Home » Berita » Mitsubishi Xpander Cross Dibuat di Indonesia, Dijual ke Vietnam

Mitsubishi Xpander Cross Dibuat di Indonesia, Dijual ke Vietnam

Tak Cuma Indonesia, Mitsubishi Xpander Cross Bakal Meluncur di Negara Tetangga (Foto: Santo/Carmudi)

Jakarta – Menyusul Thailand dan Filipina, Mitsubishi Xpander Cross hasil produksi pabrik Mitsubishi di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat resmi dipasarkan Vietnam. Mobil keluarga bergaya SUV tersebut telah lebih dahulu meluncur di Indonesia untuk pertama kalinya di dunia pada November 2019.

“Kami memperkenalkan Mitsubishi Xpander Cross untuk menyuguhkan nilai baru bagi konsumen yang lebih luas di Vietnam yang mencari gaya, ketangguhan dan kepraktisan,”ungkap Yoichiro Yatabe, Co-Chief Operating Officer Mitsubishi Motors Corporation (MMC), dalam keterangan resminya.

Vietnam merupakan salah satu pasar terpenting bagi Mitsubishi. Kehadiran Mitsubishi Xpander Cross tidak hanya menjadi pilihan baru bagi konsumen di sana, tapi juga sebagai langkah strategis dalam menumbuhkan penjualan Mitsubishi secara global khsususnya di kawasan ASEAN.

“Kami akan terus berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Vietnam melalui upaya produksi dan penjualan,” tambah Yoichiro Yatabe.

Di Vietnam Xpander Cross dipasarkan hanya dalam satu varian saja. Dijual dengan harga 670.000.000 VNĐ atau sekira Rp422 jutaan.

Sebagai perbandingan, di Indonesia Mitsubishi Xpander Cross ditawarkan dalam tiga varian. Di antaranya Xpander Cross M/T dijual dengan harga Rp272,7 juta, Xpander Cross A/T Rp282,7 juta, dan Premium Package A/T Rp292,7 juta.

Mengombinasikan DNA dari SUV dengan keunggulan khas MPV, Xpander Cross dirancang dengan tampilan eksterior yang terlihat kokoh. Sedangkan desain interiornya diklaim praktis dan serbaguna. Dengan ground clearance terbaik di kelasnya 225 mm, memungkinkan mobil ini untuk melalui berbagai medan jalan tanpa mengorbankan kelapangan kabin dan kenyamanan sebuah MPV.

Varian tertinggi dari Mitsubishi Xpander ini sudah dibekali dengan mesin bensin 1.5L MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control) DOHC 16 Valve. Mesin ini menghasilkan performa tanguh dan irit bahan bakar.

Penjualan Terbaik

Sebelum Xpander Cross, Mitsubishi terlebih dahulu mendatang Xpander. Penantang Avanza ini juga di pasarkan di Thailand, Filipina dan Vietnam. Sama seperti di Indonesia, Xpander juga meraih penjualan terbaik di ketiga negara tersebut. Di Vietnam sendiri Mitsubishi Xpander mulai diniagakan pada Oktober 2018, dengan total unit terjual sekira 27.000 unit per Juni 2020.

Sejak diluncurkan di Indonesia pada 2017, total volume penjualan seri Xpander telah mencapai sekira 260 ribu unit hingga Juni 2020.

Kehadiran Xpander Cross akan semakin memperkuat daya saing MMC di ASEAN, salah satu kawasan strategis bagi perusahaan di bawah kerangka kerja baru Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi.

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Previous post
Harga Daihatsu Sigra Bekas, Tetap Stabil Tak Tergoyahkan
Next post
Peringati Setengah Abad, Mercedes-Benz Indonesia Luncurkan Tiga Mobil Ikonik