Home » Berita » Modifikasi Suzuki Katana GX, Mobil yang Tak Diharapkan

Modifikasi Suzuki Katana GX, Mobil yang Tak Diharapkan

Jakarta – Entah apa yang meracuni pikiran seorang Hendy Khadafi. Pria yang satu ini memiliki cerita menarik dalam melakukan modifikasi mobil kesayangannya. Pasalnya ia melakukan modifikasi Suzuki Katana GX berwajah standard dengan gaya Jimny JA11 versi Jepang.

Cerita tersebut berawal pada bulan Januari 2018 silam ketika ia mendapatkan mobil ini. “Sebenarnya punya Jimny atau Katana ini memang tidak pernah terpikir. Modifikasi Suzuki Katana GX ini sebenarnya milik ayah yang beli awalnya hanya membantu seseorang saja,” buka Hendy kepada Carmudi beberapa waktu lalu.

Modifikasi Suzuki Katana GX
Modifikasi Suzuki Katana GX

Singkat cerita, sang ayah ini ternyata berniat membeli mobil untuk menolong temannya. Ketika mobil tersebut ada di rumah, Hendy pun sama sekali tak berniat untuk melakukan modifikasi. Bahkan, untuk memiliki konsep modifikasi pun juga tidak ada. Hingga akhirnya ia memulai perjalanan dengan berawal dari mencari referensi modifikasi Suzuki Jimny.

“Akhir nya mulai cari cari referensi modifikasi Suzuki Jimny ini. Setelah liat referensi modifikasi Jimny di Indonesia yang mayoritas lebih ke offroad style dan menurut saya kurang menarik, akhir nya coba melirik ke style Jimny yang ada di Jepang,” sambung Hendy.

Modifikasi Suzuki Katana GX
Modifikasi Suzuki Katana GX

Konsep Modifikasi Suzuki Katana GX Mengambil dari Jepang

Perlahan tapi pasti, ia pun melakukan modifikasi mobil yang berbasis Suzuki Katana GX ini. Ia pelan-pelan mulai berburu untuk mengumpulkan part Jimny original versi Jepang. Konsep yang diusung saat itu diakuinya lebih mengacu pada model Suzuki Jimny JA11. Suzuki JA11 memiliki ciri khas dengan atap yang rata dan memakai lampu kabut berkelir kuning di bagian depan.

“Konsep yang saya ambil itu untuk tampilan eksterior lebih mengacu ke model Jimny JA11. Karena saya tidak mau terlalu membuang tampang dari Katana dan kebetulan Jimny JA11 mirip dengan Katana, cuma beda di aksesoris yang menempelnya saja,” sambung pria berkacamata ini.

Modifikasi Suzuki Katana GX
Modifikasi Suzuki Katana GX

Setelah bagian eksterior mulai rampung dikerjakan, ia pun langsung membenahi bagian dalam mobil. Bagian dalam juga turut mendapat sentuhan atmosfir Jimny JA22 versi Jepang. “Sedangkan untuk interior saya mengacu ke interior nya Jimny JA22. Karena menurut saya interior suzuki Jimny JA22 itu mewah dan kebetulan Jimny JA22 itu ada di tahun 1997. Pas banget Jimny saya juga produksi tahun 1997 hehehe,” ujarnya.

Modifikasi Suzuki Katana GX Memakan Waktu 1 Tahun

Proses modifikasi yang dilakukan perlahan ini setidaknya memakan waktu hingga 1 tahun. Seluruh barang yang menempel pada tubuh mobil mungil ini dinilai sesuai oleh konsep yang ia tuju. Lalu, bagaimana dengan bagian jantung pacunya? Saat ini Hendy mengaku masih menggunakan mesin bawaan dari Suzuki Katana GX. Kedepannya, mesin tersebut akan dilengserkan dan diganti dengan mesin turbo.

Mesin yang menempel saat ini sebenarnya hanya dibekali penggerak 2 roda. Tetapi demi memperkuat gaya dan konsep modifikasi, Hendy mengubah transfercasenya agar mobil ini menjadi penggerak 4 roda. “Ini sudah 4×4. Booster rem pakai Karimun, busi racing, headernya juga pakai 4:1. Gardan gearnya memakai 841,” jelas Hendy.

Modifikasi Suzuki Katana GX
Modifikasi Suzuki Katana GX

“Next project yang bakal dipasang yaitu mesin F6A turbo yang saya order langsung dari Jepang. Mesin itu saya refresh part-part nya. Ketika barang itu sampai disini, akan langsung dipasang dan di tuning langsung oleh mekanik dari Jepang yang memang sudah specialist di mesin F6A turbo,” bebernya.

Menurut informasi yang beredar, mobil ini kabarnya hendak dilepas di kisaran Rp 130 juta oleh Hendy. Jika ada yang tertarik, Anda bisa melakukan kontak langsung kepadanya via Instagram. Tentunya harga tersebut masih dapat di nego kepadanya. Tertarik meminang mobil yang satu ini?

Modifikasi Suzuki Katana GX
Modifikasi Suzuki Katana GX

Berikut Spesifikasi Modifikasi Suzuki Jimny

Eksterior :

– bumper depan + spot light oem jdm jimny JA11

– velg “Off Performer RT-5N” made in japan. ban accelera MT 01

– per oem jdm jimny JA11

– airscope oem jdm jimny JA11

– spoiler oem jdm jimny JA22

– pintu belakang + wiper oem jdm jimny JA22

– tire hanger oem jdm jimny JA22

– spion jimny JA22

– atap trepes made in japan

– anting anting 12cm

Interior :

– dashboard oem jdm jimny JA22

– stir + kolom stir oem jdm jimny JA22

– jok set oem jdm jimny JA22

– trim set pilar oem jdm jimny JB32

– seatbelt set (depan-belakang) oem jdm jimny

– console tengah oem jdm jimny JA22

– spion tengah oem jdm jimny JA22

– Reading lamp oem jdm jimny JA22

Ruang mesin :

– 4×4

– booster rem karimun

– electric fan karimun

– busi racing (iridium)

– header 4 : 1

– gear gardan 841

Spek mesin: mesin standart Suzuki Katana F10

Spek kaki-kaki:

– Per JA 11

– Shock depan fortuner-
Belakang tokico.

Ekspor mobil
Previous post
Mobil Baru Buatan Indonesia Akan Dijual ke Luar Negeri
Next post
Test Ride Vespa Primavera S, Si Seksi Buat Kamu yang 'Egois'

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *