BeritaMobil

INFOGRAFIS: Deretan Mobil Irit Toyota, Bukan Sahabat Baik SPBU di Perjalanan Jauh

Jakarta – Mobil-mobil keluaran terbaru saat ini mengedepankan performa mumpuni dengan konsumsi bahan bakar yang efisien. Dengan demikian, pengguna tidak perlu khawatir harus bolak-balik isi bensin.

Suatu mobil dikatakan irit bahan bakar apabila dalam satu liter bensin bisa digunakan menempuh jarak setidaknya 12 kilometer. Salah satu merek yang memiliki lini model kendaraan yang irit BBM yaitu Toyota. Raksasa otomotif asal Jepang ini menyediakan beragam model yang ditujukan kepada konsumen entry-level hingga kelas menengah.

Berikut ini jajaran mobil irit Toyota yang bisa Anda pilih. Dengan demikian, Carmudian tidak perlu cemas tekor bensin saat perjalanan jauh dan belum menemukan SPBU.

Toyota Agya

Mobil irit Toyota yang pertama adalah Agya. City car ini menempati posisi model paling murah dalam keluarga besar Toyota. Harga jualnya berkisar antara Rp131,5 – 151,9 jutaan. Segmen mobil murah dengan status Low Cost Green Car (LCGC) saat ini menjadi primadona baru di kalangan konsumen baru Indonesia.

Toyota membekali Agya dua jenis mesin, yakni 1.0 dan 1.2 liter yang masing-masing tersedia dalam opsi transmisi manual dan otomatis.

Sekalipun hadir sebagai mobil murah, Toyota Agya dibekali fitur yang tidak murahan. Piranti hiburan mengandalkan 2DIN dengan empat speaker, kemudian aspek kenyamanan berasal dari desain jok yang semakin tebal.

Pemerintah mendorong agar mobil LCGC itu irit BBM, dengan konsumsi mencapai 20 km/liter. Memang, pada kenyataannya perbandingan dengan jarak tempuh tidak seperti yang direkomendasikan pemerintah. Tetap saja, angka konsumsi bbm 20 km/liter ini dianggap sebagai mobil irit.

MesinMesin 1.0 liter berkonfigurasi 3 Silinder segaris, 12 Katup, DOHC, VVT-i/3 Cylinder in-line 12 Valves, DOHC, VVT-i 998 cc dengan output 67 PS/6.000 rpm dan torsi 9.1 kgm/4.400 rpm.

Mesin 1.2 liter memakai 4 Silinder segaris, 16 Katup, DOHC, Dual VVT-i/4 Cylinder in-line, 16 Valves, DOHC, Dual VVT-i dengan kubikasi 1.197 cc yang menghasilkan tenaga 88 PS/6.000 RPM dan torsi 11 kgm/4.200 rpm.

Konsumsi BBM20 km/liter untuk pemakaian kombinasi dalam gaya efisien

12,5 km/liter untuk pemakaian dalam kota

14 km/liter untuk pemakaian luar kota

Untuk detail lebih lanjut tentang harga dan spesifikasi Klik Di Sini

Toyota Calya

Toyota memperkenalkan Calya pertama kalinya pada pertengahan 2016, jelang penyelenggaraan ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) di bulan Agustus. Mobil dengan jenis MPV ini melengkapi jajaran produk Toyota yang bermain di segmen LCGC.

Toyota menjual Calya dengan rentang harga antara Rp134,6 sampai 152,15 jutaan. Dari sisi penampilan, Calya memperlihatkan desain modern sehingga tidak terkesan mobil murah.

Desainnya secara sekilas cukup mirip dengan Toyota Avanza itu, namun dengan ukuran yang lebih kompak dan bentuk yang lebih ramping. Urusan tenaga, Toyota hanya menyiapkan satu mesin untuk Calya yakni mesin 3NR 1.2 liter dengan tenaga maksimal 88 PS.

MesinMesin 1.200 cc 3NR, dengan volume silinder 1.197 cc yang menghasilkan tenaga maksimal 88 PS. Transmisinya terdiri dari manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.
Konsumsi BBM20 km/liter untuk pemakaian kombinasi dalam gaya efisien

14 km/liter untuk pemakaian dalam kota

17 km/liter untuk pemakaian luar kota

Berikut jajaran Mobil Toyota Calya yang Dijual
Untuk detail lebih lanjut tentang harga dan spesifikasi Klik Di Sini

 

Toyota Etios Valco

Di luar segmen LCGC, PT Toyota Astra Motor menyediakan Etios Valco untuk kelas city car. Awalnya Toyota Etios hadir di Negara India sebagai mobil murah di sana.

Toyota terpaksa melakukan beberapa perubahan hingga sesuai dengan karakteristik penduduk Indonesia supaya Etios diterima konsumen dan tidak dicap sebagai mobil murah. Etios menyasar kalangan pekerja yang baru saja beralih dari pengendara sepeda motor ke mobil dan juga kalangan anak-anak muda.

Bicara soal konsumsi bahan bakar, Etios Valco termasuk sebagai mobil irit Toyota. Sebab, mobil ini dibekali mesin 3NR yang juga digunakan pada Calya sehingga teruji efisiensinya.

MesinMesin tipe 3 NR – FE, 4 silinder, 16 katup, DOHC, dan berkapasitas 1.197 cc. Daya maksimum sebesar 80 PS pada 5.600 rpm, dengan torsi puncaknya 10.6 kg-m pada 3.100 rpm.

Transmisinya terdiri dari manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Konsumsi BBMKonsumsi BBM Toyota Etios berkisar di angka 14,2 km/liter untuk pemakaian mobil di dalam kota sementara untuk pemakaian mobil di luar kota berkisar di angka 16,8 km/liter

Berikut jajaran produk mobil Toyota Etios Valco yang dijual

Untuk informasi tetang harga dan spesifikasi Klik Di Sini

Toyota Sienta

Banyak yang tidak menyangka bila MPV boxy ini termasuk sebagai mobil irit Toyota. Alasannya, kapasitas mesin Toyota Sienta cukup besar yaitu 1.5 liter. Konsumsi bahan bakar menurut pengujian di negara asalnya bahkan mencapai 20,6 km/liter dengan kondisi jalur bervariasi.

Sienta secara default menawarkan kapasitas hingga tujuh kursi penumpang, sesuai dengan karakter sebagian besar pengguna MPV. Salah satu rahasia konsumsi bahan bakar Sienta cukup irit karena transmisi otomatis 7-percepatannya melakukan perpindahan yang cukup rapat.

MesinMesin empat silinder segaris 2NR-FE VVT-i 1.496 cc 109 HP dengan torsi 143 Nm

Transmisinya terdiri dari 7-percepatan otomatis, 6-percepatan manual

Konsumsi BBMKonsumsi bahan bakar luar kota mencapai 20,2 km/liter

Konsumsi bahan bakar di jalur kombinasi (dalam kota-jalan tol/luar kota) mencapai 15 km/liter

Berikut jajaran Mobil Toyota Sienta yang Dijual
Untuk detail lebih lanjut tentang harga dan spesifikasi Klik Di Sini

Toyota Avanza

Avanza sebenarnya tergolong dalam mobil irit Toyota karena kapasitas mesinnya 1.5 liter. Namun, perilaku pengemudi yang berkendara asal-asalan bisa membuat MPV sejuta umat ini jadi boros BBM.

Toyota Grand New Avanza yang hadir pada 2015 lalu dijejali mesin baru 1.300cc dan 1.500cc dengan teknologi Dual VVT-i. PT TAM menyebut mesin 1NR dan 2NR ini lebih irit dan bertenaga.

Menurut perhitungan Toyota, konsumsi bahan bakar Grand New Avanza lebih irit dibandingkan dengan versi sebelumnya, atau berkisar 15% lebih baik ketimbang versi pendahulunya. Sementara tenaga dan juga torsinya mengalami peningkatan sekitar 10%.

MesinMesin 1NR-VE 1.329 cc 96,5 hp @6.000 rpm dengan torsi 96,5 hp @6.000 rpm

Mesin 2NR-VE 1,496 cc 104 hp @6.000 rpm dengan torsi 13,9 Kgm @4.200 rpm

Transmisinya terdiri dari manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Konsumsi BBM12 km/liter untuk pemakaian kombinasi dari mesin 1.5 liter

13 km/liter untuk pemakaian kombinasi dari mesin 1.3 liter

 

Berikut jajaran Mobil Toyota Avanza yang Dijual
Untuk detail lebih lanjut tentang harga dan spesifikasi Klik Di Sini

(dna)

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts