HomeSepeda motorModifikasi Honda Vario 150, Dari Simpel Hingga Anti Mainstream

Modifikasi Honda Vario 150, Dari Simpel Hingga Anti Mainstream

modifikasi honda vario 150
Modifikasi Honda Vario 150 bervariasi. (Foto: Santo/Carmudi)

Jakarta – Modifikasi motor menjadi suatu kegiatan atau hobi yang tidak bisa ditinggalkan oleh pengguna kendaraan tersebut. Salah satu motor yang banyak dilakukan modifikasi yaitu Honda Vario 150.

Vario 150 banyak diminati oleh para konsumen di Indonesia. Motor tersebut dikenal memiliki mesin yang bertenaga kuat, namun konsumsi bahan bakarnya tetap irit.

Selain itu, Vario 150 mempunyai desain yang modern dan kekinian, serta sudah dibekali berbagai fitur cukup lengkap dan canggih.

Meski Vario 150 bawaan pabrik sudah bagus, namun ternyata masih banyak pemiliknya yang ingin memodifikasi motor tersebut agar terlihat lebih keren.

Jika membahas modifikasi Honda Vario 150, memang tidak ada habisnya karena modifikasi motor ini bervariasi.

Terdapat banyak hal yang bisa dilakukan saat ingin modifikasi Vario 150, seperti melakukan ubahan di bagian mesin, bodi, ataupun aksesoris motor tersebut.

Carmudi rangkum beberapa modifikasi yang bisa dilakukan oleh para pengguna Honda Vario 150 sebagai berikut.

Modifikasi Honda Vario 150

Hasil modifikasi Honda Vario 150. (Foto: gridoto)

Modifikasi Kaki-Kaki Honda Vario 150

Bagian kaki pada Vario 150 menjadi salah satu modifikasi yang mudah dilakukan oleh penggunanya.

Modifikasi kaki motor ini seperti memilih konsep motor matik dengan kaki-kaki gambot, atau bisa dimodifikasi ala motor drag yang menggunakan ban berukuran kecil.

Namun perlu diketahui, untuk modifikasi kaki-kaki Vario 150 perlu dilakukan secara matang.

Modifikator perlu memikirkan profil ban serta bahan pelek motor tersebut. Motif pelek yang dipilih menjadi kunci modifikasi Vario 150 terlihat apik.

Selain itu, biasanya pengguna Vario 150 yang melakukan modifikasi kaki-kaki juga mengganti bagian knalpot karena merupakan salah satu pendukung kaki-kaki motor.

Untuk bagian knalpot ini, modifikator dapat memilih produk aftermarket yang dijual di pasaran. Jika ingin yang beda, bisa mencari bengkel custom untuk membuat desain knalpot sesuai keinginan, seperti dibuat berisik, senyap, ataupun ngebas.

Salah satu tren yang banyak dilakukan adalah menggunakan knalpot Honda CBR 250 RR.

Desain knalpot milik CBR 250 RR dengan 2 lubang terkesan sangat sporty, sehingga menjadi alasan utama knalpot motor tersebut banyak digunakan untuk modifikasi Honda Vario 150 ini.

Di sisi lain, modifikator juga bisa memilih knalpot racing. Salah satu knalpot racing yang dinilai handal dan mumpuni yaitu knalpot R9.

Namun harganya cukup mahal, yakni berkisar Rp900 ribuan. Selain membuat tampilan motornya jadi lebih keren, menggunakan knalpot racing ini dapat mempengaruhi performa Vario 150 jadi lebih baik.

Baca juga:

Honda Jadi Merek Sepeda Motor yang Direkomendasikan Pelanggan

Modifikasi Suspensi Honda Vario 150

Honda Vario 150 memiliki beberapa kekurangan, salah satunya adalah bagian suspensinya yang sangat keras. Maka, tidak heran jika banyak pengguna motor tersebut langsung mengganti suspensinya meski baru membeli motornya.

Perlu diketahui, suspensi bagian belakang Vario 150 dikenal keras. Cara paling gampang agar suspensinya jadi empuk adalah dengan memasang suspensi aftermarket.

Model suspensi aftermarket ini bermacam-macam dan harganya pun bervariasi. Kekurangan lain dari Vario 150 adalah adanya suara ‘gredek’ pada mesinnya.

Pengguna motor tersebut dapat membersihkan bagian CVT dari debu yang menempel untuk menghilangkan suaranya.

Jika masih terdengar, sebaiknya mengganti kampas kopling dengan milik Yamaha NMax. Hal ini disebabkan kampas kopling motor tersebut berukuran lebih panjang dan bisa langsung dipasang.

Selain itu, bidang kampasnya juga lebih panjang, sehingga cengkeraman ke mangkok kopling bisa semakin baik.

Suara gredek pada mesin Vario 150 pun dapat diminimalisir, atau bahkan bisa hilang. Namun, harga kampas kopling NMax lumayan mahal, berkisar 350 hingga 373 ribu.

