BeritaMobilSumber informasi

Bukan Mobilio, Ini Mobil Honda Paling Laris Sepanjang September 2018

HR-V Menjadi Mobil Honda Paling Laris di Indonesia (Foto: HPM)

Jakarta – Segmen MPV bagi Honda tampaknya tidak lagi jadi tulang punggung penjualan di Indonesia. Konsumen kendaraan berlogo huruf H ini seleranya beralih ke crossover. Hal ini membuat HR-V menjadi mobil Honda paling laris sepanjang September 2018.

Melalui keterangan resminya, PT Honda Prospect Motor mengumpulkan penjualan sebanyak 10.959 unit mobil di seluruh Indonesia pada September lalu. New Honda HR-V 1.5L terjual sebanyak 3.038 unit atau naik 4% dari bulan sebelumnya, serta berkontribusi sebanyak 28% terhadap total penjualan Honda.

Mobilio Tidak Lagi Jadi Mobil Honda Paling Laris (Foto: HPM)

Varian termahalnya yaitu HR-V 1.8 liter juga tak kalah diminati, terjual sebanyak 253 unit. Sebaliknya, Mobilio yang sejak awal diharapkan sebagai mobil Honda paling laris hanya bisa menyusul di posisi kedua dengan penjualan sebanyak 2.646 unit dengan kontribusi mencapai 24% terhadap total keseluruhan di bulan September.

Model baru Honda lainnya yaitu All New Honda Brio RS dan Honda Brio Satya, baru akan didistribusikan pada bulan Oktober ini. Padahal, peluncuran city car tersebut dilakukan saat ajang GIIAS 2018 di bulan Agustus.

“Salah satu model terbaru kami yaitu New Honda HR-V, terus memberikan kontribusi positif untuk penjualan Honda di bulan September. Kami percaya tren ini dapat kami pertahankan hingga akhir tahun dengan dimulainya pengiriman All New Honda Brio di bulan Oktober,” kata Jonfis Fandy sebagai Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor.

Segmen hatchback jadi mobil Honda yang tak kalah diminati. Ini terlihat dari Jazz yang terjual sebanyak 1.999 unit atau naik 4% dari bulan sebelumnya. Sementara itu, Civic Hatchback sebagai line-up flagship terjual sebanyak 227 unit pada bulan September.

Mobil Sedan Honda Minim Penjualan

Honda menjadi salah satu dari segelintir merek Jepang yang memasarkan model sedan di Indonesia. Nasib sedan yang dihadapkan dengan pajak yang tinggi membuat penjualannya relatif minim. Akan sangat sulit menjadikan jenis sedan sebagai mobil Honda paling laris seperti era 90-an dahulu.

Pada model teratas, HPM menyediakan juga Civic sedan. Namun, jumlah penjualan Civic hatchback ini sedikit lebih besar ketimbang versi sedan yang terjual sebanyak 201 unit. Adapun Honda Civic Type R sebagai model sport HPM hanya terjual 1 unit.

Model-model sedan Honda lainnnya hanya bisa terjual pada kisaran puluhan unit saja. Honda City sebanyak 27 unit dan Honda Accord sebanyak 20 unit. Sementara itu, MPV high andalan HPM yaitu Honda Odyssey terjual sebanyak 20 unit. (dna)

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts