Modifikasi

Modifikasi Motor Listrik Pakai Electric Kit, Siapkan Dana Segini

Jakarta – Saat ini modifikasi motor listrik bukan sesuatu yang mustahil untuk dilakukan. Bahkan komponennya bisa langsung dipasang alias plug n’ play.

Modifikasi yang dimaksud adalah mengkonversi sepeda motor bermesin pembakaran internal menjadi tunggangan bebas polusi. Caranya tentu dengan mengganti mesin lama dengan seperangkat electric kit.

Modifikasi Motor Listrik

(Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Di dalam electric kit itu terdapat baterai, controller, dan dinamo atau motor.

“Untuk konversi sebenarnya gampang karena hanya butuh tiga komponen tadi. Tapi untuk saat ini rasanya hanya cocok untuk hobi, ya,” terang Hendro dari Komunitas Sepeda/Motor Listrik Indonesia (KOSMIK), Jumat (24/4/2021).

Hendro menambahkan, agar motor listrik hasil modifikasi bisa digunakan secara legal di jalan raya masih harus menunggu sejumlah peraturan untuk menaunginya.

Honda BeAT “Listrik”

Terlepas dari hal itu, beberapa contoh hasil modifikasi motor listrik bisa ditemui di booth KOSMIK yang berada di area test ride IIMS Hybrid 2021 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Di mana salah satu satunya menggunakan basis skuter matik Honda BeAT.

Kalau dilihat sekilas, tampang Honda BeAT “listrik” ini tak jauh berbeda dengan BeAT generasi kedua pada umumnya. Bedanya sudah tak ada lagi mesin 110 cc dan CVT yang berguna menggerakkan roda belakang.

Motor Listrik Honda BeAT

Komponen-komponen tersebut diganti dengan electric kit. Dari sisi performa bisa dibilang jauh lebih meningkat. Carmudi sempat mencicipi tarikannya yang ternyata sangat responsif.

Wajar saja, menurut Hendro, Honda BeAT “listrik” ini memang dibangun untuk kompetisi balap. “Sekarang sudah ada kelasnya motor listrik FFA (Free For All),” sambung pria ramah tersebut.

Untuk itu biaya yang dibutuhkan mencapai Rp40 jutaan. Tapi sebenarnya urusan dana bisa diatur sesuai kondisi kantong. Karena ada hasil modifikasi lainnya yang hanya menghabiskan dana Rp15 jutaan.

Modifikasi Motor Listrik Pakai Electric Kit

Vespa Listrik Elders Garage

(Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Dalam pameran yang berlangsung hingga 25 April ini, Carmudian juga bisa melihat electrickit dipasarkan secara langsung.

Elders Garage, sebuah workshop sepeda motor custom asal Jakarta menjadi pihak yang melakukannya.

Ada tiga spesifikasi electric kit yang ditawarkan dengan harga mulai Rp17 juta sampai 25,8 juta. Perbedaan utama dari paket electric kit itu terdapat pada kapasitas baterai dan kekuatan motor listriknya.

Paket tersebut dipertuntukkan bagi skuter klasik small frame ataupun large freme.

Electric Kit Vespa Elders

Ambil contoh paket paling murahnya yang dijual dengan harga Rp17 juta. Di dalamnya berisi baterai 60v 15ah dan motor 1 kw. Kecepatan maksimum yang bisa dicapainya antara 50-55 km per jam dengan jarak tempuh maksimum antara 35-40 km dengan Eco Mode.

Kemudian untuk paket dengan harga Rp21,8 juta dilengkapi baterai 60v 24h dan motor 2 kw. Dengan spesifikasi seperti itu motor bisa mencapai kecepatan 60-65 km per jam dan jarak tempuh maksimum 45-50 km.

Terakhir adalah paket yang paling mahal dengan harga Rp25,8 juta. Berisi baterai 72v 24ah yang bisa diajak ngebut sampai 75-80 km per jam. Sedangkan jarak tempuhnya sekitar 60-75 km.

Untuk paket menengah dan yang paling mahal sudah dilengkapi controller dengan dukungan Bluetooth.

Baca Juga:

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts