Berita

Mobil Baru Mei 2024, Ada Mobil Listrik dengan Harga di Bawah Rp300 Juta

Sepanjang Mei 2024 pasar otomotif Indonesia kembali kedatangan mobil baru. Menariknya ada satu model mobil listrik yang banderolnya tak sampai Rp300 juta.

Menurut catatan Carmudi, ada tiga mobil baru yang meluncur pada periode Mei 2024. Ketiga mobil tersebut datang dari beragam merek yang berbeda. Bukan merek asal Jepang melainkan dari China dan Korea Selatan.

Baca Juga: Dua Mobil Baru Yang Meluncur Pada April 2024

Mobil Baru Mei 2024

Wuling memberikan beragam keuntungan menarik bagi konsumen yang melakukan pemesanan Cloud EV dalam periode pre-book berlangsung (Foto: Wuling)

Adapun mereknya ialah Wuling, Neta, dan Kia. Masing-masing mendatangkan satu model mobil baru.

Dua di antaranya sebut saja Wuling dan Neta mendatangkan mobil listrik, sedangkan dari Kia memboyong Multi Purpose Vehicle (MPV) premium yang menggunakan mesin pembakaran internal, atau Internal Combustion Engine (ICE).

Menariknya lagi, Wuling meluncurkan model mobil yang benar-benar baru dan belum pernah dijual sebelumnya ke konsumen.

Daftar Mobil Baru Mei 2024 Beserta Harganya

Seperti yang telah disinggung di atas bahwa ketiga merek tersebut hanya mendatangkan satu model saja. Adapun model mobilnya, yaitu Wuling Cloud EV, Neta V-II, dan New Kia Carnival.

Mobil Baru Mei 2024

Neta V-II

Berikut ini penjelasan singkat mengenai ketiga model mobil baru tersebut beserta harga terbarunya:

Wuling Cloud EV

Mobil listrik terbaru Wuling, Cloud EV resmi meluncur di Tanah Air pada 15 Mei 2024. Sebelumnya Wuling sempat memperkenalkannya ke publik sebanyak dua kali.

Perkenalan pertamanya terjadi pada Februari, sedangkan yang kedua dilakukan pada akhir April berbarengan dengan ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024.

Cloud EV menjadi mobil listrik ketiga Wuling di pasar Indonesia menemani pendahulunya, Air ev dan Binguo EV.

Mobil ini hadir dengan desain eksterior terinspirasi dari awan yang membuat tampilannya terlihat dinamis dan elegan.

ABC Stories Wuling

Cloud EV yang Diperkenalkan Pada Februari Lalu, Kini Sudah Dapat Dipesan Oleh Para Konsumen (Foto: Wuling)

Baca Juga: Harga Resmi Wuling Cloud EV Di Bawah Rp410 Juta

Bagian depan mobil terdapat lampu utama dengan LED. Bagian sampingnya tersemat Flushed Door Handle menciptakan kesan mewah dan minimalis di bagian pintu serta pelek 18 inci.

Sementara bagian belakang terdapat lampu Horizon Skyline Tail Light dan Rear Defogger pada kaca belakang mobil.

Beralih ke interior, Cloud EV dirancang sedemikian rupa untuk memberikan kesan nyaman seperti berada di rumah.

Joknya dilapisi material kulit dengan desain Italian Bubble Style dan dilengkapi fitur electric seat di jok baris depan serta bisa direbahkan hingga 135 derajat.

Kenyamanan pengemudi pun turut didukung dengan Leather-wrapped Tilt & Telescopic Steering Wheel dan Electronic Column Shifter.

Bagian belakang Wuling Cloud EV (Foto: Santo/Carmudi)

Tak cuma nyaman saja, interior dari hatchback listrik ini juga terasa mewah berkat adanya, layar MID berukuran 8.8 inci, Atmospheric Multicolour Ambient Light 256 warn, Intelligent Control Panel 15.6 inci yang berfungsi sebagai pusat kendali kendaraan dan fitur entertainment, hingga Wireless Charger.

