Modifikasi

Modifikasi Motor untuk Jualan Bikin Usaha Tambah Lancar

Modifikasi motor untuk jualan kerap dilakukan oleh mereka yang hendak merintis usaha. Ada banyak jenis ubahan yang bisa dilakukan, mulai dari sebatas pemasangan saddle bag hingga membuat etalase berjalan.

Kira-kira modifikasi apa yang cocok untuk bisnis Anda?

Modifikasi Motor untuk Jualan

(Foto: BMK)

Dunia otomotif telah mendatangkan banyak manfaat bagi kehidupan sehari-hari. Bukan hanya sebagai penunjang mobilitas, tapi juga sarana mempertebal pundi-pundi pribadi.

Seperti bisa dilihat, dalam beberapa tahun belakangan semakin banyak orang memanfaatkan motornya untuk menambah penghasilan dengan menjadi pengemudi ojek daring (online). Walaupun, dalam hal tersebut teknologi juga memainkan peran penting.

Cara lain memanfaatkan motor untuk mendapatkan uang ialah dengan berdagang alias jualan.

Modifikasi Motor untuk Jualan

Tergantung dari jenis usahanya, Anda bisa saja berjualan menggunakan sepeda motor dengan kondisi apa adanya. Maksudnya tanpa melakukan modifikasi apapun. Tapi di lain sisi ada jenis usaha yang justru sebaliknya.

Modifikasi akan dibutuhkan agar Anda lebih mudah membawa barang dagangan sekaligus menyajikannya kepada calon pembeli. Adapun beberapa keunggulan berjualan menggunakan sepeda motor adalah sebagai berikut.

Keuntungan dan Kekurangan Berjualan Menggunakan Motor

Menjangkau Area Lebih Luas

Hal ini adalah keuntungan utama yang bisa Anda dapat. Sepeda motor memungkinkan Anda menawarkan barang dagangan ke area yang lebih luas. Dengan jangkauan yang lebih luas harapannya akan lebih banyak pula pembeli yang bisa didapat.

Hemat Tenaga

Menekuni dunia wirausaha tentunya akan menguras banyak tenaga. Pasalnya, pada fase-fase awal terkadang semua urusan mesti dilakukan sendiri. Nah, penggunaan sepeda motor untuk menawarkan barang dagangan bisa membantu Anda lebih hemat tenaga saat harus ke sana kemari.

Lebih Cepat

Dalam beberapa jenis usaha, sepeda motor lebih berfungsi sebagai sarana untuk mengantar barang. Hal tersebut adalah keputusan tepat khususnya untuk jarak dekat. Penggunaan kendaraan jenis lain, misalnya motor roda tiga atau mobil terkadang justru merepotkan di kondisi-kondisi jalan tertentu.

Ada Pengeluaran Tambahan

Terlepas dari keuntungan-keuntungan yang ditawarkannya, berjualan dengan sepeda motor juga ada kekurangannya. Sebagai contoh ialah adanya biaya tambahan yang mesti dikeluarkan secara rutin. Biaya tersebut meliputi uang bensin dan perawatan.

Ide Usaha Pakai Motor

Tidak semua orang yang ingin menjalani bisnis mengetahui hal apa yang akan ditawarkannya. Sebenarnya hal ini bisa dikembalikan lagi pada minat dan potensi pasar yang ditangkap.

Pada dasarnya produk itu sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu jasa atau barang. Contoh produk berbentuk barang yang sering ditawarkan menggunakan sepeda motor ialah kuliner, mulai dari bakso, siomay, donat, dan sebagainya.

Sementara untuk produk jasa di antaranya servis arloji atau permak celana denim. Selain itu tentunya masih banyak jenis usaha lainnya.

Contoh lain, penulis pribadi memiliki langganan montir panggilan yang menyulap sepeda motornya menjadi bengkel berjalan. Honda Vario yang digunakannya mendapat tambahan beberapa boks untuk membawa peralatan kerja yang dibutuhkan.

Jenis usaha yang bisa Anda coba, di antaranya:

  • Jualan kuliner
  • Servis arloji
  • Permak denim
  • Jualan perabot
  • Antar galon
  • Antar gas
  • Jualan buah
  • Jualan pakaian
  • Montir keliling
  • Dagang koran

Dari jenis usaha yang dipilih nantinya akan dibutuhkan modifikasi motor untuk jualan dengan bentuk yang berbeda. Bisa jadi modifikasinya tak membutuhkan banyak perubahan. Tapi bisa juga sebaliknya.

Contoh Modifikasi Motor untuk Jualan

Sebagai gambaran, Carmudi telah mengumpulkan contoh modifikasi yang dimaksud. Sekaligus informasi mengenai biaya dan keunggulan serta kekurangannya.

Pada prinsipnya modifikasi motor untuk jualan bertujuan menambah daya angkut yang dimiliki motor tersebut. Langkah selanjutnya ialah menyesuaikan sepsifikasi dengan barang dagangannya.

Untuk lebih jelas mari lihat contoh modifikasinya.

Pemasangan Saddle Bag

Saddle Bag Jualan

(Foto: Tokopedia)

Saddle bag adalah tas tambahan yang bisa Anda taruh di jok belakang sepeda motor. Tas tersebut memiliki dua buah kantong di sebelah kiri dan kanannya. Penggunaan saddle bag adalah modifikasi yang sangat sederhana.

Tas tersebut pun bisa dibongkar pasang dengan mudah. Di pasaran harganya pun relatif terjangkau, yaitu mulai dari Rp175 ribuan. Tapi tentunya tak semua jenis usaha cocok menggunakan modifikasi semacam ini.

Fungsi tas tersebut tak lebih dari sebatas pembawa barang. Anda bisa saja menggunakannya jika berjualan sayur mayur, koran, atau perabot rumah tangga ringan.

Tapi pikir-pikir lagi jika berencana menggunakannya untuk berjualan makanan. Terutama yang membutuhkan kompor untuk memasak atau menghangatkannya.

Perlu diketahui juga biasanya saddle bag tersebut terbuat dari kanvas sehingga tidak tahan air. Walaupun beberapa jenis produk ada juga yang dibuat menggunakan bahan terpal.

Gerobak Etalase Kayu

Gerobak Motor Kayu

(Foto: Gerobak Hoki)

Modifikasi semacam ini mungkin sudah tak asing bagi sebagian orang. Yaitu sepeda motor dengan penambahan gerobak etalase di bagian belakangnya. Modifikasi ini banyak digunakan oleh mereka yang menawarkan usaha makanan.

Bukan tanpa alasan, pemasangan gerobak etalase memungkinkan adanya kompor yang berguna untuk menghangatkan makanan. Berdasarkan pantauan, rupanya ada beberapa jenis gerobak etalase berdasarkan bahannya.

Salah satu bahan yang tersedia adalah berbahan kayu. Mesti diakui tampilannya memang terlihat lebih menarik dan terkesan antik. Tapi sebaiknya Anda juga mempertimbangkan beberapa kekurangannya.

Pertama adalah soal bobot. Seperti diketahui kayu bukanlah material yang ringan. Dengan dimensi sebesar itu tentunya akan membuat sepeda motor yang digunakan semakin berat.

Hal ini pada akhirnya akan ikut memengaruhi pengendalian atau keseimbangan. Belum lagi ditambah barang-barang yang akan Anda bawa selama menjajakan dagangan tersebut.

Selain itu, bahan kayu juga terkenal rentan terhadap cuaca terutama hujan. Jika dibiarkan terlalu sering terkena guyuran air hujan maka bisa-bisa kayunya menjadi keropos.

Gerobak semacam ini bisa didapat mulai harga Rp1,2 jutaan kalau melihat beberapa produk yang dijual di situs jual beli online.

Gerobak Etalase Aluminium

Gerobak Motor Aluminium

(Foto: Pinterest)

Model lain dari gerobak semacam ini ialah menggunakan bahan aluminium. Menurut penilaian kami penggunaan material ini akan memberikan beberapa keuntungan tersendiri.

Dari segi bobot bisa jadi akan lebih ringan. Aluminium sendiri banyak digunakan di berbagai sektor industri karena alasan tersebut. Selain itu, aluminium juga lebih tahan terhadap cuaca.

Berbeda dengan steel atau besi yang mudah berkarat, aluminium tahan terhadap hal ini. Walaupun bukan berarti anti karat seratus persen.

Kekurangannya terdapat pada segi harga. Berdasarkan penelusuran di beberapa toko online, gerobak etalase aluminium dijual dengan harga mulai Rp1,6 juta. Sedikit lebih mahal dibanding gerobak etalase dari bahan kayu.

Bahan apa yang harus dipilih dikembalikan lagi kepada Anda. Tapi ada beberapa hal yang mesti dipertimbangkan sebelum memilih produknya. Salah satunya pastikan proses bongkar pasangnya mudah dilakukan.

Hal ini akan terasa manfaatnya jika suatu saat Anda ingin menggunakan sepeda motor sebagaimana umumnya atau melakukan perawatan rutin.

Modifikasi Motor Bebek Roda Tiga

Modifikasi Motor untuk Jualan

(Foto: BMK)

Modifikasi motor untuk jualan yang selanjutnya tergolong unik. Dikatakan demikian karena perubahan yang dilakukan tergolong masif, yaitu mengubah motor bebek menjadi motor niaga roda tiga.

Sebenarnya di pasaran cukup banyak beredar motor niaga seperti ini. Beberapa brand yang fokus memasarkannya antara lain Viar, Nozomi, atau Kaisar. Permasalahannya harga motor roda tiga tidak bisa dibilang murah.

Harga baru motor semacam ini berada di rentang Rp18 jutaan sampai Rp30 juta. Kaisar Triseda menjadi salah satu pilihan dengan harga terjangkau. Sementara produk yang bisa dibilang paling mahal adalah View New Karya 300 dengan banderol Rp30 jutaan.

Pedagang yang skala usahanya belum seberapa mungkin akan pikir berkali-kali untuk membeli motor ini. Sebenarnya jika mau harga lebih murah bisa menengok ke pasar motor bekas. Tapi mungkin harganya juga tak banyak berkurang.

Jika kondisinya demikian maka modifikasi dengan mengambil basis motor bebek bisa jadi jalan keluar. Saat ini sudah banyak bengkel yang bisa melakukan modifikasi motor biasa menjadi kendaraan niaga.

Salah satunya adalah bengkel yang menamakan dirinya BMK. Dari beberapa video yang diunggah bengkel tersebut ke kanal Youtube, nampak ada banyak jenis motor bebek yang disulap menjadi kendaraan niaga lengkap dengan bak serbaguna di belakangnya.

Basisnya bisa menggunakan motor-motor bebek lawas seperti Suzuki Shogun, Honda Supra, Yamaha Vega R, atau Yamaha Jupiter tahun-tahun tua.

Pada dasarnya ada dua model yang ditawarkan oleh bengkel ini untuk hasil modifikasinya.

Pertama, motor dilengkapi gigi mundur dengan memanfaat gardan sebagai penyalur tenaga ke roda belakang. Kedua, tanpa gigi mundur yang berarti menggunakan rantai biasa.

Harga bisa disesuaikan dengan spesifikasi yang diminta konsumen. Tapi sebagai gambaran awal, banderol terendah ada di angka Rp5,5 juta.

Modifikasi Gerobak Sespan Motor

Gerobak Sespan

(Foto: BMK)

Modifikasi selanjutnya yang juga bisa Anda lirik adalah pemasangan gerobak model sespan. Mirip dengan beberapa jenis modifikasi yang disebutkan di awal, tapi untuk modifikasi yang satu ini gerobak berada di samping motor.

Salah satu keuntungannya ialah bisa menggunakan gerobak dorong biasa kalau Anda sudah memilikinya. Tinggal dibuatkan dudukan yang menyatu dengan rangka sepeda motor.

Dari penelusuran di internet diketahui biaya membuat gerobak sespan motor sekitar Rp2,5 jutaan.

Modifikasi semacam ini relatif lebih mahal. Wajar saja karena memang menawarkan fungsi lebih. Saat tak ingin menggunakan motor, gerobak bisa dilepas dan “berdiri” sendiri untuk tetap digunakan berjualan.

Selain itu, ukuran dari gerobaknya pun rata-rata lebih besar dibanding gerobak etalase yang biasa ditemui menempel di bagian belakang sepeda motor.

Kesimpulan Modifikasi Motor untuk Jualan

Ada banyak jenis modifikasi yang bisa dimanfaatkan ketika mau memulai usaha dengan sepeda motor. Seperti sudah disampaikan, modifikasi tersebut bisa sesederhana penggunaan saddle bag sampai merombak rangka untuk menjadikannya motor roda tiga.

Jenis modifikasi apa yang dipilih akan sangat tergantung dari jenis usahanya. Selain tentunya juga ketersediaan dana di kantong.

Untuk modifikasi yang tergolong berat pastikan dilakukan oleh tangan yang tepat agar hasilnya awet dan memuaskan. Hal ini bisa dilakukan dengan melihat hasil-hasil pekerjaan sebelumnya dari bengkel tersebut yang mengerjakan.

Karena pada akhirnya modifikasi ini diharapkan bisa semakin banyak mendatangkan keuntungan. Bukan justru sering keluar duit untuk perbaikan.

Kisaran Biaya Modifikasi Motor untuk Jualan
Pemasangan saddle bagRp175 ribuan
Gerobak etalase kayuRp1,2 jutaan
Gerobak etalase aluminiumRp1,6 jutaan
Modifikasi motor bebek roda tigaRp5,5 jutaan
Modifikasi gerobak sespan motorRp2,5 jutaan

Baca Juga:

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts