Berita

Mohon Maaf, Toyota Kijang Innova Belum Kebagian Mesin 2.800 cc Fortuner

Jakarta — PT Toyota Astra Motor (TAM) sebagai agen pemegang merek mobil Toyota di Indonesia resmi menghadirkan varian baru Toyota Fortuner yang dibekali mesin diesel 2.800 cc.

Toyota Kijang Innova Venturer 2021

(Foto: Carmudi)

Kehadiran mesin berkode 1GD-FTV tersebut melengkapi dua sumber tenaga yang sebelumnya sudah dimiliki SUV ladder frame tersebut, yakni diesel 2.400 cc (2DG-FTV) dan bensin 2.700 cc (2TR-FE).

Khusus untuk mesin 2GD-FTV unitnya juga bisa ditemui pada MPV Kijang Innova. Secara platform, baik Fortuner dan Kijang Innova pun masih memiliki benang merah.

Terkait hal itu, wajar jika kehadiran mesin baru untuk Fortuner memunculkan tanya akankah Kijang Innova juga kebagian mesin yang sama.

Menanggapi hal ini, Dimas Aska, Head of Public Relations TAM sebut kebutuhan utama konsumen Kijang Innova bukan soal tenaga melainkan kenyamanan.

Toyota New Fortuner 2.8, Mesin 2.800 cc Fortuner

Toyota New Fortuner 2.8. Mesin 2.800 cc Fortuner belum akan hadir untuk Kijang Innova. (Foto: Carmudi)

Kijang Innova itu MPV, kebutuhan utamanya bukan di situ (tenaga), tapi kenyamanan. Beda sama Fortuner yang kebanyakan konsumennya memang pengin tenaga lebih besar,” katanya saat ditemui di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, Kamis (13/1/2021).

Argumen tersebut sama halnya dengan alasan Toyota tidak sekalian melengkapi Fortuner dengan teknologi Toyota Safety Sense (TSS) dalam improvement pada 2022 ini. Tidak ada kebutuhan konsumen yang mendasarinya.

Sebagai informasi, untuk saat ini MPV Toyota Kijang Innova terbaru hadir dalam opsi dua mesin. Selain diesel 2GD-FTV serupa dengan milik Fortuner, opsi lainnya adalah bensin 2.000 cc (1TR-FE).

Harga dan Varian Toyota Fortuner 2.800 cc

Diberitakan sebelumnya, mesin diesel anyar berkapasitas 2.800 cc bisa ditemui pada Toyota Fortuner varian VRZ 4×2, GR Sport 4×2, dan GR Sport 4×4.

Salah satu daya tarik varian mesin baru ini ialah harganya yang terpaut relatif tipis dengan varian-varian bermesin diesel 2.400 cc.

Dalam hal pembelian, Dimas mengatakan tidak ada masa inden khusus untuk model baru ini. Kecuali permintaan pasar jauh melampaui persiapan pihaknya.

“Kalau ternyata permintaan pasar empat atau lima kali lipat lebih besar dibanding persiapan kita itu mungkin lain cerita,” katanya.

  • 2.4 G 4×2 M/T : Rp521.600.000
  • 2.4 G 4×2 A/T : Rp539.200.000
  • 2.4 VRZ 4×2 A/T : Rp570.000.000
  • 2.4 VRZ 4×2 A/T GR Sport : Rp586.900.000
  • 2.7 SRZ 4×2 A/T GR Sport : Rp561.000.000
  • 2.8 VRZ 4×2 A/T : Rp580.900.000
  • 2.8 VRZ 4×2 A/T GR Sport : Rp597.900.000
  • 2.8 VRZ 4×4 A/T GR Sport : Rp684.500.000

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *