HomeBeritaMobil Jenis Ini yang Akan Dibawa Morris Garage ke Indonesia

Mobil Jenis Ini yang Akan Dibawa Morris Garage ke Indonesia

Morris Garage (Foto: Indianautosblog)

Jakarta – Ada yang hengkang ada pula yang ingin mencoba peruntungan di pasar otomotif Indonesia. Sebut saja satu di antaranya Morris Garage (MG). Merek mobil asal Inggris yang sudah dibeli oleh perusahaan otomotif China, Shanghai Automotive Industry Corporation (SAIC) kabarnya akan masuk Indonesia dalam waktu dekat. Sebenarnya rumor tersebut sudah terdengar sejak lama, kemudian diperkuat oleh pernyataan resmi dari Putu Juli Ardika selaku Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Belum lama ini, pria yang akrab disapa Putu itu membenarkan jika MG akan masuk ke Indonesia. Bahkan menurut pengakuannya, pihak MG sudah diberi izin untuk membawa mobil yang akan diluncurkan masuk dan diuji coba di Indonesia.

“MG sudah mulai memperkenalkan model yang akan di coba dan di perkenalkan di Indonesia. Jadi mereka sudah meminta impor beberapa mobil untuk diperkenalkan di sini,” ungkap Putu belum lama ini.

Jumlah unit yang diimpor tambah Putu terbatas. Pihaknya hanya mengizinkan membawa kurang dari 50 unit, itu sengaja dilakukan sambil menunggu keputusan MG yang memiliki keinginan untuk berinvestasi di dalam negeri. Saat ini MG tengah menyusun rencana investasi.

“Investasinya akan menyusul. Mereka sudah sertifikasi dan uji tipe setelah itu akan impor mobil dulu. Mereka juga akan melihat pasarnya dulu, kemudian akan masuk ke perakitan mobil, terang Putu.

Sementara itu terkait model apa yang pertama kali bakal diluncurkan oleh MG untuk konsumen di Indonesia, Putu menolak menyebutkannya. Ia beralasan bukan kewenangannya untuk mengatakan itu, termasuk juga soal dari mana mobil akan diimpor. Hanya saja, Putu memberikan sedikit bocoran, bahwa mobil yang dipersiapkan masuk pasar Indonesia jenisnya Sport Utility Vehicle (SUV).

Morris Garage (Foto: Indianautosblog)

“Ya, semua yang diimpor SUV dulu. Saya ada informasi soal pabrik tapi enggak enak menyampaikan harus perusahaannya ya. Kami enggak punya kewenanangan,” tutur Putu.

Putu berharap MG segera menggumumkan kehadirannya, “semakin cepat kan semakin baik,” katanya.

Alasan MG Pilih Indonesia

Selain untuk mencoba peruntungan dan bersaing dengan pabrikan mobil lain di dalam negeri, rupanya MG punya rencana lain. Salah satunya membidik ekspor ke negara tetangga Indonesia. Ekspor menjadi satu di antara banyak alasan mengapa MG mau masuk ke Indonesia.

“Pertama sekali MG bisa memperkenalkan dan bahkan memproduksi dan memperkaya pilihan kepada masyarakat. Lalu yang kedua, MG bisa melakukan ekspor dan mengisi pasar lain misalnya Australia. Ekspor ke sana sangat tertarik sekali MG. Indonesia sangat bagus untuk fondasi industri dan kita punya market yang belum kita isi di Australia,” pungkas Putu.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Toyota Land Cruiser Sahara Horizon, SUV Kaum Aristokrat Super Mewah

Previous post
Daftar Mobil Terbaik di Dunia, Mobil Amerika Tidak Masuk
All New Honda Brio Satya - Eksterior (Carmudi/Fransiscus Rosano)
Next post
Brio Satya Masih Memimpin, Bagaimana Penjualan Mobil Honda lain?