Mobil

Mobil Listrik Toyota Ada Apa Saja, Sih?

Sebagai raksasa otomotif asal Jepang, Toyota sayangnya belum memiliki banyak line up mobil listrik. Mereka lebih memilih merilis kendaraan hybrid, plug in hybrid, hydrogen, dan fuel cell sebagai kendaraan ramah lingkungan.

Namun, beberapa waktu lalu Toyota merilis mobil listrik pertamanya yang bernama bZ4X. Mobil tersebut akan mengisi segmen SUV kendaraan listrik yang ada di dunia.

Pada ajang GIIAS 2022 lalu PT Toyota Astra Motor (TAM) menampilkan bZ4X sebagai mobil listrik pertama mereka.

Sayang, mobil tersebut hanya berstatus eksibisi atau dipamerkan saja tanpa ada status kapan dijual secara pasti. 

Daftar Mobil Listrik Toyota

Hingga detik ini, TAM masih belum membeberkan rencananya menjual mobil listrik di Indonesia.

Jika di antara Carmudian ada yang berniat membeli mobil listrik Toyota, sebaiknya ketahui dulu ada model apa saja.

C+Walk T

Mobil listrik Toyota yang pertama ada C+Walk T.

Apa itu ya? Kok, kedengarannya aneh sekali namanya, ya?

C+Walk T sendiri sebenarnya skuter listrik yang dijual secara resmi di Jepang. Dalam laman resmi Toyota, C+Walk T masuk ke dalam kategori mobil listrik.

Penggunaannya sendiri hanya dikhususkan untuk dalam ruangan seperti pabrik, mall, atau bandara. Bahkan di laman resmi Toyota dikatakan jika C+Walk T tidak diperbolehkan dipakai di jalanan umum manapun.

mobil listrik toyota

Sejatinya ini lebih merupakan skuter listrik dengan ukuran tinggi 1.210 mm, panjang 700 mm, dan lebar 450 mm. Dimensinya terbilang kecil dan memang diperuntukkan 1 penumpang saja.

Toyota sendiri menawarkan C+Walk T dalam 2 tipe yang terdiri dari C+Walk T Safety Support dan C+Walk T standard. Harganya mencapai Rp36,7 jutaan untuk tipe safety support dan Rp35,3 jutaan untuk standard.

Skuter listrik ini mampu mengangkat beban hingga 100 kg yang digunakan dengan cara berdiri. Di atas kertas C+Walk T dibekali baterai 10,8 Ah yang bisa dilepas pasang dengan jarak tempuh 14 jam.

Lantaran hanya untuk pemakaian dalam ruang, maka kecepatan maksimumnya hanya 10 km saja.

Harga Rp35 jutaan buat skuter listrik Toyota? Mau? 

Mobil Listrk Toyota C+ Pod

Lalu mobil listrik Toyota kedua ada C+ Pod. C+ Pod sendiri merupakan mobil listrik yang punya dimensi kompak, mirip seperti mobil kecil Smart ForTwo atau Wuling Air EV yang sudah dijual secara resmi di Indonesia.

Secara dimensi panjangnya hanya 2.490 mm, dengan lebar 1.290 mm, dan tinggi 1.550 mm.

Kendati ukurannya kecil, Toyota pun hanya menanamkan motor listrik 1RM atau magnet permanen dengan daya maksimum 9,2 kW. Angka tersebut setara dengan 12,3 hp dengan torsi maksimum 56 Nm.

Kecil banget, ya?

Walaupun terlihat tak bertenaga, tetapi kecepatan maksimumnya bisa mencapai 60 km/jam.

Dukungan baterai lithium-ion 51 Ah / 177,6 volt / 9,09 kWh ini punya daya jelajah hingga 150 km dalam sekali pengecasan.

mobil listrik toyota

Mobil berkapasitas 2 orang ini juga dibekali fitur canggih seperti detection function/millimeter wave radar + monocular camera system dan collision avoidance support type with pedestrian and cyclist. 

Di Jepang, mobil listrik Toyota C+ Pod dijual dengan harga 1.716.000 Yen atau setara dengan Rp178 jutaan sudah termasuk pajak.

Wah, murah juga ya kalau di negara asalnya. 

Kalau masuk Indonesia, tentu harganya tidak akan segitu.

Toyota bZ4X

Nama mobil listrik Toyota lainnya ada bZ4X. Toyota bZ4X sendiri merupakan mobil listrik yang hadir dengan bodi SUV.

Di Indonesia mobil ini melantai pada ajang GIIAS 2022 lalu dan bisa dipastikan belum jelas kapan akan dijual secara resmi.

Lalu bagaimana dengan spesifikasi yang diusung Toyota bZ4X?

Menurut Toyota, bZ4X merupakan kendaraan BEV pertama dengan platform e-TNGA yang tengah dikembangkan secara serius bersama Subaru Corporation. 

Kedua perusahaan berusaha untuk menciptakan kendaraan BEV dengan pusat gravitasi yang rendah. Bahkan kemampuan mobil ini juga dirancang untuk bisa melahap medan off-road yang hadir dengan penggerak all wheel drive.

Di atas kertas Toyota bZ4X memiliki dimensi panjang 4.690 mm, lebar 1.860 mm, dan tinggi 1.650 yang sudah termasuk dengan antena. Wheelbase-nya mencapai 2.850 mm dengan panjang kabin 1.940 mm.

Selain itu atapnya pun tersedia pilihan atap normal (solar roof) atau panoramic yang bisa dipilih sesuai dengan selera konsumen.

Mobil berkapasitas 5 orang penumpang ini dibekali dengan tenaga penggerak tipe AC synchronous electric generator

Versi penggerak roda depan memiliki output maksimal mencapai 150 kW, sedangkan versi AWD mencapai 80 kW. Kedua tipe penggerak bZ4X tersebut ditenagai baterai tipe Lithium-ion 355 volt. Sementara total tenaga yang bisa dihasilkan mencapai 71,4 kWh.

Menurut klaim Toyota, mobil ini bisa melesat 0-100 km/jam hanya dalam waktu 8,4 detik untuk versi penggerak roda depan dan 7,7 detik versi AWD.

Tabel Performa Toyota bZ4X

Akselerasi 0 – 100 km/jam 8,4 detik
Kecepatan Tertinggi 160 km/jam
Daya Tempuh 375 km
Tenaga Maks. 150 kW (202 HP)
Torsi Maks. 265 Nm
Penggerak FWD

Toyota juga menjamin spesifikasi baterai bZ4X ini sangat aman berkat penggunaan high-resistance coolant yang bisa mencegah kebakaran akibat korsleting listrik.

Bagaimana dengan harganya? Di Jepang Toyota bZ4X dijual dengan harga 6,5 juta Yen atau setara dengan Rp674,2 jutaan

Lexus UX-300e

Jika membahas mobil listrik Toyota, maka kurang lengkap kalau tak menyebutkan Lexus. Merek yang diplot sebagai brand mewah Toyota ini juga punya mobil listrik bernama UX-300e.

Lexus UX-300e sendiri bahkan dijadikan sebagai kendaraan dinas untuk delegasi KTT G20 yang akan digelar di Bali November 2022 mendatang. Jumlahnya pun tak main-main, ada 143 unit mobil yang diberikan Toyota untuk KTT G20.

Mobil tersebut dibekali permanent magnet motor yang menggerakkan seluruh roda lewat transmisi triple axes 2 stages reduction. Tenaga maksimumnya mencapai 201 hp yang didukung baterai berkapasitas 54,3 kWh.

Sebagai mobil mewah, Lexus UX-300e hadir dengan fitur hiburan yang mumpuni seperti adanya head unit layar sentuh 10,3 inci dengan berbagai konektivitas smartphone,13 speaker lansiran Mark Levinson, dan USB serta AUX mini jack.

Lexus UX300e G20

(Foto: Toyota)

Fitur keamanannya terbilang mumpuni. Terbukti adanya 10 airbag yang disebar di bagian mobil diharapkan mampu memberikan keamanan pengendara dan penumpangnya.

Ada juga Lexus Safety System+, vehicle stability control, blind spot monitor, dan rem ABS yang dilengkapi brake assist. Menyoal harganya, Lexus UX-300e dijual di kisaran Rp1,4 miliar.

Tabel Performa Lexus UX-300e

Akselerasi 0 – 100 km/jam 7,5 detik
Kecepatan Tertinggi 160 km/jam
Daya Tempuh 235 km
Tenaga Maks. 150 kW (202 HP)
Torsi Maks. 300 Nm
Penggerak FWD

Melihat beberapa mobil listrik yang dijual oleh Toyota di atas, rasanya hampir semua model belum dijual secara resmi.

Namun yang jelas Toyota saat ini sudah memiliki kendaraan elektrifikasi yang siap ditawarkan kepada konsumen.

Setelah tahu beberapa modelnya, Carmudian kira-kira berniat membeli salah satunya, nggak?

Penulis: Rizen Panji
Editor: Dimas

Rizen Panji

Pikirannya selalu dipenuhi oleh mobil buatan asal Jerman, Swedia, dan Prancis dengan tahun produksi di bawah 2000. Jangan lupa, mesin yang bersemayam di dalam kap mesin tentunya harus 6 silinder guna memompa adrenalin ketika mengendarainya

Related Posts