Home » Berita » Mitsubishi Xpander Sabet Gelar Mobil Terbaik 2018 Versi FORWOT

Mitsubishi Xpander Sabet Gelar Mobil Terbaik 2018 Versi FORWOT

FORWOT Car of The Year 2018
Indra Prabowo, Ketua Umum FORWOT menyerahkan trophy FORWOT Car of The Year 2018 kepada manajemen PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) (Istimewa)

Jakarta – Salah satu mobil Small MPV (Multi Purpose Vehicle) yaitu Mitsubishi Xpander berhasil menyabet gelar sebagai mobil terbaik di Indonesia versi FORWOT (Forum Wartawan Otomotif).

Xpander terlebih dahulu lolos ke dalam kelompok 5 besar mobil favorit pilihan 60 wartawan otomotif berbagai media, cetak maupun online. 4 model lainnya yang masuk dalam kelompok ini masing-masing Suzuki Ertiga, Toyota Rush, serta dua debutan asal Cina, DFSK Glory 580 dan Wuling Cortez.

Dua model terakhir disebut menjadi kejutan di ajang tahunan ini karena memberi warna tersendiri dalam proses penilaian FORWOT Car of The Year 2018 .

“Tahun ini pertarungan merebutkan gelar FORWOT Car of the Year semakin seru. Pertama, mobil baru mampu menyodok nama-nama lawas. Selain itu, untuk pertama kalinya dua brand asal Cina, DFSK dan Wuling, masuk dalam posisi lima besar,” kata Indra Prabowo, ketua umum FORWOT saat penyerahan penghargaan di Jakarta, Jumat (28/9/2018).

Ini menjadi bukti mobil merek Cina sudah mulai diperhitungkan untuk bisa bertarung dengan merek mobil Jepang, Eropa, Korea, dan India.

Mobil Terbaik, Poin Mitsubishi Xpander Unggul Jauh

FORWOT Car of The Year 2018
Perwakilan APM finalis dan pemenang FORWOT Car of The Year 2018 bersama pengurus FORWOT (Istimewa)

Setelah masuk dalam 5 besar, proses penjurian berlanjut dalam sistem poin. Dimana dewan juri yang terdiri dari 33 wartawan otomotif terpilih harus memberikan poin dari modal 25 poin yang diberikan.

Selected juri-juri inilah yang melakukan penilaian secara online. Sistem online ini membuat data penilaian yang masuk sangat rahasia, otomatis tertabulasi, dan tidak bisa dimanipulasi,” kata ketua dewan juri FORWOT Car of The Year 2018, Raju Febrian.

Hasilnya, Small MPV andalan Mitsubishi Motors tersebut meraih poin tertinggi, unggul jauh dari 4 model finalis lainnya.

Mitsubishi Xpander memperoleh total 216 poin, diikuti Suzuki Ertiga (160 poin), Wuling Cortez (160 poin), Toyota Rush (141 poin), dan DFSK Glory 580 (133 poin).

Hasil ini sekaligus mengubah peta tren model mobil terbaik versi FORWOT karena di tiga tahun terakhir pelaksanaannya, mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV) yang selalu menjadi jawara.

Xpander meluncur di GIIAS 2017 lalu dan langsung jadi fenomenal dengan penjualan yang sangat besar bahkan melewati angka penjualan Toyota Avanza yang disebut-sebut sebagai ‘mobil sejuta ummat’.

Daftar Mobil Terbaik FORWOT 2009-2018

Sebagai informasi FORWOT Car of the Year merupakan pemilihan mobil terbaik yang dilakukan oleh para jurnalis otomotif. Bernaung di bawah payung Forum Wartawan Otomotif Indonesia (FORWOT). Mengacu dari Car of the Year Committe atau www.caroftheyear.org untuk pemilihan mobil terbaik di Eropa, namun disesuaikan dengan pasar otomotif Indonesia.

Kriteria penilaian meliputi beberapa pilar, mulai dari sisi design, kenyamanan, keamanan, ekonomis, handling, performa. Serta fungsi, ramah lingkungan, kepuasan berkendara dan harga.

Tahun ini hanya ada 23 mobil yang benar-benar baru dirilis selama periode Agustus 2017 hingga Juli 2018. Menurun dibanding tahun lalu sebanyak 32 mobil dan tahun 2016 sebanyak 28 mobil.(dol)

Daftar FORWOT Car of The Year

  • 2009: Toyota Prius
  • 2010: (Tidak Diselenggarakan)
  • 2011: (Tidak Diselenggarakan)
  • 2012: Honda Brio
  • 2013: Kia Carens
  • 2014: Honda Jazz
  • 2015: Honda HR-V
  • 2017: Honda CR-V
  • 2018: Mitsubishi Xpander

 

Previous post
Awal Mula Munculnya Ojek di Jakarta, Angkutan Dalam Pelabuhan
recall
Next post
Beli Mobil Honda Bisa Dapat Voucher Liburan dan Belanja Gratis