Berita

Mobil Baru yang Meluncur Mei 2022 Beserta Harganya

Jakarta – Memasuki bulan ke lima tahun ini atau Mei 2022, pasar otomotif Indonesia kembali kedatangan mobil baru.

Berdasarkan catatan Carmudi, bulan lalu ada tiga mobil baru yang hadir menyapa konsumen Tanah Air. Ketiganya datang dari merek kendaraan asal Inggris dan Jepang. Mereka adalah Rolls-Royce, Subaru dan Toyota.

Masing-masing merek membawa satu model mobil baru. Tetapi tidak semuanya datang dengan tampilan yang benar-benar berubah total. Contohnya Toyota, hanya sebatas melakukan penyegaran dari sisi keamanan dan kenyamanan pada produknya barunya.

Untuk lebih lengkapnya berikut akan dibeberkan deretan mobil baru yang meluncur sepanjang Mei 2022 beserta harganya yang berlaku di wilayah DKI Jakarta atau on the road (OTR) Jakarta.

Subaru Forester 2.0i-L dan 2.0i-S

All New Subaru Forester 2.0i-S EyeSight (Foto: Santo/Carmudi)

All New Subaru Forester

Mobil baru yang pertama meluncur di Mei 2022 adalah All New Subaru Forester. Kehadirannya sangat spesial karena menandakan resminya Subaru kembali ke Indonesia setelah absen 7 tahun di pasar otomotif dalam negeri.

Peluncuran All New Subaru Forester terlaksana pada 18 Mei. Ada dua varian yang disediakan oleh Subaru Indonesia untuk pelanggan, yakni Forester 2.0i-L dan Forester 2.0i-S EyeSight.

Kedua varian tersebut hadir dengan bahasa desain terbaru, Dynamic x Solid yang membuatnya tampil kukuh.

Bagian eksterior All New Subaru Forester tersemat fascia dan bumper baru, lampu depan dengan motif daytime running light baru, projector LED dengan Adaptive Driving Beam (ADB), Steering Responsive Headlight (SRH), underguard, dan roof rail.

Sedangkan interior diselimuti material berkualitas yang didominasi warna hitam. Selain itu dihuni oleh head unit 8 inci yang bisa terkoneksi ke smartphone lewat Apple CarPlay dan Android Auto, layar 6 inci yang menampilkan informasi kendaraan, hand-rest, cup-holder, colokan USB 2.1, dan lainnya.

Mobil Baru Mei 2022

Interior All New Subaru Forester (Foto: Santo/Carmudi)

Di sektor dapur pacu, All New Subaru Forester dibekali mesin Boxer berkode FB20 berkapasitas 2.0L Naturally Aspirated. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga 153 hp pada 6.000 rpm dan torsi 196 Nm pada 4000 rpm.

Sistem transmisinya menggunakan Lineartronic CVT 7-percepatan. Sedangkan sistem penggerak roda di Forester terbaru mengadopsi All Wheel Drive (AWD).

Kedua varian All New Subaru Forester dibedakan atas beberapa bagian. Mulai dari pelek, khusus Forester 2.0i-L terpasang pelek 17 inci dan ban 255/65/17, sementara Forester 2.0i-S EyeSight menggunakan pelek satu inci lebih besar atau tepatnya 18 inci dengan ban ukuran 225/55/18.

Kemudian pada varian Forester 2.0i-S EyeSight diberi tambahan aksen krom di rumah fog lamp, dan frame jendela. Ada juga sentuhan warna silver di cover kaca spion, roof rail, side skirt, diffuser bumper belakang dan underguard bumper depan.

Jok di kedua varian pun beda, Forester 2.0i-S EyeSight dibungkus dengan kulit Nappa, sedangkan varian satunya lagi pakai bahan fabric.

Perbedaan lainnya terletak pada bagian atap mobil, di mana varian tertinggi dari Forester sudah dilengkapi sunroof.

Terakhir, ada fitur keselamatan canggih Subaru EyeSight yang hanya ada di varian 2.0i-S EyeSight.

Subaru Forester 2.0i-L dan 2.0i-S

All New Subaru Forester 2.0i-L (Foto: Santo/Carmudi)

Harga All New Subaru Forester

  • Subaru Forester 2.0i-L Rp579,5 juta
  • Subaru Forester 2.0i-S EyeSight Rp659,5 juta.

Rolls-Royce Black Badge Ghost

Mobil baru kedua yang meluncur di Indonesia pada Mei 2022 yaitu Rolls-Royce Black Badge Ghost.

Rolls-Royce Black Badge Ghost yang resmi dirilis pada 24 Mei hadir dengan nuansa serba hitam di bagian eksterior maupun interiornya.

Lebih menariknya lagi, Rolls-Royce Black Badge Ghost dibekali mesin V12 berkapasitas 6.750 cc. Tenaga yang dikeluarkannya mencapai 591,7 hp atau meningkat sekira 28,6 hp dari versi standar.

Mobil ini sudah bisa dipesan oleh konsumen, tapi soal harga pihak Eurokars Group Indonesia selaku distributor resmi merek Rolls-Royce tidak bersedia menyebutkannya karena banderolnya tergantung personalisasi yang dipesan konsumen.

Rolls-Royce Black Badge Ghost

Rolls-Royce Black Badge Ghost (Foto: Rolls-Royce)

Toyota C-HR Hybrid TSS

Sebagai penutup, Toyota menghadirkan New C-HR Hybrid yang sudah dilengkapi dengan teknologi Toyota Safety Sense (TSS) pada 27 Mei.

Setidaknya ada empat fitur keselamatan tambahan yang menjadi bagian dari TSS tersemat di C-HR Hybrid model terbaru. Keempatnya adalah Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA), dan Automatic High Beam (AHB).

Terdapat pula fitur keselamatan lain seperti Rear Cross Traffic Alert (RCTA) dan Blind Spot Monitor (BSM).

Selain sudah dibekali TSS, New C-HR Hybrid juga mendapat sejumlah penyegaran kecil di bagian eksterior seperti tampilan baru pada lampu depan, dan belakang, penyematan auto windshield wiper, serta pelek 18 inci terbaru.

Dari sisi interior telah dibekali head unit yang bisa terintegrasi ke smartphone, Nano E Ion Generator pada AC, tombol TSS di lingkar kemudi, new sunvisor with mirror and lamp, hingga electronic rear view mirror dengan fitur auto dimming.

Jantung pacunya memakai mesin bensin berkode 2ZR-FXE dengan kapasitas 1.800 cc yang sudah berspesifikasi Euro 5.

Mobil Baru Mei 2022

Toyota C-HR Hybrid TSS (Foto: TAM)

“Kami harap New C-HR Hybrid dapat memberikan pengalaman berkendara yang aman, nyaman, dan menyenangkan,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy dalam keterangan reseminya.

Harga Toyota C-HR Hybrid TSS

  • New C-HR Hybrid (Non Premium Color) Rp582,7 juta
  • New C-HR Hybrid (Premium Color) Rp584,2 juta.

Penulis: Santo Sirait

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts

/