Deretan fitur inovatif khas Wuling turut menjadi bagian di mobil ini, seperti Wuling Indonesian Command (WIND), vehicle status monitoring via MyWuling+, dan Advanced Driver Assistance System (ADAS).

Untuk memaksimalkan aspek keselamatan berkendara turut disematkan Auto Vehicle Holding, Electric Parking Brake, Electronic Stability Control, Tire Pressure Monitoring System, Emergency Stop Signal, Rear Parking Sensor, Pedestrian Sound Warning, 4 SRS Airbags, ABS, EBD, BA, hingga Hill Hold Control.

Dari sisi performa Cloud EV didukung baterai Lithium Iron Phosphate (LFP) berkapasitas 50.6 kWh yang diklaim memiliki jarak tempuh maksimal 460 km. Didukung pula oleh Permanent Magnet, Synchronous Motor dengan kemampuan mengeluarkan tenaga maksimal 134 hp dan torsi 200 Nm.

Kenyamanan Cloud EV

Jok baris pertama dan dasbor Wuling Cloud EV (Foto: Santo/Carmudi)

Baca Juga: Wuling Cloud EV Menawarkan Kenyamanan Dan Fitur Inovatif

Sebagai tambahan terdapat empat pilihan mode berkendara, yakni ECO, ECO+, Normal, dan Sport.

Harga Wuling Cloud EV

  • Cloud EV Rp398 jutaan (on the road Jakarta dan sudah dipotong Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 10 persen)

Neta V-II

Mobil listrik baru kedua yang meluncur pada Mei 2024 adalah Neta V-II. Sebelum meluncur resmi pada 22 Mei, model facelift dari Neta V ini menjalani sesi perkenalan ke publik di PEVS 2024.

Baca Juga: Neta Resmi Umumkan Harga Mobil Listrik V-II, Mulai Rp299 Jutaan

Mobil Baru Mei 2024

Neta melakukan serangkaian pembaruan pada V-II sebagai pembeda dari model terdahulu. Pembaruan yang paling mencolok adalah dalam hal keselamatan dan kenyamanan, di mana Neta menyematkan Advanced Driver Assistance Systems (ADAS).

Terdapat sembilan fitur yang ada di dalam ADAS pada Neta V-II, yaitu Forward Collision Warning (FCW), Automatic Emergency Braking (AEB), Front Vehicle Start Alert (FSA), Full- Speed Adaptive Cruise (ACC), Traffic Jam Assist (TJA), Intelligent Cruise Assist (ICA), Lane Departure Warning (LDW), Lane Keeping Assist (LKA), dan High Beam Assist (HBA).

Menyoal tampilan luar mobil, kini V-II mengusung Starlight Front Grille, LED Headlight serta pelek 16 inci.

Neta V-II juga telah dibekali baterai Lithium Ferro-Phosphate (LFP) berkapasitas 36,1 kWh yang mampu menempuh jarak hingga 401 km dalam sekali pengisian daya baterai sampai penuh.

Sport Utility Vehicle (SUV) kompak ini memiliki kemampuan menampung hingga lima penumpang di kabin. Dimensi panjangnya 4.070 mm, lebar 1.690 mm dan tinggi 1.540 mm yang memberikan kesan lebih besar dan luas.

Mobil Baru Mei 2024

Baca Juga: Mulai Sejarah Baru, Neta Perdana Produksi Lokal Mobil Listrik V-II Di Bekasi

V-II sudah mengantongi sertifikasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) hingga 44 persen, sehingga berhak mendapatkan insentif PPN dari pemerintah.

Harga Neta V-II

  • V-II Rp299 juta (on the road Jakarta dan sudah dipotong PPN sebesar 10 persen)

New Kia Carnival

Mobil baru yang dirilis Mei 2024 selanjutnya adalah New Kia Carnival.

New Carnival resmi meluncur pada 29 Mei merupakan Carnival generasi keempat yang pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada November 2021 di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS).

Mobil Baru Mei 2024

New Kia Carnival meluncur dengan harga mulai dari Rp960 juta (Foto: Santo/Carmudi)

Mengusung konsep ‘Modern Boldness’ yang terinspirasi dari bahasa desain ‘Opposites United’, New Kia Carnival kini tampil dengan balutan eksterior yang lebih tegas, sporty, dan modern. Sementara interiornya hadir dengan nuansa mewah serta modern.

Pada bagian depan mobil, Carnival terbaru hadir dengan identitas Tiger Nose Grille baru yang membuat tampilannya lebih segar.

Lampu depannya kini hadir dengan desain baru berbentuk vertikal yang seluruhnya sudah mengadopsi teknologi LED Proyektor dengan High Beam Assist dan dikombinasikan dengan lampu DRL bergaya Star Map Lamp LED.

Pada bagian samping, dibekali dengan desain pelek baru yang hadir dengan kombinasi warna two tone. Untuk Kia Carnival 11-seater menggunakan pelek berukuran 18 inci, sedangkan yang versi 7-seater pakai pelek yang lebih besar, yakni 19 inci.

Baca Juga: Kia Luncurkan New Carnival, Varian 11 Seater Lebih Murah

Interior New Kia Carnival

Interior New Kia Carnival (Foto: Santo/Carmudi)

Pintu New Carnival sudah dilengkapi fitur Smart Power Sliding Door yang memungkinkan penumpang membuka pintu cukup dengan memegang kunci tanpa memencet tombol.

Lalu pada bagian belakang mengusung bahasa desain baru yang membuatnya jadi terlihat lebih kompak. Lampu belakangnya kini mengadopsi gaya Star Map Lamp LED.

Bagian bagasi sudah mendapatkan fitur Smart Power Tailgate yang akan memudahkan pengemudi atau penumpang saat hendak mengakses bagasi tanpa perlu memencet tombol.

New Kia Carnival tersedia dalam empat pilihan warna, Snow White Pearl, Ceramic Silver, Aurora Black Pearl, dan Astra Blue.

Beralih kebagian interior, terdapat Panoramic Curved Display yang merupakan perpaduan antara 12,3 inci Curved Display Premium Cluster dan 12,3 inci Infotainment Display with Wireless Connection Apple CarPlay & Android Auto.

Mobil Baru Mei 2024

Bagian belakang New Kia Carnival (Foto: Santo/Carmudi)

Pada jok pengemudi dan penumpang depan sudah mengadopsi fitur Electric Adjustable Seat with Memory and Lumbar Support yang akan memudahkan pengemudi dan penumpang mengatur posisi duduk.

Tersedia juga fitur relaxation comfort seat pada jok baris kedua di Carnival 7-seater, lengkap dengan fitur ventilated dan heated seat.

Sebagai pendukung keselamatan dan kenyamanan saat berkendara, New Carnival dibekali ADAS. Di dalamnya terdapat fitur Smart Cruise Control with Auto Stop and Go, Lane Following Assist, Lane Keeping Assist, Forward Collision-avoidance Assist with Junction Turning, Blind Spot Collision-avoidance Assist, Blind Spot View Monitor, Rear Cross Collision-avoidance Assist, dan Driver Attention Warning.

Menyoal performa tidak ada perubahan, mobil yang memiliki panjang 5,1 meter ini masih mengandalkan mesin Diesel Smartstream Engine D berkapasitas 2.200 cc CRDi. Tenaga yang dihasilkannya 194 PS dan torsi maksimum 441 Nm.

Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis 8-percepatan.

Mesin New Kia Carnival (Foto: Santo/Carmudi)

Baca Juga: Spesifikasi dan Beberapa Perbedaan pada Varian New Kia Carnival

MPV premium dari Kia ini juga sudah dilengkapi dengan empat mode berkendara, yakni ECO, Comfort, Sport, dan Smart.

Harga New Kia Carnival

  • Carnival Premiere 7-seater Rp1,155 miliar
  • Carnival Premiere 11-seater Rp998 juta
  • Carnival Dynamic 11-seater Rp960 juta on the road Jakarta.

Demikian daftar mobil baru yang meluncur selama periode Mei 2024. Memasuki Juni akan ada beberapa model mobil baru lagi yang mengaspal di Indonesia.

Penulis: Santo Sirait

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di santo.evren@icarasia.com

Related Posts