Modifikasi

Modifikasi Suzuki GSX R150, Pakai Part Ini Motor Jadi Keren!

harga bekas suzuki gsx r150

Suzuki GSX-R150 livery MotoGP 2020 (Foto: Indianautosblog)

Jakarta -Bicara modifikasi pada Suzuki GSX R150 memang asyik buat dibahas karena merupakan motor sport dengan fairing. 

Secara otomatis, melakukan modifikasi pada Suzuki GSX R150 bukanlah hal sulit. Hanya saja banyak orang belum memahami cara membuat motor ini jadi lebih keren.

Sebenarnya sah-sah saja melakukan modifikasi pada Suzuki GSX R150 karena setiap pemilik biasanya memiliki selera modifikasi yang berbeda-beda. 

Makanya, enggak salah kalau beberapa part ini bisa ngebuat Suzuki GSX R150 jadi makin keren. Kira-kira, part apa aja ya yang bisa membuat motor ini keliatan makin ciamik?

Spion

Hal pertama yang bisa kamu lakukan buat mengubah tampilan adalah mengganti spion bawaan yang dianggap kurang keren secara tampilan.

modifikasi suzuki gsx r150

Kamu bisa memasang spion aftermarket dengan model yang sesuai selera. Biasanya ada yang tetap di bagian fairing depan, atau ada juga yang memasang spion model bar end di ujung setang. 

Tapi yang terpenting jangan lupa walaupun modifikasi, tetap memperhatikan unsur keselamatan ya. Spion wajib ada di motor kamu!

Pelek

Pelek juga jadi bagian yang cukup sering diganti buat para penggila modifikasi.

Pelek bawaan pabrik dari Suzuki GSX R150 sebenarnya sudah cukup bagus, hanya saja sebagian orang menilai jika lebarnya masih kurang. Untuk itu mereka melakukan modifikasi Suzuki GSX R150 dengan mengganti pelek yang lebih lebar. 

Misalnya di bagian depan memakai lebar 1.85 dan di belakang memakai lebar 2.00. Atau bisa juga memasang pelek 2.00 di depan dan 2.25 di belakang. 

Pilihan modifikasi warna velg motor. Photo: RoNita Digital printing

Pilihan modifikasi warna velg motor. (Foto: RoNita Digital printing)

Hasilnya tentu membuat pelek menjadi lebih kekar dan gambot. Secara otomatis, ukuran ban juga bakalan berubah dari ukuran standarnya. 

Dengan profil yang lebar seperti ini, biasanya motor jadi makin kelihatan racy. Diajak cornering pun pastinya jadi lebih aman dan nyaman dengan penggunaan pelek dan ban yang lebih lebar. 

Tapi ingat, kalau mau cornering harus dilakukan di tempat yang proper. Jangan pernah melakukan cornering di jalan raya karena hal ini sangat berbahaya dan merugikan banyak orang!

Cakram

Setelah mengganti ukuran pelek dan ban, biasanya pemilik juga bakal gatel kalau belum mengganti ukuran rem. Kaliper beserta cakram biasanya diganti dengan yang lebih besar.

Tujuannya biar memberikan pengereman yang lebih baik. Pastinya juga bisa mendongkrak tampilan dari motor yang sudah dimodifikasi. 

Misalnya mengganti diameter cakram yang lebih besar atau bisa juga memasang double cakram di bagian roda depan. 

piringan cakram modifikasi suzuki gsx r150

Piringan Cakram

Motor bisa jadi lebih kekar dan berotot, nih. Tapi rasanya sih sayang kalau motor 150 cc memakai double cakram. Larinya enggak seberapa, tapi pengeremannya sangat maksimal. 

Suspensi Depan

Cara modifikasi Suzuki GSX R150 lainnya adalah dengan mengganti suspensi depan. Permasalahan dari suspensi depan Suzuki GSX R150 adalah terlihat cungkring. 

Penggantian suspensi depan teleskopik standar dengan model upside down sudah bisa membawa pengaruh sangat besar. Baik dari segi handling, kenyamanan dan juga tampilan. 

Suspensi yang sudah diganti dengan upside down bakal lebih sedap dipandang mata. Orang pun dijamin bakal menoleh ke arah kamu kalau sudah melakukan rombakan di sektor kaki-kaki.

Komunitas GSX

Suzuki GSX-R150 milik anggota GI-JOE. Foto/Istimewa

Motor bisa terlihat seperti moge yang punya kaki-kaki gambot. Sayang, harga suspensi depan ini juga lumayan mahal. Ada harga, ada rupa pastinya. 

Setang

Setang bawaan pabrik sebenarnya sudah dibuat dengan model under yoke. Kalau bahasa kerennya sih sudah pakai setang jepit. Tapi bahannya terlihat biasa banget.

Buat penggila modifikasi tentu hal ini bikin risih mata karena setang jadi salah satu bagian yang paling duluan dilihat saat berkendara. 

Footstep Underbone

Namanya motor sport, belum afdol kalau belum pakai pijakan kaki model balap. Biasanya part ini sering disebut sebagai footstep underbone. 

Footstep underbone ini bisa ngebuat tampilan motor jadi berubah drastis. Posisi berkendara juga serasa siap ikut balapan. 

BMW Motorrad

Motor balap dengan banyak teknologi canggih

Karena kaki diposisikan lebih ke belakang sedikit. Karena ini adalah motor sport dengan fairing, pemasangan footstep underbone dipastikan bisa ngebuat motor kamu jadi makin keren. 

Swingarm

Kalau pelek sudah lebar, cakram sudah besar, lalu sudah pakai footstep. Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mengganti swing arm atau lengan ayun. 

Lengan ayun bawaan pabrik cenderung berbentuk lurus mengotak. Kalau mau lebih keren, bisa mengganti lengan ayun dengan model banana yang melengkung. 

Kalau ingin memakai pelek dan ban yang lebar, otomatis swing arm ini wajib diganti. Karena kalau tidak diganti biasanya pelek dan ban yang lebar ini tidak akan muat di bagian kaki belakang. 

Knalpot dibuat model underbelly atau berada di bagian bawah fairing, photo: Ducati

Knalpot dibuat model underbelly atau berada di bagian bawah fairing. (Foto: Ducati)

Atau bisa juga memakai model single arm. Kalau sudah begini, motor jadi makin kelihatan racy dan sporty abis nih, bro!

Tapi, sekarang ada juga nih yang menawarkan cover swing arm. Jadi tetap memakai swing arm yang standarnya, hanya ditutup cover supaya jadi kelihatan lebih berisi. 

Single Seater

Hmmmm, bagian kaki sudah oke banget. Langkah selanjutnya adalah bisa memasangkan aksesoris berupa cover single seater. 

Biasanya part ini terbuat dari bahan resin atau plastik. Gunanya supaya menutupi jok belakang biar terlihat seperti motor single seat ala MotoGP. 

Buat motor yang mengusung tema balap, single seat ini wajib banget dipasangin di Suzuki GSX R150 modifikasi kalian karena cukup membantu mengubah tampilan motor jadi makin keren juga. 

Knalpot

Biar tenaga makin terdongkrak, knalpot aftermarket biasanya dipasang. Selain itu, tampilan juga bisa makin keren. 

Tapi harus ingat, ganti knalpot punya konsekuensi yang harus dipahami. Suatu saat bisa saja terkena tilang, karena mengganti knalpot dengan suara yang berisik. 

Suzuki GSX R-150

Suzuki GSX 150 saat berakselerasi di tikungan. (Foto: Dokumentasi Suzuki)

Selain itu kalau lewat perumahan bisa-bisa diomeli orang karena suara knalpotnya jadi berisik. Gunakan knalpot di tempat yang sesuai. Misalnya untuk keperluan track day atau kontes saja. 

Livery dan Windshield

Hal terakhir yang bisa dilakukan adalah merubah tampilan livery atau striping motor. Pilih striping yang jarang digunakan orang. 

Misalnya striping balap Suzuki tahun 1970-an, 1980-an, atau bisa juga dengan memasang striping ala MotoGP 2020. 

Windshield di bagian depan juga bisa nih ikutan diganti agar tampilan motor juga bisa makin keren kalau windshield-nya pakai part aftermarket. 

Suzuki GSX-R150

Tampilan wajah Suzuki GSX-R150 memikat bikers penggemar motor sport 150 cc

Dengan mengubah tampilan, tentu motor kamu bakalan jadi lebih enak dipandang. Mau ikut kontes pun rasanya enggak perlu ragu-ragu kalau modifikasi Suzuki GSX R150 nya dilakukan dengan proper. 

Hasil modifikasi bukanlah tergantung dari mahalnya harga akseoris. Tetapi kepada taste atau selera si pemilik.

Selera tidak akan pernah mengkhianati hasil. Walaupun barang yang dipakai mahal tetapi seleranya kurang, maka motor enggak bakalan enak dipandang. 

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Baca Juga: Harga Bekas Suzuki GSX R150 Ternyata Bikin Kaget!

Rizen Panji

Pikirannya selalu dipenuhi oleh mobil buatan asal Jerman, Swedia, dan Prancis dengan tahun produksi di bawah 2000. Jangan lupa, mesin yang bersemayam di dalam kap mesin tentunya harus 6 silinder guna memompa adrenalin ketika mengendarainya

Related Posts