Home » Berita » Mobil Menteri Jokowi Bebas Servis Selama 5 Tahun

Mobil Menteri Jokowi Bebas Servis Selama 5 Tahun

Toyota Crown (Foto: motor1)

Jakarta – PT Toyota Astra Motor (TAM) mengaku jika mobil Toyota Crown 2.5 HV G-Executive yang akan digunakan oleh menteri bukanlah mobil yang paling mahal. Anton Jimi Suwandy, President Director TAM mengatakan bahwa masih ada mobil lain yang lebih mahal dibandingkan mobil-mobil menteri tersebut.

“Kalau dibilang Toyota Crown itu yang paling mahal, bukan. Sebenarnya masih ada sedan paling mahal Toyota itu sebenarnya ada Century. Dan di line up Toyota juga ada Lexus juga, kan itu juga harus kita consider juga jadi positioning-nya ada di mana,” kata Anton di sela acara Start Your Impossible di Senayan, Jakarta, Rabu (28/8/2019) kemarin.

Lebih lanjut Anton mengatakan jika mobil Toyota Crown tersebut merupakan mobil yang akan didatangkan langsung dari Jepang. Mobil buatan Jepang tersebut dikatakan tidak akan dijual secara massal di Indonesia, jadi bisa dibilang jumlahnya hanya terbatas untuk para menteri saja.

“Jadi unitnya datang langsung dari Jepang, dikirim ke Toyota Astra Motor (TAM). Kita sebagai distributornya jadi kita mendistribusikan ke diler. Nanti diler yang akan melakukan serah terima ke Pemerintah,” sambung Anton. Diler yang dimaksud adalah Auto2000 yang merupakan jaringan diler Toyota di wilayah DKI Jakarta.

Mobil Menteri Kabinet Servis di Auto2000

Untuk perawatannya sendiri, pihak Auto2000 nantinya akan melayani mobil Toyota Crown milik menteri kabinet Jokowi.

“Enggak tau juga sih kalau soal aftersales itu detailnya seperti apa. Basically kebetulan Astra International atau Auto2000 yang handle, jadi servisnya bisa ke sana. Kebetulan Crown yang sekarang juga servisnya kesana,” tambahnya.

Sebanyak 101 unit Toyota Crown 2.5 HV G-Executive telah dipesan untuk kendaraan baru para menteri. Soal harga, mobil tersebut dibanderol di kisaran Rp1,45 miliar. Banderol yang cukup mahal ini juga diimbangi dengan layanan terbaik dari Toyota kepada mobil menteri.

Anton mengatakan jika seluruh unit Toyota Crown yang dipesan akan bebas biaya jasa dan suku cadang. Termasuk penggantian part fast moving dan ganti oli.

“Seperti normalnya datang ke bengkel, ada booking dulu, ada PIC-nya. Ada free jasa, dan free spare part selama 5 tahun. Jadi semua sudah termasuk seperti ganti oli. Kita hanya menjual paket mobil, paket jasa dan servisnya,” beber Anton.

Toyota dukung pencarian bibit atlet muda Indonesia.
Toyota dukung pencarian bibit atlet muda Indonesia.

Toyota Dukung Olimpiade dan Paralimpiade

Selain menjadi penyuplai mobil para menteri, Toyota juga mendukung para atlet. Lewat kampanye bertajuk “Satukan Bakat Negeri Kita (Satria)”, TAM mendukung gelaran Olimpiade dan Paralimpiade. Dukungan ini diberikan TAM sebagai wujud komitmen tinggi untuk para atlet.

“Toyota Indonesia punya komitmen tinggi untuk kontribusi konkrit bagi bangsa. Lewat program Satria ini, kami ingin mencari bibit atlet muda yang bisa meregenerasi atlet yang ada saat ini,” tambah Henry Tanoto, Vice President Director PT TAM.

Dalam acara ini, turut hadir beberapa atlet nasional Indonesia. Di antaranya adalah Richard Sam Bera (mantan atlet renang), Marcus Gideon (atlet bulutangkis) dan Ni Nengah Widiasih (atlet paralimpiade angkat beban). Kedua atlet ini senantiasa memberikan dukungan kepada atlet-atlet muda binaan dalam workshop motivasi.

Toyota dukung pencarian bibit atlet muda Indonesia.
Toyota dukung pencarian bibit atlet muda Indonesia.

Demi mendukung Olimpiade dan Paralimpiade, program Satria telah meraih 20 atlet muda. Seluruhnya akan dipilih dan diberikan program pengembangan sesuai kebutuhannya masing-masing. Dari 20 orang nantinya akan disaring 6 orang pilihan yang akan membawa nama Indonesia di ajang Olimpiade dan Parlimpiade Tokyo 2020.

Baca juga:

Para “Pembantu Presiden” Jokowi Pakai Mobil Toyota Crown 2.5 HV G-Executive

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Toyota Kijang
Previous post
Toyota Kijang Innova Diesel vs Bensin, Mana yang Paling Irit?
Next post
Toyota Masih Bungkam Soal 4 Mobil Baru yang Akan Hadir di Indonesia