HomeBeritaMobil LCGC Produksi Daihatsu Tembus 1,1 Juta Unit

Mobil LCGC Produksi Daihatsu Tembus 1,1 Juta Unit

Mobil LCGC Daihatsu
Jajaran mobil LCGC buatan Daihatsu (Foto: ADM)

Jakarta – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memproduksi Kendaraan Bermotor Hemat Bahan Bakar dan Harga Terjangkau (KBH2) atau dikenal dengan sebutan Low Cost Green Car (LCGC) untuk merek Daihatsu dan Toyota.

LCGC hasil produksi pabrik ADM yang berlokasi di Sunter, Jakarta Utara tidak hanya diperuntukkan bagi pasar domestik saja tapi juga ekspor dalam bentuk CBU (Completely Built Up).

Terdapat dua segmen kendaraan LCGC yang diproduksi ADM. Segmen pertama adalah hatchback, meliputi Astra Daihatsu Ayla, Astra Toyota Agya, dan Toyota Wigo.

Sejak diluncurkan perdana di Indonesia pada 2013 hingga 2020, total mobil yang sudah diproduksi sebanyak 650 ribu unit.

Sedangkan segmen kedua adalah jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) yaitu Astra Daihatsu Sigra dan Astra Toyota Calya yang telah diproduksi lebih dari 465 ribu unit sejak peluncuran perdana pada 2016.

Jika ditambahkan, total mobil LCGC buatan Daihatsu tembus lebih dari 1,1 juta unit. Angka tersebut berkontribusi sekira 29% dari jumlah total produksi ADM yang berkisar 3,8 juta unit pada periode 2013-2020.

Baca Juga:

Mobil LCGC Daihatsu
Toyota New Calya resmi diluncurkan dengan beberapa penyegaran. (Foto: Carmudi/Santo)

Capaian ini merupakan salah satu catatan penting ADM, menandakan bahwa kendaraan LCGC produksi ADM menjadi salah satu produk yang paling diminati di pasar domestik maupun pasar ekspor.

Prestasi ini melengkapi sejarah ADM yang sebelumnya telah mencapai produksi kendaraan 1 juta unit pada 2005, kemudian 2 juta unit pada 2010, serta 3 juta unit (2013), 4 juta unit (2015), 5 juta unit (2017), dan 6 juta unit (2019).

“Terima kasih untuk semua pelanggan yang telah membeli produk LCGC dari ADM. Sehingga total produksi ADM pada segmen ini telah mencapai lebih dari 1,1 juta unit dalam waktu 1 windu (8 tahun),” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT ADM, dalam keterangan resminya, Rabu (27/1/2021).

Daihatsu Jadi Merek Mobil Terlaris Kedua

Daihatsu berhasil mempertahankan posisi kedua sebagai merek mobil terlaris di Indonesia pada 2020. Capaian tersebut mengukuhkan posisi Daihatsu sebagai merek mobil terlaris kedua selama 12 tahun berturut-turut.

Daihatsu, alhamdulillah, masih tetap mempertahankan posisi nomor dua di Indonesia. Bukan hanya itu, akhirnya kami menggenapkan selusin (12) tahun berturut-turut bisa mempertahankan posisi nomor dua di Indonesia,” kata Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), dalam jumpa pers secara virtual, Jumat (15/1/2021).

Baca Juga:

Daihatsu Ayla
Mobil LCGC Daihatsu Ayla (Foto: ADM)

Prestasi lain, Daihatsu berhasil mempertahankan market share sebesar 17 persen selama lima tahun berturut-turut.

“Seperti yang selalu saya bilang targetnya Daihatsu ingin mempertahankan posisi nomor dua dengan market share minimal 17 persen. Dan, alhamdulillah, nomor duanya bisa kami raih selama 12 tahun dan market share selama lima tahun,” sambung Hendrayadi.

Daihatsu dapat mencapai total penjualan sebanyak 100.026 unit sepanjang 2020, turun 44% dari tahun lalu.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Pabrik Mobil Hyundai di Indonesia
Previous post
Hyundai Dirikan Pabrik di Indonesia, Volume Mobil Rakitan di Malaysia Bisa Naik
APAR Mobil Honda
Next post
Ketahui Peraturan, Letak, dan Harga APAR Mobil di 2021