Home » Berita » Mitsubishi Xpander Akan Gunakan Mesin Buatan Nissan di 2019

Mitsubishi Xpander Akan Gunakan Mesin Buatan Nissan di 2019

Jakarta – Tak salah bila Mitsubishi akan menggenjot produksi Xpander, pasalnya permintaan mobil jenis Low MPV ini banyak peminat hingga diluar ekspektasi. Baik itu konsumen di Indonesia atau di luar Tanah Air (ekspor).

Bahkan, sudah ada dalam agenda kalau mesin Xpander akan diproduksi lokal pada 2020 yang akan di buat oleh PT Nissan Motor Indonesia (NMI). Sebagai informasi, kedua merek tersebut secara global telah beraliansi.

Seperti diketahui, saat ini penggunaan suku cadang lokal Xpander sudah 71 persen. Bila mesin Xpander di produksi lokal makan rasio penggunaan komponen lokal menjadi 80 persen.

Nantinya pabrik Nissan di Indonesia mampu memproduksi sekitar 160.000 unit mesin per tahun. Langkah ini juga membawa manfaat ekonomi bagi rantai pasokan lokal.

CEO Mitsubishi Motors Corporation Osamu Masuko sempat mengungkapkan kalau kapasitas produksi tahunan saat ini akan di tingkatkan. Dari 160.000 unit akan ditingkatkan menjadi 220.000 unit pada tahun fiskal 2020.

Volume produksi Xpander akan meningkat dari 115.000 unit menjadi 160.000 unit pada tahun fiskal 2020. Eksport akan meningkat dari 30.000 unit menjadi 50.000 unit untuk memenuhi permintaan pasar luar negeri termasuk negara-negara ASEAN.

“Ini kami lakukan karena permintaan Xpander terus meningkat, baik itu di Indonesia maupun yang di ekspor ke ASEAN,” kata Masuko beberapa waktu lalu di Jakarta (3/10).

Suplay Xpander ke Nissan

Berbicara mengenai produk aliansi Nissan dan Mitsubishi di Indonesia kedepannya, Osamu menjelaskan belum mengetahui secara detail. Akan tetapi dirinya menyambut positif di masa depan Nissan dan Mitsubishi akan baik kedepannya di Indonesia.

Menurut Osamu mesin yang diproduksi oleh NMI bisa menambah peluang lapangan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia. Hal ini dilakukan untuk merespon permintaan yang tinggi terhadap Xpander di pasar domestik dan ekspor.

“Total investasi ini dilakukan oleh Nissan bukan kami, dan kami akan melakukan suplai Xpander ke Nissan mulai awal 2019,” ucap Masuko. (dol)

datsun 2018
Previous post
Infografis Mobil Baru Datsun 2018, Kini Bukan Cuma LCGC
Next post
Wuling Motors Kirim Sarung hingga Kebutuhan Bayi ke Palu