Home » Berita » Model Baru Segera Meluncur, Penjualan Daihatsu Sigra Masih Perkasa

Model Baru Segera Meluncur, Penjualan Daihatsu Sigra Masih Perkasa

Daihatsu Sigra (Foto: Santo/Carmudi)

Jakarta – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Daihatsu melaporkan penjualan ritel (ritel sales) sepanjang Agustus 2019 mengalami peningkatan dibanding bulan sebelumnya. Peningkatan tersebut ditopang oleh naiknya penjualan beberapa model Daihatsu seperti Gran Max (MB), Ayla, dan Terios. Meski ketiga model itu naik, tapi volume penjualan terbanyak masih dipegang oleh Daihatsu Sigra.

Pada periode Agustus 2019, ADM mencatat total angka retail sales (dari diler ke konsumen) mencapai 13.696 unit, sedangkan whole sales (pabrik ke diler) sebesar 15.415 unit. Sebagai perbandingan, di bulan sebelumnya retail sales Daihatsu hanya 12.805 unit, dan whole sales 13.013 unit. Ini memperlihatkan bahwa penjualan ritel Daihatsu di Agustus 2019 mengalami peningkatan sekira 7 persen dibanding Juli. Untuk whole sales naik cukup tinggi yaitu 18,5 persen dibanding bulan Juli.

Penjualan Daihatsu Sigra Masih yang Terlaris

Sampai saat ini model terlaris Daihatsu masih dipegang oleh Sigra. Mobil yang bermain di segmen Low Cost Green Car (LCGC) ini mencatatkan penjualan ritel sebesar 3.795 unit. Angka tersebut turun tipis dibanding penjualan Juli yang mencapai 3.805 unit. Kontribusi Sigra dari total penjualan ritel Daihatsu sebesar 28%.

Selanjutnya model Daihatsu yang juga memberikan kontribusi adalah Gran Max (PU). Sepanjang Agustus mobil pikap ini mampu menyumbang sebanyak 2.989 unit, turun tipis dibanding periode sebelumnya yang terjual sebesar 3.120 unit. Walaupun mengalami penurunan penjualan, Gran Max (PU) masih menjadi salah satu model terlaris Daihatsu dengan menyumbang 22% dari total penjualan ritel Daihatsu.

Kemudian di bawah Gran Max (PU) ada GranMax (MB). Total penjualan mobil niaga itu selama satu bulan sebesar 1.763 unit. Angka tersebut mengalami peningkatan cukup signifikan dibanding Juli yang hanya terjual 1.188 unit. Dengan begitu GranMax (MB) menyumbang 12 persen.

Di posisi selanjutnya ada Daihatsu Ayla dengan jumlah mobil terjual selama Agustus 1.711 unit, bulan sebelumnya 1.654 unit. Daihatsu Ayla menyumbang 13 dari total ritel sales Daihatsu. Terios laku sebanyak 1.643 unit, sedangkan Juli hanya 923 unit. Kontribusinya paling besar yaitu 78%.

Model Daihatsu lain yang turut menyumbang penjualan sepanjang Agustus 2019 yaitu Xenia 1.402 unit, Luxio, Sirion, dan Hi-Max sebanyak 393 unit.

“Kami berharap ke depannya, pencapaian angka retail sales dapat segera mengikuti angka yang telah kami suplai pada bulan berikutnya”, ujar Amelia Tjandra, Marketing Director PT ADM dalam keterangan resmi.

Daihatsu Sigra
Daihatsu Sigra. Foto/Ilustrasi

Daihatsu Sigra Terbaru Siap Meluncur

Daihatsu Sigra pertama kali mengaspal pada 2016, artinya umur mobil keluarga itu sudah 2 tahun lebih. Sejak meluncur pertama kali, Sigra belum pernah mendapatkan penyegaran. Rencananya Daihatsu akan memperlihatkan versi terbaru dari Sigra dalam waktu dekat.

Sesuai dengan undangan yang masuk ke redaksi Carmudi, Daihatsu Sigra terbaru meluncur Senin, 16 September 2019. Lokasi peluncuran berada di salah satu pusat perbelanjaan ternama di wilayah Tangerang.

Masih di hari yang sama, setelah Daihatsu Sigra terbaru resmi mengaspal, akan dilanjutkan dengan peluncuran saudara kembarnya yaitu Toyota Calya. Seremonial peluncuran Calya terbaru digelar di tempat yang berbeda.

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Harga Daihatsu Sigra 2019 di Indonesia, Mobil Keluarga Murah Meriah

Previous post
Meski Mobil 'Legend', Penjualan Toyota Corolla Altis Tidak Banyak
Next post
Hadir di GIIAS Makassar 2019, Wuling Motors Tawarkan Kemudahan Beli Mobil