Berita

Mobil Listrik BMW Ramaikan IAA Mobility 2021

Jakarta – BMW Group (Jerman) memperkenal sejumlah mobil listrik baru dalam keikutsertaannya di IAA Mobility 2021 yang berlangsung di Munich, Jerman selama 7—12 September 2021. Produk tersebut antara lain BMW iX, BMW i4, dan mobil konsep BMW i Vision Circular.

Mobil Listrik BMW iX

Mobil Listrik BMW iX (Foto: BMW)

Dalam keterangan pers yang diterima Carmudi, dijelaskan BMW iX ditenagai dua buah motor listrik yang masing-masing terletak di roda belakang dan depan.

Ada dua varian yang dihadirkan, yakni BMW iX xDrive50 dengan tenaga puncak 523 hp dan BMW iX xDrive40 yang memiliki tenaga tertinggi 326 hp.

Mobil selanjutnya adalah BMW i4 yang menawarkan kesan sporty sekaligus kepraktisan lewat tipe bodi coupe 4-pintu. Untuk mobil ini pabrikan juga memperkenalkan dua varian.

Pertama, BMW i4 M50 yang memiliki motor listrik di roda depan dan belakang serta tenaga puncak 544 hp. Kedua adalah BMW i4 eDrive40 dengan tenaga maksimum 340 hp dan berpenggerak roda belakang.

Mobil Listrik BMW i4

Mobil Listrik BMW i4 (Foto: BMW)

Dalam keterangannya, BMW Group menjelaskan pihaknya juga tengah menyiapkan versi listrik sepenuhnya untuk BMW Seri 5, BMW X1, BMW Seri 7, dan penerus MINI Countryman.

BMW i Vision Circular

Dalam keikutsertaannya di IAA Mobility kali ini BMW Group mengedepankan tema besar circular economy dan mobilitas perkotaan yang berkelanjutan.

Hal tersebut salah satunya ditunjukkan melalui hadirnya BMW i Vision Circular. Tujuan kehadiran mobil konsep ialah menciptakan kendaraan yang dapat mencapai tingkat penggunaan 100% bahan daur ulang atau 100% dapat didaur ulang.

BMW i Vision Circular

BMW i Vision Circular (Foto: BMW)

Hal tersebut juga berlaku untuk baterai solid state BMW i Vision Circular yang 100% dapat didaur ulang dan hampir seluruhnya terbuat dari bahan daur ulang.

Namun, pada saat bersamaan baterai tersebut dapat mencapai kepadatan energi yang jauh lebih tinggi dan penggunaan sumber daya yang lebih sedikit.

“BMW telah terapkan sirkularitas dalam konsep kendaraan sejak awal ketika merancang BMW i Vision Circular. Itulah mengapa kendaraan visioner ini penuh ide-ide inovatif yang menggabungkan sustainability dengan desain estetika inovatif dan inspiratif, kami menyebutnya pendekatan circular design,” kata Adrian van Hooydonk, Head of BMW Group Design.

Baca Juga:

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts