BeritaMobilModifikasi

Ratusan Mobil Modifikasi Daihatsu Adu Keren di Senayan

Modifikasi Daihatsu Xenia (Foto: Yongki/Carmudi)

Penulis: Yongki Sanjaya

Jakarta – Ajang modifikasi ‘Daihatsu Dress Up Challenge’ memasuki babak final. Sejumlah 124 mobil modifikasi dari para peserta adu ganteng di depan para dewan juri. Babak final ini diselenggarakan di pelataran parkir Istora Senayan, Jakarta Pusat pada 1-2 Desember 2018.

Acara ini diselenggarakan bekerja sama dengan Hot Import Nights (HIN). Daihatsu Dress Up Challenge merupakan bagian dari pameran modifikasi terbesar di Indonesia, yakni Indonesia Auto Modified (IAM).

“Kami tidak menyelenggarakan sendiri. Di sini kami bekerja sama dengan HIN Promosindo. Juri-juri tidak sembarangan. Kami pilih yang fair dan kompeten dari Amerika, Thailand dan Indonesia. Kami menyelenggarakan 16 seri di 15 kota, Jakarta dua kali, yang pertama di IIMS,” ujar Rokky Irvayandi selaku Domestic Marketing Coordinator PT Astra Daihatsu Motor, Sabtu (1/12) lalu.

Rokki menekankan, ajang modifikasi ini harus tetap mengutamakan aspek keselamatan. Mobil modifikasi harus bisa digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Bilamana karya modifikasi terbilang ekstrim, maka jangan sampai mengorbankan struktur utama mobil.

“Kontes ini terbagi dalam tujuh kategori sesuai dengan model-model Daihatsu. Entertainment seperti TV dan PlayStation akan jadi tambahan nilai,” jelasnya.

Menyinggung soal kota penyelenggaraan ini, pihak Daihatsu melakukan pengurangan kota penyelenggaraan. Di sisi lain, dibuka pula beberapa kota baru dimana banyak modifikator yang antusias menampilkan karya-karya kreatif.

“Di kota-kota baru ini mencari modifikator dari mobil Daihatsu yang belum terjangkau. Seperti Banyuwangi, kan sebelumnya harus ke Surabaya atau Malang untuk ikut serta,” tambah Reza Aliwarga dari dari Indonesia Auto Modified.

Salah satu model Daihatsu yang dimodifikasi (Foto: Yongki/Carmudi)

Mobil Modifikasi Harus Memperhatikan Aspek Safety

Pada sisi penilaian kontes, Daihatsu memberikan perhatian yang mencakup 8 aspek, meliputi aspek overall build, exterior, interior,paint, engine, undercarriage, car audio & video dan presentation. Hal terpenting, mobil modifikasi garapan peserta ini sifatnya untuk daily use.

“Kenyamanan itu penting, mobil itu harus bisa dipakai sehari-hari. Khusus Daihatsu, mobil harus bisa dipakai sehari-hari,” tegasnya.

Proses seleksi peserta terbaik dibagi menjadi dua kategori pemenang (Best dan Runner-Up) pada setiap lini produk Daihatsu. Peserta juga ditantang untuk bersaing memperebutkan elite point yang diakumulasi pada setiap seri dengan total hadiah hingga ratusan juta rupiah.

“Perubahan empat pintu jadi dua pintu diperbolehkan selama tidak menggeser pilar samping. Untuk pintu samping jangan sampai mengubah pilarnya. Perubahan bentuk mobil secara total tidak diperbolehkan,” sambung Rokki. (dna)

Wahyu Perdana Putera

Berkarir di sejumlah online media sejak 2012 sebagai jurnalis teknologi, sains dan otomotif, kini di Carmudi Indonesia sejak Juli 2015 untuk mengulas & mempublikasikan kabar otomotif terkini dari perspektif lain. Menggilai mobil retro era '80-90an, modifikasi & kultur balap jalanan Jepang serta hobi modifikasi dengan aliran oldschool brutal seperti Shakotan, Kyusha & Kaido Racer. Email: [email protected]
Follow Me:

Related Posts