Home » Berita » Mobil dan Sepeda Motor Terbaru yang Meluncur Selama Januari 2019

Mobil dan Sepeda Motor Terbaru yang Meluncur Selama Januari 2019

Jakarta – Baru awal tahun pasar otomotif di Indonesia sudah tancap gas. Setidaknya ada total sebelas kendaraan bermotor baik itu mobil maupun sepeda motor yang meluncur resmi di Indonesia selama Januari 2019. Dari semuanya ada satu mobil baru yang paling di nanti-nanti kedatangannya oleh masyarakat di Indonesia yaitu Toyota Avanza dan Veloz. Untuk mengingat kembali mobil dan sepeda motor merek apa saja yang meluncur bulan lalu, Carmudi coba merangkumnya secara sederhana. Berikut ini daftarnya.

1. All New Toyota Camry

Toyota Astra Motor (TAM) menjadi produsen mobil pertama di Tanah Air yang meluncurkan mobil baru di 2019. TAM secara resmi merilis All New Toyota Camry pada 8 Januari. Ini merupakan generasi ke-8 yang lahir dengan platform terbaru yaitu Toyota New Global Architecture (TNGA).

All New Toyota Camry (Foto: Carmudi)

All New Toyota Camry hadir dalam tiga varian berbeda di antaranya 2.5 G A/T yang dijual dengan harga Rp613,3 juta, 2.5 V A/T seharga Rp646,6 juta, dan 2.5 Hybrid A/T Rp806,6 juta.

Ada tiga kelebihan yang ditawarkan oleh All New Toyota Camry generasi terbaru ini. Yang pertama adalah mobil ini memiliki lower center gravity yang lebih rendah dan lebih baik. Kedua adalah suspensi lebih nyaman berkat penggunaan double wishbone dan terakhir adalah mesin generasi ke empat dari model hybrid.

2. Kawasaki W175 Cafe Racer

Tepat pada tanggal 14 Januari, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) merilis W175 Cafe Racer. Perubahan yang dilakukan KMI tidak terlalu banyak dibanding versi standar. Pihaknya hanya sebatas menambahkan beberapa aksesoris bertema jadul.

Kawasaki W175 Cafe Racer cuma ditambahi beberapa aksesoris pemanis (Foto: Carmudi)

Selisih harga antara Kawasaki W175 Cafe Racer dengan W175 standar dengan adanya aksesoris ini hanya Rp 1,5 juta. Sebagaimana diketahui, W175 SE sebagai tipe termahal dijual seharga Rp 31,1 juta dan versi cafe racer dijual Rp 32,6 juta on the road Jabodetabekser.

3. Toyota Avanza dan Velos Baru

Hanya beda satu minggu saja dari Camry, TAM kembali meluncurkan model baru yaitu Toyota Avanza dan Veloz. Kendaraan yang sempat mendapat predikat sebagai mobil sejuta umat ini datang dengan sejumlah penyegaran baik di sektor eksterior maupun interior.

Peluncuran Toyota Avanza dan Veloz terbaru (Foto: Santo/Carmudi)

Satu hal yang mengejutkan dari kehadiran mobil Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) itu adalah soal harganya. TAM memutuskan tidak manaikkan harga jual Avanza dan Veloz baru meski sudah mendapat penyegaran. Tersedia dalam tujuh varian, Avanza terbaru dibanderol mulai dari Rp188,6 juta sampai Rp221,25 juta. Sedangkan Veloz dijual Rp215,65 juta hingga Rp239,45 juta.

4. Daihatsu Xenia

Setelah Toyota Avanza menyusul Daihatsu Xenia terbaru di tanggal yang sama. Kemunculan Daihatsu New Xenia ini menggantikan versi lamanya yang sudah hadir sejak 2015 lalu. Ini sekaligus menandakan kiprah Xenia di Tanah Air yang ke-15 tahun, sejak pertama kali diluncurkan di 2004 silam sama seperti Avanza.

peluncuran daihatsu grand new xenia
Toyota Xenia terbaru (Foto: Carmudi)

Daihatsu Xenia terbaru tersedia dalam dua pilihan mesin 1,3 liter dan terbaru 1,5 liter. Harga yang ditawarkan mulai Rp 183 juta hingga Rp 228 jutaan on the road DKI Jakarta. Tidak ada kenaikan harga untuk terbaru ini.

5. Yamaha MT-15

18 Januari, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Agen Pemegang Merek (APM) sepeda motor Yamaha di Indonesia meluncurkan MT-15. Peluncurannya dilakukan tanpa seremonial.

Yamaha MT-15 (Foto: Yamaha)

Yamaha MT-15 hadir dalam tiga pilihan warna yakni Matte Grey, Matte Blue, dan Metallic Black. Satu unit Yamaha MT-15 dipasarkan seharga Rp34,95 juta.

6. Honda BeAT eSP dan BeAT Street eSP

Tak mau kalah dengan pabrikan otomotif lainnya, pada 24 Januari PT Astra Honda Motor (AHM) APM sepeda motor Honda mendatangkan BeAT eSP dan BeAT Street eSP model 2019. Penyegaran yang diberikan AHM hanya sebatas warna dan grafis, tapi pihaknya mengklaim kini BeAT semakin terlihat lebih agresif dan sporty.

Honda BeAT eSP (Foto: AHM)

Honda BeAT eSP tipe CW dipasarkan dengan harga Rp15,55 juta, dan tipe CBS Rp15,75 juta. Sedangkan untuk tipe CBS-ISS Rp16,25 juta. Sementara itu, Honda BeAT Street eSP tipe CBS dijual dengan harga Rp16,225 juta.

7. Wuling Almaz

Tanggal 23 Januari merupakan hari bersejarah bagi industri otomotif di Indonesia, pasalnya pendatang baru yaitu Wuilng Motors memperkenalkan model keempatnya yaitu Wuling Almaz. Mobil SUV ini di produksi di Cikarang berdampingan dengan tiga produk Wuling Motors lainnya seperti Confero, Cortez dan Formo.

Test Drive Wuling Almaz SUV di bawah Rp350 juta

Wuling Almaz didukung oleh mesin bensin berkonfigurai 4 silinder berkapasitas 1.500 cc dengan turbocharged. Mesin ini mampu mengeluarkan daya maksimal 140 hp dan torsi pncak 250 Nm. Tenaga disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis jenis CVT dengan tenologi Boch Holand delapan percepatan.

Meski sudah diperkenalkan, Wuling motors belum bisa menyebutkan harga jualnya. Pabrikan mobil asal China itu berencana mengumumkannya pada kesempatan berbeda di sebuah acara khusus.

8. New Isuzu Giga

PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) APM kendaraan Isuzu di Indonesia mengawali tahun baru dengan meluncurkan New Giga pada 24 Januari. Peluncuran kendaraan jenis tractor head ini untuk menjawab sekaligus solusi bagi para pebinis yang membutuhkan kendaraan niaga dengan kapaitas angkut lebih besar ketimbang truk rigid. Ini sekaligus mendukung peraturan pemerintah melalui Dirjen Perhubungan yang tidak memperbolehkan truk memuat barang bawaan berlebih atau overload.

New Isuzu Giga (Foto: Santo/Carmudi)

New Isuzu Giga mampu menanggung beban 32,7 sampai 46,1 ton, kapasitas muatan ini lebih dari truk rigid yang jauh di bawahnya. Untuk membawa barang seberat 46 ton, tractor head satu ini cukup satu kali rid. Dengan begitu biaya operasional perusahaan bisa ditekan.

9. Mitsubishi Fuso Fighter

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku distributor resmi kendaraan Mitsubishi Fuso di Indonesia, secara nasional langsung meluncurkan 9 varian baru Mitsubishi Fuso Fighter. Peluncuran yang dilakukan pada 34 Januari itu merupakan susulan setelah di bulan Oktober 2018 lalu KTB memperkenalkan Fuso Fighter secara Regional di Sumatera.

Varian Fuso Fighter

Sembilan varian yang diluncurkan, yaitu: FM65FS HiGear (4×2), FM65FS (4×2), FM65FL HiGear (4×2), FM65FL (4×2), FN61FM HD (6×2), FN61FS (6×2), FN62F (6×4), FN62F HD (6×4), FN62FTH (6×4). KTB bakal membawa secara total 16 varian Fuso Fighter, untuk sisanya sebanyak tujuh varian bakal hadir di sesi kedua.

Harga jualnya mulai dari Rp553 juta sampai RpRp 894 juta.

10. Mercedes-Benz E 350 EQ Boost

Kesokan harainya setelah Mitsubishi Fuso Fighter, produsen mobil mewah Mercedes Benz meluncurkan Mercedes-Benz E 350 EQ Boost. Mercedes-Benz E 350 EQ Boost ini dibekali dengan mesin 2.000 cc, 4 silinder, turbocharge. Soal tenaganya, mobil ini mampu memuntahkan tenaga hingga 299 hp dengan torsi maksimal mencapai 400 Nm.

Mercedes-Benz membanderol mobil ini dengan harga Rp 1,499 miliar off the road.

Mercedes-Benz E350 AMG Line EQ Boost (Fransiscus Rosano/Carmudi)
Mercedes-Benz E350 AMG Line EQ Boost (Fransiscus Rosano/Carmudi)

11. Honda PCX Electric

Menutup Januari 2019, AHM menghadirkan Honda PCX Electric. Sepeda motor tanpa emisi ini hanya sekedar diluncurkan saja bukan untuk dijual secara massal. AHM memutuskan hanya menjualnya kepada kalangan terbatas untuk disewakan. AHM pun membuka tarif sewa motor listrik yang wow, mencapai Rp 2 juta per bulan. Adapun durasi dalam skema penyewaan PCX ini minimal selama 12 bulan.

Honda PCX Electric (Foto: Carmudi)

Honda PCX Electric menghasilkan output maksimum 4.2kW dengan torsi maksimal 18 Nm pada 500 rpm. Kemampuan baterai pada Honda PCX Electric dapat digunakan berkendara hingga jarak 69 kilometer dengan kecepatan rata-rata 40 km/jam secara konstan. Energi listrik tersimpan pada dua unit baterai portabel yang disebut Honda Mobile Power Pack.

Previous post
Ken Block Punya Intake Manifold yang Dibuat dari 3D Print, Keren Banget!
Next post
Kia Diisukan Tutup hingga Modifikasi Xpander Tanpa Hapus Garansi