HomeModifikasiModifikasi Toyota Kijang Super 5 Pintu 1993 yang Jumawa!

Modifikasi Toyota Kijang Super 5 Pintu 1993 yang Jumawa!

modifikasi toyota kijang super 5 pintu
Hasil modifikasi Toyota Kijang Super 1993 5 pintu long wheel base milik Irman. (Foto: Carmudi/Rizen)

Jakarta – Modifikasi Toyota Kijang Super 5 pintu 1993 yang dilakukan oleh Muhamad Irman Saputra ini dinilai cukup menarik.

Kaki-kaki dibuat amblas, bodi diubah menjadi warna merah menyala, dan penggunaan pelek langka makin memantapkan tampilan.

Pria yang baru berusia 24 tahun ini mengaku jika fokus utama modifikasi yang dilakukan lebih menitikberatkan pada karakter “jumawa”.

Iya betul, ia ingin terlihat jumawa, karena menurutnya namanya modifikasi haruslah terlihat keren dan bagaimana orang bisa melirik ke arah mobil miliknya.

“Ini gue modifikasi Toyota Kijang Super 5 pintu tahun 1993 yang versi long wheelbase. Punya mobil ini sudah sekitar lima tahunan dan ceritanya lumayan panjang,” buka Irman kepada Carmudi.

Pencarian Mobil Bahan

Awal mula dirinya jatuh cinta kepada Toyota Kijang Super, dimulai saat ia ingin melakukan modifikasi terhadap mobil milik sang ayah.

Sang ayah kebetulan memiliki Toyota Kijang super lansiran 1995 tangan pertama yang hingga detik ini masih tersimpan di garasinya. Singkat cerita, ia ingin melanjutkan merawat akan tetapi ditolak oleh sang ayah.

Ayahnya menilai jika pemeliharaan dilanjutkan oleh anaknya, ditakutkan akan dimodifikasi dan nantinya menjadi tidak karuan.

“Iya enggak boleh sama bokap. Jadinya disuruh beli lagi, ya udah, deh, cari bahan,” tutur Irman.

modifikasi toyota kijang super 5 pintu
Pelek memakai Brabus Monoblock II original ukuran 16 inci lebar 7,5 di keempat rodanya. (Foto: Carmudi/Rizen)

Pencarian dimulai, seketika ia pun menemukan Kijang super 5 pintu ini dalam kondisi bahan. Deknya keropos hampir bolong, jok sudah tidak berbentuk, dan pelek yang dipakai sangat jelek.

“Pagi begitu dapat mobil ini langsung dibawa ke bengkel. Malamnya dikasih tahu sama orang bengkel kalau ini mobil parah banget. Dalam hati gue bilang, ‘yah kecebur ini, deh,” katanya sambil tertawa.

Mobil yang dibeli seharga Rp32 juta ini langsung diputuskan untuk di-custom bagian deknya dengan bentuk huruf (n) agar mobil bisa dibuat seamblas mungkin. Modifikasi ini sangat lumrah di kalangan pecinta Toyota Kijang.

modifikasi toyota kijang super 5 pintu
Mobil dibuat pendek agar terlihat lebih bergaya. (Foto: Rizen)

“Awalnya sih memang pengen dibuat ceper standar saja. Eh, tapi rasanya nanggung,” kata pria yang masih kuliah di Universitas Pakuan Bogor ini.

Karena sudah di-custom bagian deknya, maka pelek maksimal yang bisa dipasang saat ini mencapai 21 inci. Urusan warna, sang ibunda turut memberikan saran agar Irman memilih warna merah.

“Kebetulan kenapa pilih warna merah agak pink, karena nyokap minta biar mobilnya jangan terlalu ngejreng warnanya. Ya udah, dipilih warna candy aja,” bebernya.

Pasang Moonroof

Agar makin jumawa, Irman memasangkan moonroof ukuran besar milik KIA Carnival. Moonroof ini didapatkan dari tawaran seorang teman yang meracuninya agar memakai moonroof.

“Sengaja harus pasang moonroof biar bisa makin jumawa karena mobil kurang ganteng kalau atapnya enggak bisa kebuka. Gue pengen Kijang ini gimana caranya bisa dilihat sama orang,” ucap Irman sembari terkekeh-kekeh.

Karena posisi mobil sudah pendek, maka jok depan dan belakang pun di-custom juga. Braket jok depan dipotong agar posisi duduk jadi lebih pendek. Sementara jok belakang posisinya dimundurkan.

modifikasi toyota kijang super 5 pintu
Warna red candy pink dipilih agar tidak mengubah warna di STNK dan BPKB. (Foto: Carmudi/Rizen)

Setir pun tak luput terkena ubahan untuk diturunkan sedikit dengan diganjal baut.

Setelah interior selesai, bagian eksterior menjadi fokus selanjutnya.

“Pasang sidemarker punya universal, sein fender pakai BMW E36, lampu dibuat custom biar cedok ke dalam dan spion pakai punya Mazda Interplay yang sudah elektrik dan retract,” katanya sambil menunjukkan bagian-bagian tersebut.

Kaki-kaki dan Mesin

Urusan kaki-kaki, tentu banyak mendapatkan ubahan. Suspensi depan dipilih memakai milik Daihatsu Hijet dan belakang memakai Suzuki Katana. Paduan ini pun sudah menjadi lumrah bagi pecinta modifikasi Toyota Kijang super.

Tak lupa, pelek Brabus Monoblok II dipasangkan pada mobil berkelir merah keunguan ini.

“Pelek pakai Brabus Monoblock II ukuran 16 inci, lebar 7,5 rata. Ban pakai 195/45. Ini pelek lumayan banyak yang mau dan ini pakai yang asli juga,” ujarnya.

Pelek langka biar tetap bisa jumawa. (Foto: Carmudi/Rizen)

Sedangkan bagian dapur pacu ia hanya melakukan peremajaan.

“Mesin standar, hanya karburator pakai Kijang Kapsul, open filter dan di-oversize naik 50. Girboknya juga masih bawaan,” ungkap pria yang bermukim di kawasan Lido, Sukabumi ini.

Pria yang akan segera melepas masa lajangnya ini mengaku audio yang dipasang menggunakan full lansiran Venom. Ia menilai mobil modifikasi miliknya ini sementara sudah cukup memuaskan batin.

“Dulu mobil ini pernah pakai minibar, sekarang dicopot. Nantinya mau nyiapin audio biar lebih mantap. Yang paling berkesan dari mobil ini, sih, kalau lagi nongkrong, orang pada ngeliatin mobil ini. Gue seneng dilihat orang soalnya,” katanya sambil berkelakar.

Jika ditotal, hasil modifikasi yang sudah dilakukan oleh Irman mencapai Rp75 jutaan. Jumlah ini tentunya masih bisa naik lagi jika ia ingin merombak audio yang sudah terpasang.

Galeri Foto Toyota Kijang Super 5 Pintu Long – Irman

modifikasi toyota kijang super 5 pintu

Foto: Rizen/Carmudi

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Baca Juga: Modifikasi Toyota Kijang Super 3 Pintu 1987, Keracunan dari Teman

Produksi Mobil Listrik Hyundai
Previous post
Selain Layanan Purna Jual, Beli Mobil Listrik Hyundai Dapat Bonus Menarik Juga
Merek Honda
Next post
Honda Jadi Merek Sepeda Motor yang Direkomendasikan Pelanggan