Sepeda motor

Ulasan Motor Listrik Gesits: Spesifikasi & Harga Terbaru

Motor listrik Gesits semakin naik popularitasnya seiring mulai familiarnya masyarakat terhadap tunggangan jenis baru ini.

Gesits cukup menyita perhatian karena merupakan motor listrik yang diproduksi lokal alias di dalam negeri.

Perlu diketahui, Gesits merupakan motor listrik buatan anak bangsa, tepatnya hasil kerja sama antara ITS (Institut Teknologi Sepuluh November) dan Garansindo Group.

IIMS Motobike

Motor listrik Gesits di IIMS 2019. (Foto: Carmudi)

Motor ini sudah melewati proses pengembangan sejak 2015 lalu dan diproduksi sejak 2018 di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat.

Namun, peluncuran resmi Gesits baru dilakukan setahun setelahnya di pameran IIMS (Indonesia International Motor Show) 2019.

Saat itu, diumumkan juga harga off the road motor tersebut, yaitu Rp24,95 juta. Gesits mendapatkan pemesanan hingga tembus 1.200 unit selama sembilan hari pameran ini berlangsung.

Sebagai informasi, nama Gesits sendiri adalah singkatan dari Garansindo Electric Scooter ITS. Dengan diluncurkannya Gesits, diharapkan Indonesia bisa mandiri memproduksi kendaraan listrik hingga masa mendatang.

Spesifikasi Motor Listrik Gesits

Motor listrik Gesits saat dicoba Presiden Jokowi. (Foto: Gesits)

Motor listrik Gesits bisa dibilang termasuk produk lokal kebanggaan masyarakat Indonesia di mana memiliki berbagai keunggulan.

Tidak hanya ramah lingkungan, motor tersebut juga mempunyai tampilan yang menarik dan dilengkapi berbagai fitur andal.

Sebagian dari Carmudian mungkin tertarik membeli Gesits. Sebelum mengetahui harganya, alangkah lebih baik ketahui dulu spesifikasi motor listrik tersebut sebagai berikut.

Mesin

Soal mesin Gesits, dibekali dengan baterai Li-NCM 72 Volt 20 Ampere Hour (AH) yang dipasang di atas rangka motor listrik tersebut.

Bekerja di tegangan 96 volt DC, motor ini dapat dibawa berkendara dengan daya hingga 5 kW (6,7 hp) pada putaran mesin 3.600 rpm dan torsi maksimum sebesar 30 Nm di putaran mesin 3.600 rpm.

Dengan memiliki kemampuan daya baterai ini, Gesits dapat dikendarai hingga mencapai jarak tempuh 50 km dengan satu baterai dan 100 km dengan dua baterai.

Tidak seperti motor lain pada umumnya, Gesits menggunakan transmisi CVT dengan pulley belt yang diklaim mumpuni.

Ada beberapa keunggulannya seperti tidak menimbulkan suara berisik, punya harga perawatan yang terjangkau, dan lain-lain.

Selain itu, untuk suspensi Gesits, mengandalkan teleskopik pada bagian depan dan swing arm with monoshock di bagian belakang yang diklaim dapat membuat motornya stabil berkendara di medan jalan tidak rata sekali pun.

Tak ketinggalan, motor tersebut turut dilengkapi sistem pengereman double disc brake pada bagian depan serta belakang.

Penggerak motor listrik ini sendiri diklaim tidak mudah terendam air di musim hujan ataupun tergunjang saat melalui jalan yang berlubang atau penuh bebatuan.

Sementara itu, untuk waktu pengisian daya baterai Gesits, membutuhkan sekitar 3—4 jam saja hingga daya baterainya terisi penuh.

Pengguna motor ini pun juga dapat melakukan penggantian baterai motornya di sejumlah SPBU milik Pertamina.

Mesin Gesits 2022
Tipe Mesin Li-NCM 72 Volt 20 AH
Tenaga Maksimum 6,7 hp @ 3.600 rpm
Torsi Maksimum 30 Nm @ 3.600 rpm
Transmisi CVT dengan pulley belt
Sistem Pengereman Double disc brake

Desain

Dari segi dimensi, Gesits mempunyai panjang 1.947 mm, lebar 674 mm, tinggi 1.135 mm, dan jarak sumbu roda 1.290 mm.

Selain itu, motor tersebut dilengkapi dengan sasis tubular sehingga dapat memuat kapasitas hingga 94,5 kg sebagaimana ini adalah bobot kosong Gesits.

