HomeMobilMobil Bekas Rp 40 Jutaan, Ini Dia Pilihannya

Mobil Bekas Rp 40 Jutaan, Ini Dia Pilihannya

Isuzu Panther generasi pertama, mobil bekas yang harganya kini Rp 40 Jutaan (Foto: Wikipedia)

Jakarta – Mobil bekas menjadi alternatif terbaik saat harga mobil baru semakin mahal. Dengan uang pas-pasan, kalian bisa kok membeli mobil bekas layak pakai di rentang harga Rp 40 jutaan.

Harga yang terjangkau membuat mobil bekas (mobkas) pun menjadi alternatif yang menarik.

Bayangkan saja, uang Rp 40 jutaan sekarang ini bila dibelikan kendaraan baru, cuma dapat motor sport 150-250 cc.

Daripada cuma bisa untuk dua orang saja, maka pilihan yang menarik ialah membeli mobil tua bangka alias motuba layak pakai.

Setidaknya, kalian terhindar dari panas terik atau hujan. Selain itu, mobil juga bisa mengangkut setidaknya empat orang saat perjalanan.

Dengan mematok harga kendaraan roda empat di angka Rp 30 jutaan hingga Rp 40 jutaan, kalian bisa mendapatkan banyak pilihan mobil bekas yang menarik.

Untuk mendapatkan mobil bekas dengan harga ini memang bukan perkara yang sulit. Sekarang ini, banyak penjual yang menjajakan mobil di kisaran harga tersebut.

Sebelum memutuskan berburu motuba, hal yang harus disiapkan pembeli saat ingin meminang mobil bekas adalah dana cadangan untuk perbaikan.

Kondisi mobil bekas tentunya membutuhkan sejumlah perbaikan, karena tidak mungkin kondisinya seperti mobil baru.

Seperti apa mobil bekas yang keren di harga Rp 40 jutaan? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Suzuki Katana, Jip Tangguh Ramah Bujet

Suzuki Katana, jip tangguh yang ekonomis (Foto:Carmudi)

Kalian yang suka berpeluang atau jalan-jalan ke wilayah pelosok pedesaan tentu butuh mobil yang tangguh. Daripada menantikan sosok Suzuki Jimny yang entah kapan bisa kebeli, masih ada kok versi ‘seniornya’ yang sudah ada di Indonesia yaitu Suzuki Katana.

Sayangnya, Katana ini yang umumnya dijual mayoritas berpenggerak roda belakang. Katana sebenarnya juga ada versi 4×4 tapi jarang dan cukup langka, sebagian diantaranya tetap memakai nama Jimny.

Berdasarkan listing di Carmudi, rentang harga Suzuki Katana ini mulai dari Rp 30 juta sampai dengan 100 juta untuk produksi terakhir tahun 2006. Nah, untuk bujet maksimal Rp 40 jutaan bisa memilih Katana keluaran 1997.

Memiliki tampilan dan basis yang sama, bukan menjadikan Suzuki Katana dan Suzuki Jimny adalah mobil yang sama. Pasalnya, Suzuki Jimny adalah Mini SUV yang menggunakan sistem penggerak 4×4, sedangkan Suzuki Katana menggunakan sistem penggerak 4×2.

Suzuki Katana Tangguh di Medan Off Road Ringan

Suzuki Katana masih bisa digunakan pada medan off road ringan (Foto: Carmudi)

Suzuki Katana lebih didesain untuk penggunaan kota dan medan jalanan off-road ringan. Berbeda dengan Suzuki Jimny yang lebih diperuntukkan untuk pengguna yang ingin memacu adrenalin melintasi medan off-road.

Kendati demikian, desain tampilan kotak yang diusung oleh Suzuki Jimny dan Katana tetap terasa macho meski di usianya yang tak muda lagi. Bicara soal sektor jantung pacu, Suzuki Katana menggunakan mesin 1.0 Liter SOHC inline-4.

Memang secara kekuatan mesin, Suzuki Katana ini terkesan biasa saja. Akan tetapi, untuk penggunaan kota dan medan off-road ringan masih bisa dilahap dengan mudah oleh Suzuki Katana karena gir rasio yang besar.

Tak hanya itu, mesin yang ada di balik kap mesinnya pun tergolong irit untuk ukuran mini SUV, dengan perbandingan kompresi 1:8 hingga 1:10.

Honda Accord Maestro, Mobil Bekas Rp 40 Jutaan Paling Mewah

Honda Accord Maestro paling mewah dan nyaman pada harga Rp 40 jutaan (Foto: Carmudi)

Bagi yang tidak suka mobil jip dan mencari kenyamanan untuk pemakaian dalam kota, kalian bisa memilih sedan dan di rentang harga ini banyak pilihannya. Salah satu sedan ganteng yang bisa kalian pilih yaitu Honda Accord Maestro. Sedan bongsor midsize ini terkenal nyaman sejak dulu.

Berdasarkan listing di Carmudi, Honda Accord Maestro dijual dengan harga mulai dari Rp 24 juta sampai dengan Rp 45 juta. Honda Accord Maestro merupakan generasi keempat dari Honda Accord di Indonesia.

Rival Toyota Corona ini cukup laris antara tahun 1991 hingga 1993. Dengan wheelbase 2.720 mm dan panjang 4.685 mm, kabinnya lega. Accord Maestro ini desainnya terbilang timeless dan elegan khas sedan mewah saat itu.

Bagian belakangnya memang masih terkesan kotak, namun keseluruhannya terlihat lebih ramping jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Satu lagi yang membuat Accord Maestro beda dengan generasi sebelumnya adalah pada headlamp-nya sudah menggunakan lampu Kristal. Penampilannya ini tampak lebih eksklusif dan berkelas.

Accord Maestro mengandalkan mesin 2.0 liter karburator SOHC 16 katup 4 silinder segaris dengan tenaga 110 hp untuk model 1991-1992. Kemudian untuk keluaran 1993 sudah memakai mesin injeksi PGM-Fi 2.000 cc, yang menghasilkan tenaga 145 hp dan torsi maksimal 187 Nm.

Suzuki Baleno Gen 1, Sedan Terlaris pada Masanya

Suzuki Baleno, sedan terlaris pada eranya (Foto: Carmudi)

Generasi pertama Suzuki Baleno mengusung mesin tipe mesin G15A 1.500 cc, di mana mesin ini terkenal cukup tangguh dan irit bahan bakar.

Identitas itu pun melekat erat dalam benak masyarakat, sehingga populasi Suzuki Baleno meningkat tajam.

Pada 2001, Suzuki Baleno berhasil menjadi pimpinan di kelasnya, dengan penguasaan pasar sebesar 32,5%.

Sejak kali pertamanya diperkenalkan ke publik Tanah Air pada pertengahan 1996, Baleno berhasil memikat perhatian masyarakat luas dan mendulang kesuksesan.

Performa yang andal, irit bahan bakar, dan desain yang menarik menjadi daya jual dari Baleno.

Dengan harga bekas yang cukup terjangkau, kalian yang baru saja beralih dari pengendara roda dua ke kendaraan roda empat, bisa memiliki mobil asal Negeri Sakura ini.

Nah, harga pasaran Suzuki Baleno generasi pertama ini di listing Carmudi berkisar antara Rp 30 jutaan sampai dengan Rp 48 jutaan.

Pada era 1990 an, Suzuki Baleno sempat menjadi primadona di kalangan para pecinta mobil sedan. Hal ini tak lain karena performa mesinnya yang cukup handal, irit, dan sistem suspensinya yang nyaman.

Sementara di area kabin, suasana lapang dan nyaman tersaji pada mobil ini, sehingga baik pengemudi dan penumpang tak merasa sesak saat berada di dalamnya.

Jika dibandingkan dengan sesama sedan di eranya, ruang interior Suzuki Baleno tergolong paling elegan. Kesan sederhana ditonjolkan tapi juga dikemas apik dengan sedikit sentuhan kalem.

Isuzu Panther, Si Kucing Besar Lintas Zaman yang Tangguh

Isuzu Panther, mobil keluarga yang murah meriah (Foto: Carmudi)

Isuzu Panther ini menjadi jaminan akan kualitas rancang bangun Isuzu era 1990-an yang punya durabilitas alias daya tahan yang bagus.

Karena ketangguhannya inilah, banyak orang yang menjuluki si kucing besar ini sebagai kendaraan dinas era Majapahit yang tersisa.

Daya tarik Panther memang tak terlepas dari performa mesin diesel bandelnya. Minibus ini didukung mesin berkubikasi 2.238 cc, dengan tenaga 71 hp dan torsi maksimal 140 Nm.

Memulai debut di tahun 1991, Isuzu Panther berhasil dalam dalam membangun impresi positif sebagai MPV tangguh, hemat BBM, serta muat banyak penumpang.

Konsistensi tinggi Isuzu Panther dalam menggunakan mesin diesel patut diacungi jempol.

Selain karena mesin diesel memiliki torsi yang besar, harga solar di Indonesia pun lebih murah ketimbang harga bensin yang digunakan oleh mesin bensin mobil pada kebanyakan.

Performa mesin yang mantap, kabin yang lapang dan nyaman, serta kapasitas bagasi yang cukup lega menjadi keunggulan Panther.

Isuzu Panther memiliki konfigurasi kursi yang mampu menampung 7-9 penumpang.

Kenyamanan tak hanya bisa dinikmati oleh pengemudi saja, karena penumpang juga ikut merasakan kabin yang lapang, di mana ruang kaki dan kepala yang cukup luas.

Bahkan Si Kucing Besar ini juga terkenal dengan suspensinya yang empuk.

Kalian yang memiliki keluarga besar pasti sangat cocok dengan spesifikasi Isuzu Panther ini. Harga jual di listing Carmudi mulai dari Rp 26 juta dan kemudian harga termahalnya bahkan hingga 200 jutaan untuk keluaran 2013 ke atas.

Dengan bujet maksimal Rp 40 jutaan, maka pilihan yang tersedia yaitu hingga keluaran 1996 dengan ciri desain Panther masih kotak dengan lampu juga kotak.

Mitsubishi Eterna, Sedan Kencang Embahnya Mitsubishi Galant Hiu

Mitsubishi Eterna, sedan dengan kemampuan mesin di atas rata-rata (Foto: Carmudi)

Mitsubishi Eterna sejatinya adalah generasi keenam dari Mitsubishi Galant.

Hanya saja, kurang populernya nama Mitsubishi Galant di era 80-90an membuat Mitsubishi memilih nama Eterna untuk pasar di Indonesia.

Eterna ini menjadi opsi sedan dengan performa mesin yang gahar bagi kalian yang doyan ngebut.

Semenjak debut pada 1989 hingga 1994, Mitsubishi Eterna berhasil menjadi salah satu mobil yang diburu oleh penikmat kecepatan pada masanya dan sempat identik dengan ajang reli, sebelum posisinya digantikan Lancer.

Harga dari Mitsubishi Eterna di listing Carmudi pun cukup terjangkau, yaitu Rp 32 juta.

Durabilitas tinggi yang selaras dengan tenaga mesin impresif, membuat Mitsubishi Eterna selalu didamba oleh mereka yang menginginkan sedan dengan kemampuan akselerasi cepat dengan top speed tinggi.

Desain oke yang tak lekang oleh waktu, sasis dan bodinya juga kokoh khas mobil reli. Interiornya juga lapang dan nyaman.

Mitsubishi Eterna di Indonesia mengadopsi mesin 2.000 cc, dengan pilihan SOHC dan DOHC.

Beda kedua versi ini terdapat di sektor tenaga, yakni mesin SOHC dengan karburator sanggup menyemburkan tenaga 102 HP, sedangkan untuk DOHC yang disokong sistem injeksi sanggup menghasilkan tenaga hingga 135 HP dengan kecepatan tertinggi konon menyentuh 200 km/jam.

 

Penulis: Yongki Sanjaya

Editor: Dimas

Baca Juga:

Daftar Mobil Bekas Harga Rp 50 Jutaan, Dijamin Enggak Bikin Kecewa

Previous post
Rombongan Pesepeda Masuk Tol Langgar Peraturan Pemerintah
Next post
Mobil Mungil Kei Car Tidak Cocok dengan Selera Orang Indonesia?