Home » Mobil » Mobil Nostalgia, Ini 10 Mobil Lawas yang Tetap Dicari Penggemar

Mobil Nostalgia, Ini 10 Mobil Lawas yang Tetap Dicari Penggemar

Mobil Tua
Cara mudah merawat “mobil tua” agar aman di musim hujan. Foto/Carmudi.

Jakarta – Beberapa bulan atau beberapa tahun belakangan, banyak orang mencari mobil dengan alasan nostalgia. Mobil-mobil ini dicari dengan alasan ingin membangkitkan kenangan masa lalu. Di Indonesia, ada beberapa mobil yang kerap dicari dengan alasan nostalgia. Kira-kira, mobil nostalgia apa sajakah itu?

Toyota Corolla DX (Foto: Youtube)

10 Mobil Nostalgia Versi Carmudi

1. Toyota Corolla DX

Mobil sedan yang satu ini bisa dibilang jadi salah satu mobil yang cukup idaman. Terutama bagi mereka yang memiliki kenangan di era 1980-an hingga 1990-an. Mobil yang menjadi generasi keempat dari Toyota Corolla ini saat ini menjadi salah satu mobil yang cukup digemari. Apakah kamu salah satunya?

Honda Civic generasi ketiga atau bisa disebut Civic Wonder.
Honda Civic generasi ketiga atau bisa disebut Civic Wonder.Foto/istimewa

2. Honda Civic SB3 / Wonder

Mobil yang pertama kali diperkenalkan pada 1983 ini juga menjadi mobil nostalgia. Banyak orang mencari mobil berpintu 2 ini untuk dibangun kembali. Ada yang mengembalikan keadaan aslinya, ada juga yang membangun mobil ini untuk dimodifikasi. Sebagai mobil yang sudah berumur, mobil ini memiliki penyakit titik keropos yang cukup banyak.

3. BMW E30

Mobil yang terkenal lewat film Catatan Si Boy ini jadi salah satu mobil ikon di era 1980-an hingga 1990-an. Berbentuk kotak dan simple, BMW E30 seakan tak pernah sirna auranya. Di tahun 2020 ini banyak orang membeli kembali mobil asal Jerman satu ini.

4. BMW E36

BMW E36 merupakan keluarga dari seri 3, atau generasi penerus dari BMW E30. BMW E36 dinilai memiliki desain yang cukup sporty, dan memiliki jiwa anak muda yang kental. Tak heran jika banyak kaum milenial mengincar BMW E36 untuk dimodifikasi. Selain itu, BMW E36 juga kerap digunakan untuk balap drifting. Kini, harganya pun terkerek naik.

Mercy tiger station wagon, salah satu mobil langka di Indonesia
Mercy tiger station wagon, salah satu mobil langka di Indonesia. Foto/Istimewa.

5. Mercedes-Benz W123

Masih dari keluarga sedan, Mercedes-Benz dengan kode bodi W123 atau karib disapa Mercy Tiger juga jadi salah satu mobil nostalgia. Pertama kali meluncur pada tahun 1976 hingga 1986, Mercy Tiger dianggap salah satu mobil mewah di zamannya. Tak heran jika masih banyak orang mengidamkan mobil satu ini. Terlebih untuk varian 280E dengan transmisi otomatis yang harganya saat ini sudah mencapai ratusan juta.

Mercedes-Benz W124 (Mercy Boxer)
Mercedes-Benz W124 (Mercy Boxer). Foto/istimewa

6. Mercedes-Benz W124

Masih dari keluarga Mercedes-Benz, adalah dengan kode bodi W124. Atau mobil ini lebih dikenal dengan sebutan Mercy Boxer. Mobil ini pertama meluncur di tahun 1985 hingga 1996. Mobil yang menjadi cikal bakal E-Class pertama ini juga menjadi salah satu mobil nostalgia di era 1990-an. Dengan desainnya yang kotak, sebagian orang masih suka dengan aura mewah mobil ini yang dianggap tak lekang oleh waktu.

