Home » Berita » Motor Konsep Honda Project G di IMOS 2018, Calon Scoopy Electric?

Motor Konsep Honda Project G di IMOS 2018, Calon Scoopy Electric?

Project G Desainnya Mengadopsi Style Honda Scoopy (Foto: Yongki/Carmudi)

Jakarta – Ada hal menarik saat Carmudian berkunjung ke booth Honda di Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018, Plenary Hall JCC Senayan. PT Astra Honda Motor (AHM) selaku agen pemegang merek menampilkan sosok skuter futuristik dengan desain mirip seperti Honda Scoopy.

AHM menamai motor konsep Honda tersebut sebagai Project G atau G Generation.

Tidak banyak yang bisa dikupas soal sosok motor konsep Honda Project G ini. Pengunjung hanya bisa bertanya-tanya seperti apa versi produksi motor ini nantinya. Bahkan, Thomas Wijaya selaku Marketing Director AHM pun enggan menjelaskan secara singkat soal sosok skutik tersebut.

“Ini adalah Project G atau G Generation. Peluncurannya tergantung hasil studi. Kami masih mempelajari respon publik terhadap desainnya,” ujar Thomas, baru-baru ini.

Desain motor konsep Honda Project G bila diperhatikan seperti kombinasi antara Honda Scoopy dan Vario Techno 150. Bagian headlamp dan sayap motor konsep Honda Project G mengadopsi gaya Scoopy. Namun velg memakai punya Vario 150 dengan ciri khas palang bercabang berbentuk huruf ‘Y’.

Melihat tren motor listrik terus berkembang, bukan tidak mungkin bila motor konsep dengan gaya ala Honda Scoopy ini ikut mengadopsi powertrain listrik. Apalagi AHM bersama dengan Honda Motor Corporation sebagai prinsipal, telah mengembangkan dan merilis Honda PCX Hybrid dan PCX Electric.

Bukan tidak mungkin, teknologi serupa bakal terus dikembangkan dan diperluas untuk model-model skutik yang harganya lebih terjangkau. Beberapa merek lokal juga telah menciptakan motor listrik yang segmentasinya di bawah PCX Elec

Motor Konsep Honda Project G Sudah Punya Calon Rival

Era elektrifikasi roda dua sudah dimulai oleh para merek lokal. Sebut saja Gesits garapan PT Gesits Technologies Indo (GTI) dan Viar Q1 hasil kolaborasi PT Triangle Motorindo bersama Bosch Indonesia, selaku pemasok sistem elektrikal.

Viar Q1
Motor listrik Viar Q1. (Foto: Carmudi)

Viar dengan Bosch memproduksi skuter listrik karena adanya kesamaan visi di antara kedua belah pihak untuk menghadirkan sepeda motor yang berkualitas dan ramah lingkungan. Senada dengan Viar, Gesits bahkan hadir sebagai suatu inovasi anak bangsa yang dibuat dengan material lokal, dan dikerjakan oleh tenaga lokal.

Motor Listrik Gesits
Gesits, motor listrik pertama buatan Indonesia, jadi kado Hari Kemerdekaan ke-72 (Foto: Enda/Carmudi)

Skuter listrik  karya mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya ini rencananya mulai dijual tahun depan. Sejumlah uji coba ekstrim pun telah dilakukan oleh Garansindo Group selaku perusahaan induk Gesits dengan menyelenggarakan perjalanan menempuh jarak ratusan kilometer dari Jakarta menuju Bali.

Dengan demikian, AHM bukanlah produsen pertama yang menciptakan skuter elektrik murah di Indonesia. Namun, agen pemegang merek ini punya keunggulan soal nama besar ketimbang dua pelopor skutik yang sudah ada. Pabrikan berlogo sayap mengepak ini terkenal seantero Indonesia. (dna)

all new camry masuk indonesia
Previous post
Kapan All New Camry Masuk Indonesia? Ini Jawaban Toyota
FIFGROUP
Next post
Di IMOS 2018, Mudah Beli Motor Honda Lewat FIFGROUP