Dengan mempunyai dimensi ini, motor tersebut terlihat ramping. Bahkan, mungkin lebih ramping dibandingkan motor-motor lain sejenisnya.

Di sisi lain, Gesits tidak punya tangki bahan bakar, namun sebuah tempat di bagasinya yang berfungsi untuk menaruh baterai di mana didesain removable sehingga dapat dilepas secara fleksibel.

Hal ini tentu memberi kemudahan bagi pengguna untuk mengganti baterai motornya saat berkendara.

Motor listrik Gesits dengan lampu LED. (Foto: Carmudi)

Jika melihat tampilan luar Gesits secara keseluruhan, desainnya terkesan tidak jauh berbeda dengan desain motor matik yang berbahan bakar bensin.

Motor tersebut bahkan dikatakan mirip dengan Honda Vario 123 dari desain eksteriornya. Bodi Gesits terlihat mengusung konsep sporty yang mengedepankan aerodinamis serta stabilitas.

Pada bagian depan motor listrik ini, terlihat ada desain yang meruncing dengan disematkan lampu utama HID projection berteknologi LED.

Bentuknya sipit dilengkapi dengan DRL (Day Running Light) di sisi kiri dan kanan. Lampu tersebut berfungsi sebagai lampu utama serta lampu sein.

Dengan disematkan lampu ini, dapat memberikan pencahayaan yang terang saat berkendara di malam hari atau cuaca berkabut tebal.

Beralih ke bagian samping Gesits, terlihat ada lekukan garis tegas yang memanjang hingga bagian buritan motor ini. Ini memperkuat kesan sporty pada Gesits. Selain itu, jok motor tersebut didesain menyesuaikan dengan bodi sampingnya.

Tak ketinggalan, terdapat pelek berukuran 14 inci yang dibalut ban 80/80 untuk bagian depan dan 100/80 di bagian belakang.

Pada bagian belakang Gesits, dibekali lampu DRL memanjang yang mirip seperti bagian depan. Lampu ini memiliki fungsi sebagai stoplamp serta lampu sein yang dapat memberikan penerangan terang.

Di sisi lain, terdapat kompartemen berukuran besar di bawah jok Gesits untuk memuat hingga dua buah baterai. Jika hanya satu baterai, sisi yang kosong dapat dimanfaatkan untuk menyimpan barang bawaan.

Di belakangnya lagi, ada celah yang bisa pengguna manfaatkan untuk menaruh charger atau jas hujan. Ada pula sakelar utama kelistrikan yang perlu digeser ke mode off saat melepas baterai motor.

Secara keseluruhan, eskterior Gesit memang terlihat sporty dan cocok dikendarai semua kalangan masyarakat, termasuk kaum wanita.

Spidometer

Gesits IIMS 2019

Tampilan spidometer motor listrik Gesits. (Foto: Carmudi)

Gesits telah menggunakan spidometer yang full digital yang memberi kesan modern pada Gesits. Tampilan penunjuk kecepatan pada motor ini mengusung dua model, yaitu bar yang membentuk seperti C ala takometer.

Kedua, model angka biasa. Sementara itu, di bagian paling kanan spidometer, terdapat logo Gesits berukuran cukup besar.

Di bawahnya, terdapat berbagai informasi yang penting bagi pengguna saat berkendara, mulai dari odometer, jam, kapasitas baterai, suhu motor, dan sebagainya.

Pada bagian paling bawah spidometer, terdapat serangkai lampu indikator di mana termasuk dalam layar digital pada Gesits.

Dari kiri, ada sein ke kiri, logo rem, logo P untuk memberitahukan saat motornya sedang parkir, engine check, mode berkendara yang sedang digunakan pengemudi, indikator mundur, GPS, bluetooth, high beam, serta sein kanan.

Untuk mode berkendara, terdiri dari tiga opsi, yaitu Eco, Urban, dan Sport. Canggihnya, mode ini dapat diganti oleh pengguna saat dalam kondisi berkendara.

Masing-masing karakter ketiga mode tersebut tentunya berbeda. Saat memakai mode Eco, tenaga mesin yang dihasilkan lebih pelan, kebalikan dari Sport. Namun, kecepatannya bisa terus bertambah hingga di kisaran 58 km per jam maksimal.

Tak hanya itu saja, backlight pada spidometer Gesits dapat berubah warna secara otomatis. Saat berkendara di siang hari, warnanya putih agar terlihat jelas.

Jika silau, backlight-nya berubah warna jadi hitam. Ini juga berlaku saat berkendara di malam hari atau dalam kondisi gelap.

Selain itu, adanya bluetooth dapat membuat Gesits bisa terkoneksi dengan smartphone pengguna secara mudah lewat aplikasi.

Dari aplikasi ini, pengguna bisa melihat status keseluruhan sistem pada motor tersebut, hingga menghapus eror jika ada.

Fitur

Selain yang sudah disebutkan di atas, Gesits juga turut dibekali dengan fitur-fitur lain tak kalah mumpuni.

Motor tersebut telah dilengkapi paket fitur berupa Gesits Smart Function yang mengusung beragam fitur handal, seperti salah satunya Detection & Protection System Failure dengan Dashboard Auto Adaptive.

Selain itu, ada satu fitur lain yang tak kalah canggih dan mungkin belum diketahui banyak orang, yaitu mode mundur.

Fitur ini dinilai menarik karena bisa membuat Gesits berjalan mundur dengan kecepatan yang dibatasi hingga sekitar 3 km per jam.

Adanya mode mundur pada motor ini bertujuan untuk memberi kemudahan bagi pengemudi saat keluar dari area parkir di mana tidak perlu mendorong dengan menggunakan kaki, termasuk di parkiran yang sedikit menanjak.

Untuk memastikan sudah menggunakan mode mundur, akan muncul logo R yang menyala saat tombol modenya ditekan pada panel instrumen.

Harga Motor Listrik Gesits 2022

Harga motor listrik Gesits pada 2022. (Foto: Istimewa)

Gesits ditawarkan dalam tiga varian warna, yaitu hitam, putih, dan merah. Ketiga varian motor ini kini sama-sama ditawarkan seharga Rp27,97 juta dilansir dari official store Gesits di e-commerce On The Road (OTR) DKI Jakarta.

Sebagai catatan, harga tersebut adalah harga diskon di mana aslinya seharga Rp28,97 juta. Sementara itu, baterai Gesits sendiri dijual Rp8,5 juta.

Harga ini dapat berubah sewaktu-waktu sehingga Carmudian yang ingin membeli motor listrik tersebut harus mengecek harganya terlebih dahulu.

Pilihan Motor Listrik di Indonesia

Efek Negatif Kendaraan Listrik

Sudah banyak motor listrik yang hadir di Indonesia. (Foto: Carmudi)

Selain Gesits, ada juga motor listrik lainnya di Indonesia yang bisa jadi pilihan Carmudian.

United Motor T1800

United merupakan salah satu pabrikan motor listrik yang sempat viral dengan dua produk motornya, United Type M dan United Type B. United juga memiliki produk motor listrik lainnya yang tak kalah menarik, yaitu United T1800.

Motor listrik ini punya bodi yang mirip dengan Yamaha Lexi. Dengan kapasitas mesin 1.800 watt, kecepatan United T1800 bisa mencapai hingga 70 km per jam.

Motor ini telah dibekali baterai 60V 28 Ah dengan teknologi lithium-ion. Selain itu, T1800 sudah disematkan berbagai fitur yang modern, seperti display full digital hingga Cut Off Energy Motor.

Untuk harganya, United T1800 kini mulai dijual seharga Rp29,5-35,5 juta.

Selis Eagle Prix

Jika melihat tampilan Selis Eagle Prix, terlihat mirip seperti Honda Beat.

Selis Eagle Prix memiliki motor penggerak dengan kemampuan 800 watt. Motor ini pun diklaim dapat dibawa berkendara dalam jarak tempuh hingga 35 km dengan kecepatan sekitar 40 km per jam.

Di sisi lain, motor tersebut menggunakan ban berukuran 3.00×10 inci dengan tipe tubeless dan sistem pengereman drum brake. Untuk harga, Selis Eagle Prix saat ini dijual seharga Rp9,9 juta.

BF Goodrich Angela

BF Goodrich termasuk pabrikan motor listrik yang berani menawarkan desain bervariasi. Selain Goodrich CG, ada motor listrik lainnya yang mengusung desain menarik yaitu BF Goodrich Angela.

Sesuai namanya, motor tersebut diperuntukan bagi konsumen perempuan. Berdasarkan tampilan dan pilihan warnanya, memang terlihat feminim.

BF Goodrich Angela telah dibenamkan baterai 60V 20Ah. Adapun jarak yang ditempuh motor ini dalam sekali pengisian yaitu 55 km. Kini, harga BF Goodrich Angela sendiri Rp14,3 juta.

Penulis: Nadya Andari
Editor: Dimas

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play StoreDownload Carmudi di App Store

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts