Home » Berita » Mobil Menteri Jokowi Terbaru Siap Dipakai Minggu Depan

Mobil Menteri Jokowi Terbaru Siap Dipakai Minggu Depan

Para “Pembantu” Presiden Jokowi Pakai Sedan Crown (Foto: Toyota)

Jakarta – Dalam waktu dekat, para menteri pada kabinet pemerintahan era Presiden Jokowi periode 2019-2024 akan menerima mobil baru Toyota Crown 2.5 HV G-Executive. Kabarnya, sejak 30 September kemarin, sebanyak 101 unit Toyota Crown sudah berada di Sekretariat Negara (Setneg). Tinggal menunggu pendistribusiannya ke setiap menteri dan pejabat yang berhak menerimanya.

“Sesuai kewajiban, kita sudah menyerahkan semua unit (101 unit) kepada pihak Setneg sesuai deadline tanggal penyerahan. Tinggal pendistribusiannya kita serahkan langsung ke Setneg. Setahu saya, pendistribusiannya minggu depan ini,” kata Riki Rusdiono selaku Koordinator Auto2000 Wilayah DKI 1 di Jakarta, Sabtu (26/10/2019) kemarin.

Anton Jimmy Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan bahwa 101 unit Crown berteknologi hybrid ini tidak hanya untuk menteri saja, tetapi juga para pejabat setingkat menteri dan mantan Presiden. Hal ini juga telah dikonfirmasi oleh Piping Supriatna selaku Kepala Biro Umum Kementerian Sekretariat Negara.

Lebih lengkapnya, dilansir dari situs resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, yang dimaksud lembaga setingkat menteri yaitu Kejaksaan Agung Republik Indonesia, Kepolisian Negara Republik Indonesia, Tentara Nasional Republik Indonesia, Sekretariat Kabinet, Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia, serta Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia.

Toyota Crown Tidak Dijual Umum

Toyota Crown 2.5 HV G-Executive Hybrid (Foto: TAM)

Anton mengatakan sebanyak 101 unit mobil Crown berteknologi hybrid sudah tersedia di diler. Pihak TAM serta Auto2000 menegaskan bahwa mobil mewah tersebut tidak bisa dibeli secara umum atau ritel.

“Kalau pesan pakai importir umum bisa, tapi pasti di luar tanggung jawab TAM dan Auto2000,” kata Anton.

Setelah PT Astra International sebagai perusahaan induk memenangkan tender pengadaan kendaraan untuk para menteri dan setingkatnya selama periode 2019-2024, PT TAM ditunjuk sebagai penyedianya. Sebanyak 101 unit Toyota Crown 2.5 HV G-Executive disediakan untuk menggantikan mobil dinas menteri yang lama, Toyota Crown Royal Saloon. Mobil menteri Jokowi tersebut dibawa langsung dari Jepang dan tidak ada modifikasi khusus pada mobil ini.

 

Penulis: Nadya Andari

Editor: Dimas

Baca Juga:

Toyota Sumringah Para “Pembantu” Presiden Jokowi Pakai Sedan Crown

Previous post
Peluncuran Suzuki Wagon R Listrik Ditunda, Mengapa?
Next post
Pakai Kaca Film Bikin Susah Sinyal, Benarkah?