Site icon Carmudi Indonesia

Mobil Esemka Jenis SUV Bernama Garuda 1 Jiplakan Model Cina

Esemka

Foto Mobil Esemka Garuda 1 yang beredar di media sosial. Foto/Facebook.

Jakarta – Masih ingat proyek mobil Esemka yang pernah ramai di perbincangkan? Ya, awalnya adalah kendaraan buatan anak-anak Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Yang akhirnya digunakan sebagai kendaraan dinas Joko Widodo saat menjadi Wali Kota Surakarta.

Sebagai informasi, Esemka sendiri muncul berkat seorang pria asal Trucuk, Klaten, bernama Sukiyat pada 2008. Dari bengkelnya, dia mengajak siswa-siswa SMK untuk merakit Kiat Esemka. Perjalanan panjang dan penuh perdebatan dilalui proyek Esemkan yang rencananya sebagai mobil nasional (Mobnas).

Bahkan di akhir Desembar 2017, Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropriyono sempat mengungkapkan segera diproduksinya mobnas Esemka. Dirinya mendapat mandat langsung untuk mengembangkan mobnas tersebut yang diberi nama Esemka.

Janjinya mobil ini akan muncul untuk diluncurkan di pertengahan 2018 ke masyarakat dengan banderol yang tak menguras kantong masyarakat Indonesia. Belum sampai pertengahan 2018 Foto mobil bermodel SUV beutan Esemka muncul dan diunggah di media sosial dari akun Din M Sarjia. Foto ini dibagikan grup Face Book Motuba pada Selasa (30/1/2018).

Bila diperhatikan secara detail bagian belakan mobil SUV putih tersebut mirip mobil buatan China, Foday Land Fort. Ini bisa dilihat dari lampu belakang, spoiler, bemper, kaca belakang, dan list di bawah pintu.

Apakah Ini Mobil Esemka

Sempat diberitakan sebelumnya proyek Esemkan akan dikerjakan PT Adiperkasa Citra Esemka Hero. Perusahaan ini merupakan perusahaan gabungan dari PT Adiperkasa Citra Lestari (ACL) dan PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) yang akan memasarkan tiga model Esemka sekaligus.

Tiga produk itu, yakni pikap, pikap kabin ganda, dan minibus untuk keperluan sektor bisnis transportasi. Produksi tiga mobil itu dilakukan di dua fasilitas yang masing-masing berlokasi di Cileungsi dan Boyolali.

Namun, yang foto yang beredar adalah jenis SUV yang diberi nama Garuda 1 di bagian belakang sebelah kanan dan pada sebelah kiri bertuliskan Esemka. Bagaimana nasib ketiga model yang sebelumnya digembar-gemborkan? Ikuti terus beritanya di Carmudi. (dol)