Modifikasi

5 Modifikasi Gran Max PU yang Simpel Tapi Keren

Modifikasi Daihatsu Gran Max Pick Up (PU) cukup banyak diminati. Ada banyak macam modifikasi Gran Max PU yang bisa dipilih sesuai selera pemiliknya, dari modif simpel hingga ‘nyentrik’.

Sebagian pecinta modifikasi mobil mungkin belum tahu ataupun tidak membayangkan Gran Max PU dimodifikasi. Memang, tidak banyak orang kepikiran untuk memodifikasi kendaraan-kendaraan niaga seperti Gran Max PU ini.

Modifikasi Gran Max PU. (Foto: HSR Wheel)

Meskipun mobil tersebut diperuntukan untuk mengangkut barang, bukan berarti tidak bisa tampil keren lewat modifikasi. Biaya untuk modifikasi Gran Max PU pun dinilai terjangkau, tidak sampai puluhan juta tergantung dari jenis modifikasi yang dipilih.

Modifikasi Simpel Daihatsu Gran Max PU

Memodifikasi mobil tidak hanya membuat tampilannya jadi keren, tapi juga bisa meningkatkan kepercayaan diri setiap pemilik mobil, tidak terkecuali pemilik Daihatsu Grand Max PU. Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang ingin memodifikasi mobilnya.

Bagi yang tertarik memodifikasi Gran Max PU, Carmudi telah rangkum beberapa modifikasi simpel mobil ini yang bisa jadi referensi sebagaimana dilansir dari berbagai sumber.

Modifikasi Dengan Cutting Stiker

Modifikasi pakai cutting sticker. (Foto: blacksheepsticker)

Modifikasi simpel Gran Max pertama yang bisa dipilih yaitu dengan memasang cutting stiker. Pemasangan stiker pada mobil ini bisa dilakukan sesuai selera Carmudian.

Jika ingin sederhana, Carmudian dapat memilih tema stiker tulisan tentang kata-kata bijak, motivasi, dan lainnya. Namun bagi Carmudian yang ingin modifikasi mobilnya lebih meriah, bisa pilih tema stiker bergambar tokoh Indonesia, superhero, atau tokoh anime.

Perlu diketahui sebelum memasang cutting stiker pada mobil, perhatikan kombinasi warna stiker dengan warna eksterior mobilnya. Beruntung bagi pengguna Gran Max PU karena mobil tersebut hanya mempunyai tiga warna eksterior, yaitu hitam, putih, serta abu-abu sehingga mudah mengkombinasikan warna stiker dengan warna eksterior mobil ini.

Jika warna eksteriornya hitam, disarankan Carmudian memilih warna-warna stiker yang cerah, seperti putih, biru muda, kuning, dan sebagainya agar terlihat menonjol tapi tidak norak. Bagi yang bingung lokasi pemasangan stikernya, dapat dipasang di salah satu bagian bodi mobil. Bisa di bagian depan, tengah, atau belakang bagi yang ingin simpel.

Buat yang ingin lebih meriah, dapat memasang stiker di seluruh bagian bodi mobil, dari bagian depan hingga belakang. Namun, siap-siap mengeluarkan biaya cukup banyak untuk pemasangan stiker ini.

Dipasang Pelek Besar

Modifikasi kedua yaitu mengganti pelek Gran Max PU dengan pelek yang berukuran besar. Sebelum pemasangan pelek ini, sebaiknya Carmudian mengetahui lebih dulu spesifikasi pelek standar mobilnya.

Pada umumnya, pelek Daihatsu Gran Max PU menggunakan jenis kaleng atau steel wheel dengan diameter 13 inci dan lebar 5 inci. Selain itu, pelek tersebut mempunyai lima lubang baut yang masing-masing berjarak 114 mm.

Ini berarti PCD (Pitch Circle Diameter) pelek Gran Max PU adalah 5×114. Saat memilih pelek aftermarket untuk modifikasi mobil ini, pastikan peleknya memiliki PCD tersebut.

Selain itu, pilih pelek dengan ukuran dua inci lebih dari ukuran standarnya kalau tidak ingin mengubah sistem suspensi mobil. Jika Gran Max PU punya ukuran diameter pelek 13 inci dan lebar 5 inci, berarti pilih pelek untuk modifikasinya berukuran 15 inci serta lebar 7 inci.

Namun, ada sebagian pemilik Gran Max PU yang memilih pelek dengan ukuran tiga hingga lima inci lebih dari ukuran standarnya. Tapi perlu diketahui resikonya, yaitu perlu dilakukan penyesuaian pada sistem suspensi mobil.

Hal ini bertujuan agar ban dan pelek mobil tersebut dapat berputar dengan baik di berbagai medan jalan, serta saat mengangkut barang.

Menggunakan Bodykit

Modifikasi dengan bodykit.

Modifikasi selanjutnya yakni dengan memasang bodykit pada Gran Max PU. Modifikasi ini dapat membuat bodi mobilnya jadi terlihat lebih dekat dengan aspal jalan. Bagi yang ingin modifikasi simpel Gran Max PU dengan bodykit, dapat dipasang bodykit-nya untuk beberapa bagian saja seperti bemper depan dan belakang.

Selain itu, ada juga yang modifikasi mobil ini dengan menggunakan pagar Gran Max, di mana biasanya dipasang sebagai pembatas di bak belakang mobil agar barang bawaan di bak tersebut tidak jatuh selama perjalanan.

Modifikasi Ceper

Modifikasi ceper.

Meski Grand Max PU adalah kendaraan niaga untuk mengangkut berbagai macam barang, tidak ada salahnya memilih modifikasi yang membuat mobilnya jadi ceper. Modifikasi ini cukup banyak dipilih karena dinilai dapat membuat tampilan mobil jadi terlihat jauh lebih keren.

Namun yang harus diketahui, jangan membuat mobil terlalu ceper. Jika terlalu ceper, mobilnya tidak bisa digunakan untuk mengangkut barang karena ban mobil ini mentok dengan fender.

Cara untuk membuat ceper Gran Max PU yaitu memotong ulir per depan serta belakang. Panjang ulir yang dipotong bisa disesuaikan dengan keinginan Carmudian. Jangan terlalu panjang ulir yang dipotong agar mobil ini tidak terlalu ceper.

Adapun pilihan keduanya yakni dengan mengganti per mobil dengan per dari mobil lain. Misalnya, diganti dengan per Toyota Avanza untuk membuat mobil jadi sedikit lebih pendek dari biasanya alias ceper sesuai keinginan.

Jika Carmudian tidak ingin memotong ataupun mengganti per mobilnya, dapat memilih opsi lain yaitu memasang bodykit seperti yang sempat disinggung sebelumnya, di mana cukup dipasang di bemper bagian depan serta belakang.

Modifikasi Interior Mobil

Modifikasi interior Gran Max PU. (Foto: Cintamobil)

Sebelum-sebelumnya, Carmudi menginformasikan macam-macam modifikasi simpel Daihatsu Gran Max PU khusus untuk bagian eksteriornya. Bagian interior mobil ini nyatanya juga bisa dimodifikasi agar terlihat lebih keren dan menarik.

Sebagai mobil jenis pikap, Gran Max PU hanya mempunyai dua tempat duduk; satu pengemudi dan satu penumpang. Dengan demikian, modifikasi mobil ini dapat lebih murah biayanya jika dibandingkan dengan mobil lain jenis van atau yang memuat penumpang banyak.

Untuk modifikasi interior Grand Max PU, tidak dapat dilakukan sembarangan. Pertama, Carmudian harus tentukan bagian interior mobil yang ingin dimodifikasi.

Jika ingin modifikasi di bagian jok kursi, Carmudian dapat memasang cover jok ini dengan teknik semi permanen atau paten. Lalu, tentukan bahan pelapis joknya. Disarankan, memakai bahan kulit sintetis yang perawatannya mudah dan tidak sulit dibersihkan saat terkena noda.

Selain itu, tentukan juga kombinasi warna bahan pelapis jok ini. Bagi yang ingin sederhana, dapat memilih warna hitam, merah, dan sebagainya. Jika ingin lebih meriah, pilih warna-warna nyentrik seperti kuning, hijau neon, dan lainnya. Langkah terakhir yaitu tentukan motif jahitnya.

Ini bisa disesuaikan dengan selera Carmudian, bisa model wajik, atau garis lurus bernuansa balapan. Model-model ini dapat membuat ruang kabin mobil tidak hanya jadi lebih menarik, tapi juga lebih modern.

Jika Carmudian punya bujet lebih, bisa tambahkan fitur di kabin mobilnya, seperti head unit single din atau 2 din, sistem audio, tweeter, subwoofer, atau lainnya. Bisa juga tambahkan lampu warna-warni bagi yang ingin interior mobilnya lebih meriah.

>>>> Cek deretan mobil Daihatsu Gran Max baru maupun bekas terbaik di sini!

Penulis: Nadya Andari
Editor: Dimas

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts