Berita Modifikasi Sepeda motor Sumber informasi

Modifikasi Futuristik Honda Vario 150, Kaki-Kaki Pakai Air Suspension

Honda Vario 150 berkonsep low rider big scooter

Honda Vario 150 berkonsep low rider big scooter (Foto: Santo/Carmudi)

Jakarta – Sepeda motor jenis apapun kalau sudah berada di tangan Peterson Rivai selaku punggawa Zone Modified Project, Bandung pasti akan tampil, lebih menarik. Seperti Honda Vario 150 yang belum lama ini digarapnya dalam rangka menyambut kedatangan Vario terbaru. Mengusung konsep low rider big scooter, tampilan skuter matik (skutik) ini dibuat seminimalis mungkin supaya ciri khas dari Vario tidak hilang. Dipadu oleh sejumlah perangkat aftermarket, kini Honda Vario 150 terlihat futuristik dibanding tampang standarnya.

Untuk merubah Honda Vario standar pabrikan hingga terlihat seperti sekarang ini Peterseon mengaku mengerjakannya dalam waktu singkat sekira 1,5 bulan saja. Mengejar tampilan futuristik, di body sepeda motor ditambahkan beberapa aksesori. Salah satunya terlihat di emblem Vario dan deck tengah yang sudah di custom lalu ditambahkan pencahayaan berwarna merah berasal dari lampu LED.

Honda Vario 150 berkonsep low rider big scooter

Honda Vario 150 berkonsep low rider big scooter (Foto: Santo/Carmudi)

“Tampilan dibuat seminimalis mungkin dengan perpaduan warna putih dan hitam serta dilengkapi dengan lampu LED merah untuk menambah kesan futiristik, ujar Peterson.

Tak ketinggalan bagian joknya pun dirombak menjadi tampak sporty. Material kullit berwarna hitam dengan jahitan menonjol dipilih Peterson supaya terlihat menyatu dengan body. Beda dari jok standar pabrikan, bagian tengahnya terdapat benjolan supaya pengendara lebih nyaman ketika duduk.

Logo Vario dengan pencahayaan berwarna merah

Logo Vario dengan pencahayaan berwarna merah (Foto: Santo/Carmudi)

Memperkuat konsep yang diusungnya, tubuh Vario dibuat rendah lalu dibekali pelek lebar berukuran 13 inci dan dibarengi dengan penggunaan ban yang juga punya dimensi lebar berukuran 130/60-13 di roda depan dan 140/60-13 pada roda belakang. Tak sampai disitu sistem pengeremannya menggunakan rem cakram (disc brake) dengan diameter besar.

Mesin Honda Vario

Mesin Honda Vario (Foto: Santo/Carmudi)

Satu lagi yang membuat Honda Vario 150 ini menjadi lebih menarik yaitu penggunaan air suspension di kaki-kaki depan dan belakang. Penggunaan air suspension dimaksudkan untuk mengatur ketinggian body sepeda motor sehingga tidak terlalu dekat dengan aspal. Di samping itu juga untuk mempermudah pengemudi ketika mengendarainya. Supaya terlihat rapih, kompresor bersama dengan tabung tempat menampung udara diletakkan di ruang penyimpanan barang dibawah jok.

“Motor ini dibuat dengan ground clearance yang rendah dengan teknologi ais suspension. Posisi motor bisa dinaikkan saat akan dikendarai agar tetap nyaman dan aman,” terang Peterson.

Kompresor dan tabung air suspensi Honda Vario 150

Kompresor dan tabung air suspensi Honda Vario 150 (Foto; Santo/Carmudi)

Dari semua gubahan yang dilakukan oleh Peterson, bagian yang tersulit adalah kaki-kaki. “Bikin kaki-kaki karena piringan rem cakramnya pakai yang lebar jadi model-model buell gitu,” tutup dia.

Roda depan Honda Vario 150

Roda depan Honda Vario 150 (Foto: Santo/Carmudi)

Berikut Data Lengkap Modifikasi Honda Vario 150:

Ban: Tubeless Tire Pirelli Evo22 130/60 13 (depan) dan Tubeless Tire Pirelli Ev022 140/60 13 (belakang)
Velg : FR Cast Wheel 2.50 13 inch (depan) dan Cast Wheel 3.00 13 inch (belakang)
Suspensi: Custom Air suspension
Knalpot : Exhaust Silencer & Pipe ProSpeed Scooter Series
Pengereman: Custom Wide Double di roda depan dan single Disk Brake di roda belakang.
Perangkat lainnya: Custom Engine Mounting 6 inch, Custom LED Works, Custom Fiber Fender, Custom Seat MB Tech, Double Brake Master Set R/L, CNC End Bar Back Mirror R/L, Custom Short Side Stand, CNC Hand Grip R/L, Brake Hose, CNC Hook, Custom Air Filter, Vario 150 & Honda Wing 30 Emblem, Visor, Garnish Headlight, Garnish Radiator by Honda Genuine Accessories, dan Airbrush.

Knalpot dan roda belakang Honda Vario

Knalpot dan roda belakang Honda Vario (Foto: Santo/Carmudi)

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts