Home » Berita » Protes Ingub Anies, Ratusan Mobil Tua Berkumpul di Senayan

Protes Ingub Anies, Ratusan Mobil Tua Berkumpul di Senayan

Orasi anggota komunitas mobil tua protes Ingub Anies. (Foto: Carmudi/Rizen)

Jakarta – Ratusan mobil tua melakukan aksi protes Ingub (Instruksi Gubernur) Anies Baswedan soal pelarangan menggunakan mobil berusia di atas 10 tahun, Senayan, Jakarta, Sabtu (17/8/2019). Aksi yang diwarnai orasi dari ratusan anggota komunitas dari berbagai merek dan komunitas mobil tua pun menjadi pemandangan tak biasa di Hari Kemerdekaan ke-74 RI ini.

Pemandangan tak biasa terjadi di hari ini, Sabtu (17/8/2019) pagi di kawasan Senayan, Jakarta. Pasalnya ratusan mobil tua dari berbagai merek dan komunitas turut hadir sembari melakukan orasi. Orasi ini dilakukan sebagai bentuk protes dari Ingub Anies Baswedan yang mengatakan akan melarang mobil berusia di atas 10 tahun melintas di Jakarta.

Komunitas mobil tua protes Ingub Anies. (Foto: Carmudi/Rizen)

Atas Ingub tersebut, para pemilik, pecinta dan pengguna mobil tua pun memberikan kontra. Para pecinta, dan pemilik mobil tua ini pun berkumpul dan menyerukan penolakan Ingub. Beberapa komunitas seperti Jeep Willys, Toyota Corolla, Mercedes-Benz, BMW, Mazda, dan berbagai komunitas retro turut memadati area Parkir Timur Senayan.

“Kami hari ini mau menyerukan penolakan Ingub yang beberapa waktu lalu santer terdengar. Mengapa kami adakan di hari Kemerdekaan? Di hari ini kami ingin menggelar upacara, dan penandatanganan penolakan Ingub. Intinya kami menolak,” kata Harys Presetya, salah satu pengusul acara penolakan Ingub kepada Carmudi.

Agenda berbagai komunitas ini digelar di pagi hari. Para komunitas dari berbagai merek, wilayah, perorangan dan semua orang yang menolak Ingub turut mengikuti acara ini. Acara dibuka dengan orasi lalu dilanjutkan dengan upacara bendera. Kemudian acara berlanjut dengan adanya konvoi dari Senayan menuju kantor Balaikota.

Deretan mobil tua saat protes Ingub Anies. (Foto: Carmudi/Rizen)

Ingub Harus Ditinjau Ulang

Para komunitas ini berharap agar Ingub Anies Baswedan seharusnya ditinjau ulang. “Seharusnya ditinjau ulang. Karena kita lihat berapa banyak mobil di atas 10 tahun yang melintas saat hari kerja. Selain itu, kami pengguna mobil tua juga turut membayar pajak, menguji emisi dan menaati peraturan,” sambung Harys yang juga menjadi anggota Jakarta American Jeep.

Mobil tua saat protes Ingub saat Hari Kemerdekaan RI. (Foto: Carmudi/Rizen)

Beberapa mobil dengan status langka cukup mudah ditemui di acara ini. Ada Toyota Celica, BMW Z3, Chevrolet Corvette Stingray, Nissan GT-R Wagon, Holden Belmont, dan beberapa mobil coupe lainnya. Mobil-mobil dengan status langka ini pun sontak menjadi pusat perhatian di area parkir GBK.

Deretan mobil tua saat protes Ingub di Senayan. (Foto: Carmudi/Rizen)

Menurut Carmudian, bagaimana pelarangan mobil berusia tua ini?

Baca juga:

Pengamat Otomotif: Pembatasan Kendaraan Banyak Imbasnya

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Previous post
Dua Putra Presiden Jokowi Sambangi Kantor Toyota Indonesia, Ada Apa?
ppnbm dihapus
Next post
Perpres Mobil Listrik Sudah Keluar, Bagaimana Langkah Toyota?