Berita Mobil Sumber informasi

Mitsubishi Xpander Makin Mahal, Tiga Mobil Ini Bisa Jadi Alternatif

Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander (Foto: Carmudi)

Jakarta – Pasar low multi-purpose vehicle (LMPV) di Indonesia sangat subur dan persaingannya semakin ketat terlebih ketika munculnya model-model baru, sebut saja satu di antaranya Mitsubishi Xpander. Kehadiranya membuat jagad otomotif roda empat menjadi heboh, dengan menawarkan desain yang futuristik, lebih modern dan lebih banyak fitur baru.

Meskipun pendatang baru, Mitsubishi Xpander mampu mengoyah model lain di segmen yang sama. Namun bila bicara harga, hingga saat ini Xpander beberapa mengalami kenaikan sejak awal 2018.

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Agen Pemegang Merek (APM) kendaraan Mitsubishi di Indonesia mengungkapkan kalau hal ini memang harus dilakukan. Beberapa alasan diutarakan oleh MMKSI, mulai dari strategi pemasaran, hingga penyesuaian biaya Bea Balik Nama (BBN).

Berdasarkan informasi dari berbagai sumber yang Carmudi dapati, MMKSI mulai menaikan harga Xpander untuk semua varian sebesar Rp3 juta pada Januari 2018, kemudian bulan berikutnya kembali naik sekira Rp2 juta.

All New Suzuki Ertiga (Foto: Carmudi)

Memasuki bulan Mei lagi-lagi MMKSI menaikkan harga jual dari Xpander sekira Rp3 juta. Tidak berhenti sampai disitu, bulan depan MMKSI juga berencana untuk menawarkan harga baru yang tentunya lebih mahal sekitar Rp2 juta dari harga jual bulan ini.

Saat pertama kali meluncur pada Agustus 2017, Mitsubishi Xpander varian terendah dipasarkan dengan harga Rp189,05 juta, sedangkan varian tertinggi dibanderol Rp245,35 juta.

Harga yang berlaku sekarang sangat jauh berbeda dan lebih tinggi, untuk Xpander varian rendah saja dijual dengan harga RP197,1 juta, dan Rp253,4 juta untuk varian tertinggi. Harga tersebut akan berubah mulai awal Agustus.

Ya, memang hal ini mau tidak mau harus dilakukan siapapun produsennya. Pastinya mereka punya strategi pasar. Namun apakah dengan strategi ini tidak akan memalingkan konsumen melirik merek atau varian lain?

Suzuki Ertiga, Toyota Avanza, dan Honda Mobilio Bisa Jadi Alternatif

Jika merasa benderol Mitsubishi Xpander kemahalan ada pilihan mobil lain disegmen yang sama dengan kisaran harga jual sedikit lebih murah. Ketiganya adalah Suzuki Ertiga, Toyota Avanza, dan Honda Mobilio.

toyota avanza

Toyota Avanza (Foto: Carmudi)

Dimulai dari Suzuki Ertiga. Mobil keluarga yang baru saja meluncur pada April 2018 ini menawarkan tampilan serta beragam fitur tambahan yang belum ada di generasi sebelumnya. PT.Suzuki Indomobil Motor (SIS) APM mobil Suzuki menawarkan tujuh varian dengan harga jual Rp193 juta untuk All New Ertiga GA-MT. Lalu GL-MT Rp211,5 juta, GX-MT Rp223 juta, GX-AT Rp233,5 juta, GX-MT ESP Rp228 juta, dan GX-AT ESP Rp238,5 juta.

Kemudian lanjut ke Toyota Avanza. Model yang mendapat julukan mobil sejuta umat ini terakhir kali diperbarui pada 2015. Sekarang ini Toyota Avanza dibanderol dengan harga Rp190,95 juta untuk varian 1.3 E M/T, Rp202,15 juta varian E A/T, Rp208,8 juta G M/T, Rp219,5 juta G A/T.

Sedangkan harga Rp221,1 juta 1.5  untuk varian G A/T. Selain itu ada juga tipe Avanza Veloz yang dibanderol Rp215,5 juta untuk varian 1.3 VELOZ M/T, Rp227,3 juta 1.3 VELOZ A/T, Rp227,5 juta 1.5 VELOZ M/T, dan Rp239,3 juta untuk varian 1.5 VELOZ A/T.

Sementara itu Honda Mobilio ditawarakan dengan lima varian sebagai pilihan. Varian terendah yaitu Mobilio S yang dijual dengan harga Rp193 juta, lalu ada juga varian Mobilio E seharga Rp213,5 juta, Mobilio E CVT Rp224,5 juta, Mobilio RS Rp236 juta, dan Mobilio RS CVT Rp247 juta.

Honda Mobilio

Honda Mobilio (Foto: Carmudi)

Banyak kalangan yang menilai masyarakat Indonesia sangat sensitif terhadap harga jual dari sebuah kendaraan. Beda harga sedikit saja konsumen akan memilih produk yang lebih murah. Namun itu semua kembali kepada selera dan kebutuhan konsumen.(dol)

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts

/