Modifikasi Mesin

Mesin menjadi bagian kendaraan motor yang selalu menarik untuk dibahas, termasuk modifikasinya. Bagi yang tertarik untuk meningkatkan performa Honda Vario 150, dapat melakukan bore up pada mesin motor tersebut.

Beberapa penggunanya ada yang melakukan upgrade mesin Vario 150 menjadi 180 cc. Mereka mengganti blok mesin dan piston lansiran BRT. Kemudian, kepala silinder dipapas sedikit atau bahasa kerennya diporting polish.

Hal ini bertujuan agar bahan bakar dan udara bisa lancar dan cepat masuk, sehingga pembakarannya dapat bekerja secara sempurna. Selain itu, durasi cam dibuat naik 2 derajat yang membuat kompresinya jadi semakin tinggi.

Setelah itu, throttle bodi diganti dengan ukuran yang lebih besar. Bagian lainnya yang bisa diganti adalah ECU racing dan jeroan CVT dengan ukuran 11 gram.

Kampas gandanya dapat diganti juga dengan peranti aftermarket. Saat modifikasi mesin Vario 150 ini, jangan lupa untuk modifikasi bagian cakramnya.

Jika tenaga mesinnya semakin besar, bagian pengeremannya tidak bisa dikompromi. Pengemudi pun bisa melakukan pengereman secara mendadak dengan nyaman dan aman.

Untuk biaya modifikasi pada bagian mesin Vario 150 sendiri, seharga berkisar Rp5 jutaan. Modifikasi ini diklaim dapat membuat motor tersebut melaju dengan kecepatan lebih tinggi dibandingkan motor 150 cc lainnya.

Perombakan Ala Touring

Modifikasi ala touring. (Foto: aufaproject)

Seperti sudah dijelaskan di atas, Honda Vario 150 memiliki mesin yang bertenaga kuat, sehingga banyak penggunanya yang memakainya untuk perjalanan jarak jauh.

Oleh karena itu, modifikasi ala touring bisa menjadi salah satu modifikasi pada Vario 150 yang tepat.

Modifikator dapat menambahkan braket single box di bagian belakang atau memasang pannier/side box di bagian samping agar motor ini terlihat gambot.

Jika tidak ingin memakai box, dapat memasang braket di bagian depan untuk fog lamp (lampu kabut). Lampu tersebut akan sangat berguna saat Vario 150 dibawa berkendara di malam hari. Untuk lebih mempermanis tampilan motor tersebut, modifikator dapat mengganti windshield dengan ukuran sedang.

Baca juga:

Harga All New Honda CBR150R Rp35 Jutaan, Apa yang Menarik?

Modifikasi Ala Babylook

Modifikasi ala babylook. (Foto: youtube)

Modifikasi ini dinilai mengusung bentuk yang lebih santai dan tidak terlalu mengubah bentuk awal Honda Vario 150.

Modifikasi ala babylook cukup dengan mengganti beberapa bagian bodi motor hingga jadi lebih ramping serta berwarna cerah atau mencolok.

Pemilihan warna cerah bisa dipadukan sebagai pelapis bodi motor. Selain itu, juga mengganti shockbreaker dengan bentuk tabung. Jika ingin lebih bergaya, bisa mengganti pelek dan jari-jari Vario 150.

Modifikasi babylook ini cocok untuk kaum perempuan yang ingin mengubah tampilan motornya jadi lebih feminim serta modis. Untuk membuatnya jadi lebih modern, modifikator bisa memberikan alas bulu pada bagian dudukan kaki.

Modifikasi Thailook

modifikasi Thailook. (Foto: motorplus)

Modifikasi Thailook bisa menjadi pilihan tepat bagi yang ingin mengubah Honda Vario 150 secara total.

Namun, modifikator harus menyiapkan bujet besar untuk melakukan modifikasi ini karena pastinya banyak pembaruan yang akan dilakukan pada motornya.

Ini mulai dari mengubah bodi Vario 150 dengan membuka rangka samping bagian belakang serta bagian tengahnya agar terlihat ramping.

Selain itu, juga mengganti warnanya dengan warna yang terang untuk memperlihatkan kesan futuristik. Di sisi lain, bumper depan turut dilakukan modifikasi dengan membukanya, serta membiarkan roda tanpa pelindung

Beberapa modifikator ada yang membuka rangka lampu depan dan menggantinya dengan bahan lain yang lebih berkualitas. Dengan demikian, modifikasi ini membuat Honda Vario 150 tidak hanya terlihat futuristik, tetapi juga unik.

Penulis: Nadya

Editor: Lesmana

Mobil Daihatsu Terlaris
Previous post
Mobil Daihatsu Terlaris Sepanjang 2020, Bukan Xenia
Mobil Porsche
Next post
Mobil Porsche Paling Laris di Dunia Sepanjang 2020

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *