Home » Berita » Mobil Listrik Pertama DFSK Siap Meluncur di Indonesia

Mobil Listrik Pertama DFSK Siap Meluncur di Indonesia

DFSK Gelora E (Foto: Santo/Carmudi)

Jakarta – Era kendaraan listrik sudah di depan mata. Dari sisi pabrikan otomotif mengaku sudah siap menghadirkan mobil listrik di Indonesia apabila aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah sudah jelas.

Salah satu pabrikan otomotif dalam negeri yang siap memasarkan mobil listrik yaitu Dongfeng Sokon (DFSK) Indonesia. Pabrikan asal China itu telah menyiapkan satu mobil listriknya bernama Gelora E di segmen mobil komersial . Meski bisa dipastikan bakal meramaikan pasar otomotif Tanah Air tapi belum ada jadwal resmi Gelora E meluncur dan dijual.

“Mobil listrik yang memang sudah rencana akan kami luncurkan adalah Gelora E karena memang sudah ada perkiraan harga jualnya. Jadi tinggal tunggu tanggalnya kapan akan diluncurkan dengan harga yang sudah fix,” ungkap PR & Digital Manager PT Sokonindo Automobile (DFSK), Arviane D. Bahar, saat teleconference bersama media, pekan lalu.

Sebelumnya sempat digadang-gadang mobil listrik pertama DFSK adalah Glory E3. Sport utility vehicle (SUV) itu pernah diperlihatkan ke publik dalam dua kali kesempatan; GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 dan Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019.

“Kami belum ada rencana untuk DFSK Glory E3 dipasarkan di market Indonesia,” ucap perempuan yang akrab disapa Ane itu.

Kemudian terkait pertimbangan DFSK Indonesia lebih memilih menghadirkan kendaraan komersial bertenaga listrik ketimbang mobil penumpang, Ane mengatakan bahwa saat ini segmen komersial tengah tumbuh. Apalagi DFSK Gelora E merupakan kendaraan tanpa Bahan Bakar MInyak (BBM) sehingga bisa mengurangi pengeluaran pebisnis.

“Kami melihat ada suatu tren positif khususnya buat mobil komersial DFSK di Indonesia dan Gelora sendiri juga sudah diproduksi dengan setir kanan. Beda dengan DFSK Glory E3 itu masih setir kiri. Jadi yang sudah siap itu adalah Gelora. Makanya kita juga melihat Gelora dari sisi segmen komersial memiliki peluang yang bagus dan kami berusaha untuk menghadirkan versi listriknya juga (Gelora E),” terang Ane.

Perkiraan Harga Mobil Listrik DFSK Gelora E

Memanfaatkan GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle (GIICOMVEC) 2020 awal Maret lalu, DFSK Indonesia memperkenalkan Gelora E. Mobil ini baru sebatas diperkenalkan saja belum resmi dijual ke konsumen.

Kendati demikian, estimasi harga jual untuk DFSK Gelora E telah diumumkan. DFSK Gelora E diperkirakan akan siap dijual dengan harga Rp489-499 juta untuk tipe minibus (MB) dan Rp469-479 juta tipe blind van (BV). Estimasi harga Gelora versi listrik ini berdasarkan hitung-hitungan pajak kendaraan yang masih berlaku sekarang.

mobil listrik dfsk
DFSK Gelora E (Foto: Santo/Carmudi)

DFSK Gelora E memiliki panjang 4.500 mm, lebar 1.680 mm, dan tinggi 2.000 mm. Dalam hal panjang dan ruang, Gelora E telah jauh melampaui kendaraan komersial yang ada di pasaran. Sebuah kelebihan untuk membawa barang dan meningkatkan kapasitas transportasi.

Ruang interior juga sangat luas dengan menghadirkan kenyamanan berkendara yang tinggi. Bahkan model mini bus dengan 11 kursi memiliki head room dan leg room yang luas guna memastikan kenyamanan saat berkendara. Gelora E versi BV memiliki panjang kabin maksimal 2.630 mm dengan kapasitas kargo 4,8 m3.

Sumber tenaga DFSK Gelora E dibekali Ternary Lithium-ion Battery. Baterai ini diklaim mampu membuat mobil berjalan hingga mencapai 300 km.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

1.000 Hari di Indonesia, Sudah Berapa Ribu Mobil Wuling yang Terjual?

Previous post
Ingat, Besok Larangan Mudik Mulai Berlaku Efektif
Pajero generasi pertama, pernah menjuarai rally Dakkar
Next post
Mitsubishi Pajero dan Pajero Sport Ternyata Berbeda, Simak Asal-usulnya