Sumber informasi

Motor Apa yang Gampang Dicuri?

jenis motor yang gampang dicuri

Motor matik gampang dicuri. (Foto: Ilustrasi)

Jakarta – Bagi para pemilik dan pengendara sepeda motor tentu harus berhati-hati dari pencurian yang sedang marak saat ini. Bahkan rupanya ada jenis motor yang gampang dicuri.

Salah satu jenis motor yang gampang dicuri adalah motor matik berkubikasi kecil. Jenis sepeda motor ini dinilai lebih gampang dicuri dibandingkan dengan jenis motor lainnya.

Salah satu sebabnya adalah motor tersebut belum disematkan fitur keamanan seperti keyless.

Pihak pabrikan pun terus berusaha untuk meningkatkan sistem keamanan pada produk motornya dengan disematkan fitur keamanan mumpuni, seperti Honda Beat terbaru yang sudah dilengkapi fitur SKS (Secure Key Shutter).

Namun, hal tersebut nyatanya tidak membuat para pencuri motor mengurungkan aksinya. Mereka kebanyakan memilih berusaha untuk mencari kelemahan dari motor matik yang ingin dicuri.

Alasan Motor Matik Banyak Diincar dan Gampang Dicuri

Berikut ini ada tiga alasan mengapa sepeda motor jenis matik paling banyak diincar para pencuri.

Banyak Peminatnya

jenis motor yang gampang dicuri

Honda Scoopy banyak peminatnya. (Foto: Honda)

Sudah banyak orang yang memakai motor matik di jalan untuk beraktivitas sehari-hari.

Banyak orang menggunakan motor matik seperti salah satunya Honda Scoopy karena nyaman dibawa berkendara baik oleh pengguna laki-laki maupun perempuan, serta harganya yang cukup terjangkau.

Berdasarkan situs web resminya, Honda Scoopy memiliki harga jual antara Rp19,95 sampai 20,75 juta OTR Jakarta.

Maka, tidak heran banyak pencuri yang mengincar motor matik seperti Honda Scoopy ini karena bakal laku dijual di pasaran.

Harga Versi Bekasnya Cukup Tinggi

Banyak pencuri yang juga mengincar motor matik karena harga jual unitnya masih cukup tinggi.

Honda Vario bekas menjadi salah satu contohnya.

Dilansir dari situs web jual-beli motor bekas Carmudi, Honda Vario seken dijual seharga antara Rp7 hingga 20 jutaan.

Jika dibandingkan dengan harga versi barunya, berbeda sekitar Rp4 jutaan, di mana Vario baru tipe tertinggi dijual seharga Rp24,3 juta (OTR Jakarta).

Oleh karena itu, banyak pencuri yang ingin mencuri motor matik bekas ini untuk dijual lagi di pasaran.

Fitur Keamanan Belum Lengkap

jenis motor yang gampang dicuri

Honda Beat 2021. (Foto: Pautan)

Ini merupakan alasan utama motor matik gampang dicuri. Perlu diketahui, Honda Beat sebagai salah satu motor matik yang banyak peminatnya belum disematkan fitur keamanan canggih berupa fitur keyless.

Keyless dapat memberikan kemudahan bagi pengguna motor yang sudah mengandalkan fitur tersebut. Saat ingin menyalakan motornya, pengguna tidak menggunakan kunci konvensional, melainkan remote sebagai gantinya.

Selain itu, fitur keyless dinilai dapat mencegah pencurian karena motor yang memiliki fitur tersebut hanya bisa digunakan oleh pemiliknya sendiri.

Kemungkinan untuk membobol motor yang menggunakan fitur keyless pun kecil.

Dengan demikian, sebaiknya pengguna Honda Beat perlu berhati-hati karena motor tersebut belum disematkan fitur keamanan lengkap seperti fitur keyless ini, sehingga memberikan kemudahan bagi pencuri untuk mencurinya.

5 Tips Mencegah Motor Gampang Dicuri

jenis motor yang gampang dicuri

Tips menghindari pencurian motor, tidak sulit dilakukan. (Foto: Istimewa)

Terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan oleh para pengguna agar motornya tidak gampang dicuri, khususnya pengguna motor matik. Carmudi rangkum beberapa tipsnya sebagai berikut.

Memasang Pengaman Tambahan

Tips pertama adalah memasang pengaman tambahan. Bentuk pengamannya bermacam-macam, dapat disesuaikan dengan keinginan.

Carmudian bisa menggunakan gembok atau kunci tambahan.

Cara memasangnya cukup mudah. Keduanya cukup dikaitkan dengan cakram atau sela-sela palang pelek motor. Di sisi lain, kedua pengaman ini banyak dijual di toko suku cadang.

Selain itu, ada pengaman lainnya yaitu rantai yang dikombinasikan dengan kunci gembok. Rantai tersebut dapat dililit atau diikat pada pelek roda belakang dan arm hingga ke shockbreaker, lalu digembok.

Rantai ini pastinya butuh proses lama dan rumit saat ingin dibongkar, sehingga pencuri motor pun akan mengurungkan niatnya untuk mencuri motor yang menggunakan rantai tesebut.

Dengan demikian, tips yang satu ini bisa dicoba oleh para pengguna motor untuk menghindari pencurian motor.

Menciptakan Kunci Rahasia

Tips kedua berikutnya adalah menciptakan kunci rahasia. Carmudian bisa melakukan tips ini dengan cara yang mudah hingga cukup merepotkan, tergantung kebutuhan.

Cara termudah yang bisa Carmudian lakukan adalah mencabut cangklong busi saat akan meninggalkan motor.

Sebagai informasi, komponen tersebut berfungsi menyalurkan kelistrikan dari koil menuju busi untuk pembakaran.

Jika cangklong businya dicabut, maka mesin motor tidak bisa dihidupkan meski kunci kontaknya menyala.

Perlu pastikan posisi cangklong yang dilepas tersembunyi. Hal ini bertujuan agar pencuri motor tidak bisa menemukannya dengan mudah untuk memasangnya kembali.

Saat akan mengendarai motornya, Carmudian bisa memasang kembali cangklong ke busi motor.

Di sisi lain, Carmudian juga bisa mencabut salah satu sekring. Jika sekringnya dicabut, maka kemungkinan besar mesin motor tidak dapat hidup atau kunci kontaknya tidak menyala.

Biasanya, posisi sekring berada di balik jok dan menjadi satu rangkaian dengan aki motor. Jika memilih cara ini, jangan lupa untuk memasangnya kembali kalau mau digunakan.

Ukuran yang kecil dan posisinya tersembunyi merupakan alasan banyak pemilik motor sering lupa untuk memasang sekringnya lagi.

Selanjutnya, cara paling sulit adalah memutuskan aliran listrik dari kabel CDI atau pengapian.

Namun, jika memilih cara ini, dibutuhkan tenaga profesional dari mekanik agar tidak terjadi korsleting atau kerusakan lainnya yang tidak diharapkan.

Tidak Sering Meminjamkan Motor ke Orang Lain

jenis motor yang gampang dicuri

Jangan meminjam motor ke orang tidak dikenal. (Foto: mobil-mewah.net)

Sebenarnya meminjamkan motor ke orang lain tujuannya baik, seperti menolong teman yang kesulitan mendapatkan kendaraan untuk pergi ke suatu tempat.

Namun sebaiknya, Carmudian jangan meminjamkannya terlalu sering, cukup meminjamkan ke orang-orang terdekat yang Carmudian sangat percayai.

Hindari meminjamkan motor ke orang yang baru Carmudian kenal. Bisa saja kebaikan Carmudian disalahgunakan sebagai kesempatan untuk mencurinya di kemudian hari.

Ada saja orang yang diam-diam membuat duplikat kunci saat meminjam motor Carmudian. Di sisi lain, orang tersebut dapat mengetahui betul di mana lokasi kunci ganda motornya sehingga kemungkinan besar bisa dicuri.

Memiliki Asuransi Motor

Motor yang dicuri memang bukan keinginan siapapun. Kendaraan ini menjadi salah satu aset berharga yang sifatnya merupakan harta bergerak.

Kehilangan motor tentunya sangat merugikan dari sisi materi pemiliknya. Asuransi kepemilikan motor bisa membantu mengurangi kerugian tersebut.

Biasanya, pembelian motor secara kredit sudah termasuk asuransi dari leasing. Motor yang hilang akan diganti dengan motor baru dan sama, namun pemiliknya harus mengulang cicilan dari awal.

Memasang Alarm

Tips terakhir adalah memasang alarm pada motor. Alarm ini menjadi salah satu tips yang mudah dan cukup ampuh untuk mencegah pencurian motor.

Saat ingin memasang alarm motor, sebaiknya dilakukan oleh mekanik karena harus mengambil jalur kelistrikan pada motor yang sifatnya cukup kompleks.

Alarm tersebut akan memberikan peringatan dini jika motornya mau dibobol oleh pencuri. Peringatannya yang berbunyi biasanya tidak dipedulikan oleh orang lain.

Oleh karena itu, pemilik motornya harus tetap menyediakan kunci tambahan atau kunci rahasia untuk jaga-jaga.

Nah, itu tadi ulasan lengkap terkait jenis sepeda motor yang gampang dicuri serta tips pencegahannya. Motor jenis apapun sebenarnya berpotensi tinggi menjadi korban pencurian, maka tetap waspada dan hati-hati.

 

Penulis: Nadya Andari

Editor: Dimas

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts