitsubishi Motors Philippines Corporation (MMPC) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Mitsubishi di Filipina menggumumkan recall  Xpander. Pemberitahuan resmi soal penarikan Mitsubishi Xpander diterbitkan MMPC hari ini, Jumat (6/12/2019) di website resminya.

Penarikan ini merupakan tindak lanjut MMPC setelah mendengar keluhan konsumen. Yang menyatakan bahwa mesin mobil Mitsubishi Xpander mati mendadak saat digunakan. Keluhan tersebut sudah disampaikan oleh pelanggan sejak Mei 2019.

Setelah melakukan pemeriksaan mendalam, pihak MMPC dibantu Mitsubishi Motor Corporation (MMC) menemukan jawaban atas masalah yang dihadapi oleh sebagaian pelanggan Mitsubishi Xpander. Masalahnya ada pada bagian pompa bahan bakar atau lebih dikenal dengan sebutan fuel pump.

Sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan kepada pelanggan, maka MMPC memanggil pemilik Mitsubishi Xpander yang terindikasi bermasalah pada bagian fuel pump. Dari sebuah penyataan yang dirilis oleh MMPC membeberkan fuel pump pada Mitsubishi Xpander mengalami kerusakan sehingga ada komponen yang perlu diganti.

Adapun penarikan ini hanya berlaku bagi pemilik Xpander yang membeli mobil pada Mei 2018 hingga 22 Oktober 2019, jadi tidak mengenai semua mobil Mitsubishi Xpander yang sudah tersebar di Filipina. Akan tetapi tidak disebutkan berapa jumlah Mitsubishi Xpander yang ditarik.

Rilis resmi terkait recall dari Mitsubishi Pilipina.

Pemilik mobil Mitsubishi Xpander yang terindentifikasi bermasalah diminta untuk menghubungi diler-diler resmi Mitsubishi terdekat. Pihak MMPC pun menyarakna kepada pelanggan supaya melakukan booking service di bengkel resmi Mitsubishi pada waktu ingin melakukan perbaikan.

Perbaikan fuel pump memakan waktu hanya sekira satu setengah jam, tetapi ini tergantung pada kapasitas ruang servis dan ketersediaan komponen pengganti.

Sebagai informasi MMPC memasarkan Xpander dalam empat varian, seperti Xpander GLX 1.5G 2WD MT, Xpander GLX Plus 1.5G 2WD AT, Xpander GLS 1.5G 2WD AT, dan Xpander GLS Sport 1.5G 2WD AT. Harganya muai dari 999 ribu Peso atau Rp276 juta hingga 1,175 juta Peso atau setara dengan Rp324 jutaan.

Di Indonesia Belum Ditemukan Masalah Fuel Pump

Mitsubishi Xpander yang dipasarkan di Filipina merupakan buatan Indonesia yang dikirim dalam kondisi utuh atau Completely Built Up dari pabrik milik PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) di Kawasan Greenland International Industrial Center(GIIC), Bekasi, Jawa Barat. Meski datang dari Indonesia, lucunya masalah fuel pump tidak ditemukan di Xpander yang beredar di Tanah Air.

“Kami belum menemukan kasus yang sama di dalam negeri. Akan tetapi kami sedang melakukan invetigasi. Kalau pelanggan ada yang merasa perlu mobilnya di cek silahkan hubungi dealer resmi,” kata Director of Sales & Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Michimasa Kono, akhir Mei lalu di Cikokol, Tangerang.

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Previous post
Selain Wagon R, Ada Kemungkinan Suzuki Siapkan Ertiga Listrik
Next post
Merasakan Mercedes-Benz Classic, Fan Belt Putus Mewarnai Perjalanan