Home » Berita » Modal Rp 20 Ribu, Bisa Bikin Mesin Mobil Bersih

Modal Rp 20 Ribu, Bisa Bikin Mesin Mobil Bersih

Jakarta – Membersihkan mesin mobil terkadang menjadi salah satu hal yang dianggap menyulitkan. Karena banyaknya komponen yang berada pada ruang mesin, membuatnya terlihat rumit untuk dibersihkan. Padahal, membersihkan mesin mobil bisa dilakukan sendiri dengan cara mudah dan uang yang dikeluarkan juga hanya sedikit.

Ada sedikit tips untuk membersihkan mesin mobil dengan mudah dan tak mengeluarkan tenaga dan biaya besar. Salah satunya adalah dengan menggunakan asam sitrat. Asam sitrat ini juga lebih sering disebut dengan nama citrun atau citric acid. Bahan kimia ini biasanya digunakan untuk membersihkan pakaian.

Membersihkan mesin mobil
Membersihkan mesin mobil

Asam sitrat ini cukup mudah dijumpai pada toko-toko bahan kimia. Asam sitrat ini merupakan asam organik lemah yang ditemukan pada tanaman genus citrus. Senyawa ini merupakan salah satu bahan pengawet yang baik dan alami. Lalu, apa hubungannya asam sitrat dengan membersihkan ruang mesin? Tunggu dulu, kami akan membeberkan sedikit rahasia.

Berbekal Asam Sitrat, Membersihkan Mesin Mobil Lebih Mudah

Anda dapat menggunakan bahan kimia tersebut untuk menghilangkan noda membandel pada ruang mesin. Caranya pun cukup mudah.  Anda bisa membeli Asam sitrat sekitar Rp 20 ribu per kilogramnya. Atau bisa juga dibeli secara satuan per sachet dengan harga Rp 2-5 ribu. Sangat murah bukan?

Setelah membeli asam sitrat ini, Anda hanya perlu menyiapkan air bersih dan sabun cuci piring cair. Siapkan air bersih lebih kurang setengah liter. Teteskan sabun cuci piring cair sekitar 4 sendok makan ke air bersih tersebut. Setelah itu, campurkan asam sitrat dengan air sekitar 2 sendok makan ke air yang sudah dicampurkan sabun cuci piring cair dan aduk sampai merata.

Membersihkan mesin mobil
Membersihkan mesin mobil

Setelah diaduk hingga rata, air campuran asam sitrat dan sabun cuci piring cair ini tinggal dimasukkan ke dalam semprotan yang biasa digunakan untuk menyemprot tanaman. Jangan lupa, siapkan kuas, lap kering yang bersih dan air bersih. Semprotkan air campuran asam sitrat tersebut ke arah mesin. Setelah disemprot, bersihkan bagian menggunakan kuas yang sudah disiapkan.

Lakukan secara berulang-ulang untuk membersihkan mesin mobil. Kotoran yang sulit membandel pun dengan perlahan akan hilang dengan cairan tersebut. Jika sudah dibersihkan semua, Anda hanya perlu mengelapnya dengan lap kering. Lalu hasilnya? Ruang mesin akan menjadi bersih seperti mendapatkan layanan detailing. Cara ini merupakan cara yang sangat mudah dan ampun untuk membersihkan mesin mobil.

Namun, ada beberapa hal yang harus diingat sebelum membersihkan mesin mobil. Hindari menyemprotkan banyak air ke arah kabel dan saklar. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari korsleting. Jika harus menyemprot bagian kabel, usahakan langsung dibasuh dengan lap kering. Dengan biaya yang murah, dan sedikit niat, membersihkan mesin mobil bukan lagi mitos. Selamat mencoba!(dol)

Mitsubishi Xpander
Previous post
Harga Mobil Bekas Xpander Mulai Diburu, Beda Tipis dengan Baru
Next post
Suzuki Bakal Produksi Jimny di India, Indonesia Juga Punya Peluang