Sepeda motor Tips dan Trik

Motor Jarang Dipakai Selama PSBB, Tetap Wajib Memanasi Mesin Tiap Hari

Memanasi mesin motor perlu dilakukan setiap hari (foto: Carmudi)

Jakarta – Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) oleh pemerintah memaksa banyak orang untuk beraktivitas di rumah. Akibatnya, sepeda motor kesayangan pun hanya mangkrak akibat jarang digunakan. Meskipun begitu, kalian sebaiknya tetap rutin memanasi mesin motor setiap hari.

Sepeda motor saat ini menjadi salah satu transportasi andalan, sehingga kondisinya harus tetap terjaga kendati tidak sering digunakan. Tujuan kita untuk memanasi motor secara rutin ialah supaya aki motor tidak tekor. Aki pada sepeda motor, yang bertugas menyimpan energi listrik dan digunakan untuk menghidupkan mesin dan beberapa sistem kelistrikan sepeda motor.

“Sering terjadi anggapan bahwa aki soak harus diganti dengan yang baru. Namun bisa saja penyebabnya ada masalah di pengisian daya listrik yang masuk ke dalam aki. Oleh karena itu, penting untuk memastikan sistim pengisisanya disepeda motor,” ucap Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM).

Menurutnya, supaya aki tidak sampai tekor saat akan digunakan, maka kita cukup memanasi mesin sepeda motor dirumah tanpa harus dikendarai. Hal ini dapat dilakukan secara berkala yakni setiap hari. Karena sangat penting untuk menjaga kualitas aki maupun kinerja mesin sepeda motor.

“Dengan kondisi sekarang, para pemilik sepeda motor sebaiknya memanaskan sepeda motornya selama 3-4 menit setiap hari. Tujuannya, untuk menjaga kualitas aki sehingga tetap memberikan suplai arus listrik ke part komponen kelistrikan sepeda motor dan menyimpan energi listrik dengan baik,” jelas Endro.

Jarang memanasi mesin motor bisa bikin aki tekor (Foto: AHM)

Lebih lanjut, pada pemilik sepeda motor yang menggunakan aki basah, perlu dilakukan pengecekan secara berkala terhadap jumlah debit air aki. Pada komponen aki, terdapat tanda batas jumlah volume air aki atau yang ditandai posisi upper lower.

“Periksa jumlah volume air aki. Jika debit air kurang maka diharuskan melakukan penambahan air aki sebatas garis upper yang tertera pada aki basah,” ujar Endro.

Selama Memanasi Mesin Motor, Periksa Sistem Kelistrikan

Tak jarang, pemotor menambah beberapa aksesoris kelistrikan. Apabila adanya pemasangan aksesoris atau part modifikasi yang menggunakan  listrik, perlu diperhatikan saat melakukan pemasangan.

Pastikan sumber arus listrik yang akan digunakan tetap aman. Jangan sampai aksesoris tersebut membuat beban kerja aki semakin berat.

“Jika ingin memodifikasi seperti lampu, klakson ataupun part yang membutuhkan kelistrikan, perlu menambahkan sekring tersendiri. Tujuannya, untuk menghindari korsleting atau terputusnya arus listrik pada sepeda motor,” bebernya.

Dengan melakukan beberapa langkah tadi, masalah pada sepeda motor yang telah lama tidak digunakan dapat terhindari. Dengan rajin memanasi mesin motor setiap hari, tentunya tetap memberikan kenyamana dan performa optimal seperti sediakala.

Penulis: Yongki

Editor: Lesmana

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts