Berita

Mobil Baru Subaru di Indonesia Pakai Spesifikasi Khusus

Jakarta – Subaru menegaskan keseriusannya kembali hadir di Indonesia. Hal tersebut dilakukan dengan mempersiapkan mobil baru yang memiliki spesifikasi khusus untuk pasar Tanah Air.

Jadi, model yang nantinya dijual bukan sembarangan dicomot dari produk yang beredar di negara lain. Akan dilakukan penyesuaian spesifikasi terutama untuk komponen-komponen yang terikat regulasi.

Subaru XV Indonesia

Half cut Subaru XV, salah satu model yang memiliki kemungkinan jadi mobil baru Subaru di Indonesia. (Foto: Carmudi)

Hal tersebut disampaikan Arie Christopher Setiadharma, Chief Operations Officer PT Plaza Auto Mega atau Subaru Indonesia, Kamis (30/9/2021) di Alam Sutera, Tangerang.

“Development dari nol, secara prinsip mobilnya sama,” katanya.

Dirinya memberi contoh, Subaru XV yang sekarang dijual untuk market Asia Tenggara, Australia, dan Indonesia nantinya akan memiliki spesifikasi teknis sama.

“Cuma, itu mengacu lagi pada regulasi. Misalnya SNI, regulasi noise, gas buang, seatbelt, dan sebagainya,” ujar Arie.

Arie memang belum memastikan model yang diluncurkan. Namun dapat dipastikan segmen Sport Utility Vehicle (SUV) adalah sasaran utama.

Subaru XV sendiri merupakan sebuah SUV dengan kapasitas bangku 5-seater.

Menengok spesifikasi untuk pasar Australia, mobil ini dibekali mesin 2.000 cc 4-silinder boxer dengan tenaga tertinggi 154 hp dan torsi puncak 196 Nm.

Mobil ini bisa jadi pilihan menarik bagi mereka yang suka berpetualang berbekal sistem penggerak All Wheel Drive (AWD) yang digunakannya.

Di pasar Australia, Subaru XV dijual dengan harga 34.013 dolar atau Rp468,3 juta sampai 45.612 dolar atau Rp652,2 juta.

Menariknya lagi, tersedia pilihan mesin hybrid bagi mereka yang ingin berkendara lebih hemat bahan bakar.

Terkait asal usul kendaraannya, mobil baru Subaru di Indonesia nantinya didatangkan langsung alias CBU (Completely Build Up) dari Jepang.

Mobil Baru Subaru

(Foto: Carmudi)

Ditunggu Para Penggemar

Pada kesempatan yang sama Arie menjelaskan alasan Subaru kembali berjualan di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan masih terbukanya peluang yang cukup besar.

Dirinya pun mengaku melihat antusiasme yang tinggi dari calon konsumen.

Sebagian adalah orang yang pernah memiliki Subaru, namun telah menjual unitnya karena agen pemegang merek sebelumnya hengkang. Selain itu ada juga kalangan yang relatif baru mengenal brand ini.

Baca Juga:

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts