Home » Berita » Canggihnya Mobil Nasional Malaysia, Pakai Teknologi Otonom

Canggihnya Mobil Nasional Malaysia, Pakai Teknologi Otonom

Proyek mobil nasional Malaysia (Foto: Paultan)

Kuala Lumpur – Bicara soal mobil nasional, bisa dikatakan Malaysia selangkah lebih maju dari Indonesia. Malaysia sudah memiliki mobil nasional sejak 1983 dengan nama Perusahaan Otomobil Nasional atau lebih dikenal dengan Proton. Tahun lalu setengah dari saham Proton dibeli oleh perusahaan otomotif asal China, Geely. Itu artinya sekarang Proton tak sepenuhnya mobil nasional Malaysia.

Mahathir Mohamad sebagai Perdana Menteri Malaysia sekaligus figur di balik berdirinya Proton murka ketika mendengar perusahaan yang pernah dipimpinnya itu menjual saham ke perusahaan lain. Tak lama setelah menjabat sebagai perdana menteri, Mahathir langsung mengutarakan bahwa dirinya ingin membuat mobil nasional baru.

Keinginan Mahathir itu bukan isapan jempol semata. Saat ini proyek baru mobil nasional Malaysia mulai memasuki tahap pengembangan. Sebagaimana dilansir dari Paultan, mobil nasional Malaysia atau mereka menyebutnya New National Car Project (NNCP) akan mengaspal pada 2020.

Presiden dan CEO Malaysian Industry-Goverment Group for High Technology (MIGHT), Datuk Dr. Mohd Yusoff Sulaiman mengatakan bahwa pihaknya menargetkan mobil nasional Malaysia akan dibekali dengan teknologi otonom, fitur keselamatan canggih dan harga terjangkau.

Ia juga mengatakan bahwa mobil baru ini akan menggabungkan inovasi teknologi terbaru yang terinspirasi atau hasil masukan dari generasi muda. Pihaknya telah melakukan survei kepada 300-400 siswa. Tujuannya untuk mengetahui keinginan mereka terkait desain, teknologi otonom keamanan yang canggih dan harga terjangkau.

Disebutkan bahwa proyek mobil nasional Malaysia terbaru ini harus sejalan dengan visi pemerintah mengenai bagaimana mobilitas masa depan akan terbentuk, dengan konektivitas dan teknologi terdepan.

“Kami benar-benar memasuki revolusi industri keempat dan ada banyak teknologi baru yang akan diperkenalkan, seperti kecerdasan buatan dan material canggih. Jadi kita perlu menyatukan teknologi ini di masa yang akan datang,” kata Yusoff.

“Di masa depan, mobil akan terhubung dengan berbagai benda di sekitarnya. Mobil akan dapat ‘berbicara’ ke gedung, dapat membaca rambu lalu lintas, memiliki konektivitas mobil ke mobil,” sambungnya.

Prototipe Mobil Nasional Malaysia Diperkenalkan Tahun Depan

Pemerintah Malaysia menargetkan mobil nasional anyar mereka akan diperkenalkan pada 2019 dalam bentuk prototipe. Kemudian di tahun berikutnya mobil diluncurkan ke publik. Disebutkan bahwa wujud mobil nasional juga belum diputuskan. Namun mobil rencananya dibangun pada platform modular. Sehingga bisa menjadi sedan, MPV atau bahkan SUV.

Meskipun berstatus proyek mobil nasional, namun mobil tidak hanya disiapkan untuk pasar Malaysia saja, tetapi juga pasar ekspor di wilayah ASEAN. Mengenai negara mana saja yang menjadi tujuan ekspor, saat ini masih dalam proses diskusi. (dna)

mobil honda paling laris
Previous post
Bukan Mobilio, Ini Mobil Honda Paling Laris Sepanjang September 2018
Next post
Infografis Mobil Baru Chevrolet 2018 di Indonesia