Mobil tua saat protes Ingub saat Hari Kemerdekaan RI. (Foto: Carmudi/Rizen)

7. Jeep Wrangler TJ dan YJ

Mobil selanjutnya yang tak kalah menarik adalah Jeep Wrangler TJ. Jeep Wrangler TJ pertama kali meluncur di 1996 hingga 2006. Salah satu cirinya adalah penggunaan lampu depan berbentuk bulat dengan gril khas Jeep. Jeep ini saat ini sudah memiliki banderol yang sangat fantastis. Selain itu, ada juga Jeep Wrangler YJ yang juga menjadi incaran.

Jeep Wrangler YJ lebih dikenal dengan lampu depan berbentuk kotak. Jeep Wrangler YJ pertama kali diperkenalkan pada tahun 1986 hingga 1995. YJ merupakan generasi yang lahir sebelum Wrangler TJ. Untuk harganya sendiri, kedua Jeep ini saat ini sudah memiliki harga yang sangat fantastis. Bahkan sudah melebihi Rp350 juta.

Toyota Land Cruiser 80 Series
Toyota Land Cruiser 80 Series

8. Toyota Land Cruiser VX / 80 Series

Mobil lain yang tak kalah menggoda dari jenis SUV adalah Toyota Land Cruiser VX atau generasi 80 series. Mobil berbodi bongsor ini kerap diincar untuk dijadikan mobil hobi atau mobil koleksi bagi pecinta offroad. Harga yang semakin tinggi membuat banyak orang ingin meminang mobil buatan Jepang satu ini.

Toyota Land Cruiser VX 80 series sendiri pertama kali diperkenalkan pada tahun 1989 hingga 1997. Salah satu yang menjadi incaran adalah versi dengan pintu gaya kupu-kupu di bagian belakang. Salah satu alasan mengapa mobil ini layak dipinang adalah mesinnya yang cukup badak dan jarang rusak untuk dipelihara.

upper arm
Toyota Kijang merupakan kendaraan dengan populasi yang masih cukup banyak beredar.

9. Toyota Kijang

Siapa tak kenal dengan mobil yang satu ini. Mobil asli buatan Indonesia ini merupakan mobil hasil kerjasama Indonesia dan Jepang. Kijang sendiri memiliki makna sebagai Kerjasama Indonesia dan Jepang atau disingkat Kijang. Mobil ini sendiri pertama kali meluncur pada tahun 1977 dan masih tetap ada hingga sekarang dengan nama Innova Reborn.

Toyota Kijang bisa dibilang sudah menjadi kultur bagi masyarakat Indonesia. Tak heran jika banyak orang memiliki kenangan manis dengan mobil berkapasitas 7 orang penumpang ini.

Toyota Starlet Kotak EP71

10. Toyota Starlet

Mobil terakhir yang mungkin menjadi mobil nostalgia adalah Toyota Starlet. Toyota Starlet sendiri merupakan mobil yang sudah ada sejak tahun 1973 hingga 1999. Namun, mobil yang cukup digemari merupakan tipe 70 series dan 80 series. Starlet 70 series pertama kali hadir pada tahun 1985 hingga 1989 dan dikenal dengan nama Starlet Kotak.

Kemudian 80 series pertama kali meluncur pada tahun 1990 hingga 1999 dengan nama Starlet Kapsul. Di Indonesia, mobil kecil ini menjadi salah satu mobil yang cukup laris di medio 1990-an. Tak heran banyak orang yang ingin kembali meminangnya di tahun 2020 ini.

Nah, itu tadi merupakan 10 mobil nostalgia yang saat ini kerap dicari oleh para pecinta otomotif. Mungkin masih banyak dari mobil nostalgia yang belum lengkap untuk disebutkan. Jika kamu memiliki beberapa mobil nostalgia yang bisa diinfokan, silakan isi kolom komentar di bawah ini ya.

Penulis: Rizen

Editor: Lesmana

Previous post
Antisipasi Kepadatan Kendaraan Saat Lebaran, Rekayasa Lalu Lintas Akan Diberlakukan
Next post
Mobil Baru di Diler Harus Ada Lebel Peringkat Keselamatan dari ASEAN NCAP

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *