Sepeda motor

Motor Listrik Jarak Tempuh Terjauh di Indonesia, Penasaran?

Motor listrik jarak tempuh terjauh, hal itu yang pasti dicari orang ketika menginginkan kendaraan roda dua ramah lingkungan. Bukan apa-apa, tentu tak ada pengguna yang rela terlantar di pinggir jalan kehabisan baterai sebelum mencapai tempat tujuan.

Motor Listrik Jarak Tempuh Terjauh NIU

(Foto: Carmudi)

Kalau bicara skala global, maka Carmudian akan disuguhkan sebuah motor yang sangat luar biasa, yakni Damon Hypersport.

Dari namanya saja sudah terkesan ini bukan motor sembarang. Motor listrik ini punya tenaga 200 Hp dan kecepatan maksimum sampai 322 Km/j. Kebetulan, dengan baterai yang dimilikinya motor buatan Kanada ini juga bisa menempuh jarak sampai 322 Km.

Buat dipakai di dalam kota rasanya kemampuan tersebut sudah lebih dari cukup. Bahkan dengan jarak tempuh sejauh Jakarta-Bandung pulang pergi itu pengguna tak perlu melakukan pengisian baterai setiap hari.

Tapi itu di luar negeri. Bagaimana dengan di Indonesia?

Daftar Motor Listrik Jarak Tempuh Terjauh

Menengok pasar motor listrik domestik maka akan muncul beberapa nama model yang sedang populer belakangan.

Di antaranya adalah United T1800 yang notebene merupakan pemain baru. Kemudian ada juga beberapa produk dari NIU, Viar, dan tentunya GESITS.

Untuk itu, mari kita lihat kemampuan dari produk-produk tersebut utamanya terkait jarak tempuh dan durasi pengisian baterainya.

Sebagai bocoran, ada produk yang mendukung penggunaan dua buah baterai sehingga menghasilkan jarak tempuh jauh lebih unggul dibanding para kompetitor.

United T1800 – 60 Km

United T1800

(Foto: United E Motor)

Selama ini United dikenal sebagai brand sepeda di Indonesia. Tapi belakangan perusahaan tersebut mulai merambah ke motor listrik dengan memperkenalkan T1800 pada Desember 2020 lalu.

Baterai 60V 28 Ah jenis lithium dipilih sebagai sumber tenaganya. Adapun energi dari baterai disalurkan ke dinamo 1.800 Watt untuk menggerakkan roda.

Klaim pabrikan mengatakan United T1800 mampu diajak menempuh jarak hingga 60 Km. Sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk mengisi baterainya dari kosong hingga penuh antara 4-5 jam.

Dengan kemampuan tersebut rasanya memang harus pikir-pikir dulu kalau mau menggunakan United T1800 untuk perjalanan jauh. Padahal desainnya bisa dibilang sudah bergaya touring.

Seperti Yamaha NMax atau Honda PCX, bodinya tergolong bongsor dengan pijakan kaki yang menawarkan kesan rileks. Kecepatan maksimum yang tawarkan United T1800 dirasa cukup untuk berkomuter, yaitu sekitar 70 Km/j.

Ada beberapa fitur menarik di motor ini, contohnya FM Radio, speaker Bluetooth, tombol engine start stop, bahkan sampai mode suara racing.

Minat dengan motor ini? Siapkan saja dana Rp27 jutaan untuk membawanya pulang.

NIU N Lite – 50-75 Km

NIU N Lite

(Foto: NIU Indonesia)

Produsen motor listrik terbilang kreatif dalam menghadirkan desain produknya. Kalau United T1800 tampil selayaknya skuter maxi, beda hal dengan NIU N Lite. Motor ini justru punya penampilan yang terkesan imut-imut.

Bodinya ramping dengan bentuk mengtotak di bagian belakang. Sementara di depan kita bisa melihat keberadaan lampu bundar yang mengambil inspirasi dari motor-motor vintage.

Di atas kertas spesifikasi NIU N Lite tak jauh berbeda dengan United T1800. Di antaranya menggunakan baterai 60V 16 Ah yang dipasangkan dengan dinamo motor 1.800 Watt.

Dengan modal tersebut pabrikan mengklaim jarak tempuhnya berada di rentang 50-75 Km. Sementara untuk durasi pengecasan dibutuhkan waktu sekitar 6-7 jam.

Spesifikasi motor listrik yang satu ini memang terbilang biasa-biasa saja. Bahkan untuk kecepatan puncaknya saja terbatas di angka 45 Km/j.

Kami membayangkan penggunaannya akan lebih cocok di lingkungan perumahan, pabrik, atau perkantoran di mana memang tidak dibutuhkan kecepatan yang begitu tinggi.

Adapun harga NIU N Lite berkisar di angka Rp29,8 juta.

NIU N GT – 130 Km (2 baterai)

Motor Listrik Jarak Tempuh Terjauh NIU

(Foto: Carmudi)

NIU N GT menjadi salah satu pilihan motor listrik jarak tempuh terjauh di Indonesia saat ini. Hadir dari pabrikan yang sama dengan N Lilte, model ini punya spesifikasi yang jauh lebih tinggi.

Mari lihat baterainya terlebih dahulu. NIU N GT adalah salah satu motor listrik yang mendukung fitur penggunaan dua buah baterai. Masing-masing baterai punya kapasitas 60V 35 Ah sementara dinamonya punya spesifikasi 3.500 Watt.

Dari penggunaan dua buah baterai tersebut jarak tempuhnya diklaim bisa mencapai 130 Km. Di atas kertas dengan jarak tersebut motor listrik ini bisa dipakai Jakarta-Bogor pulang pergi. Terlebih lagi kecepatan maksimumnya juga lumayan kencang untuk ukuran motor listrik, yaitu 70 Km/j.

Lalu bagaimana dengan durasi pengisiannya? Motor ini dilengkapi sistem pengecasan yang bisa mengisi dua baterai sekaligus dengan waktu sekitar 7 jam dari kosong sampai penuh.

Dari spesifikasinya nampak NIU N GT cukup menarik untuk dimiliki. Asalkan Anda tak masalah untuk menebusnya dengan harga Rp50 juta lebih.

Viar Q1 – 120 Km (2 baterai)

Viar Q1

(Foto: Viar)

Kecil-kecil cabe rawit. Julukan tersebut cukup pantas disematkan pada Viar Q1. Sebab di balik dimensinya yang mungil, salah satu motor listrik buatan anak bangsa ini punya kemampuan yang bisa diandalkan.

Viar Q1 versi terkini punya dua buah baterai masing-masing 60V 23 Ah. Dari kombinasi tersebut jarak tempuh yang bisa dicapai mencapai 120 Km. Walaupun itu artinya mesti menggunakan dinamo yang lebih kecil dibanding motor listrik lain, yakni 800 Watt.

Adapun untuk durasi pengisiannya antara 4-5 jam. Kemudian kecepatan maksimumnya ada di kisaran 60 Km/j. Cukup untuk penggunaan di dalam kota terlebih di daerah yang sering diwarnai kemacetan.

Hal menarik lain dari Viar Q1 adalah harga jualnya yang terpantau ada di angka Rp18 jutaan. Harga yang relatif terjangkau itu tentunya akan membuka akses lebih besar bagi masyarakat luas untuk bisa memiliki motor nol emisi ini.

Untuk tampilannya Viar Q1 memang tergolong unik dengan desain serba membulat. Lewat desain seperti itu pabrikan berusaha menyuguhkan motor listrik yang menampilkan kesan retro, namun tetap futuristis.

GESITS – 100 Km (2 baterai)

Perawatan Motor Listrik

Motor listrik Gesits (Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Buat Carmudian yang mencari motor listrik jarak tempuh terjauh rasanya juga bisa melirik produk dari GESITS. Pasalnya penggunaan dua baterai di motor ini menjanjikan kemampuan yang cukup baik.

Pabrikan membekali motor listrik ini dengan dua buah baterai 72V 20Ah yang masing-masing bisa digunakan sampai 50 Km. Nah, tinggal digandakan saja angkanya. Sementara waktu pengisian daya yang diperlukan antara 3-4 jam untuk satu baterainya.

GESITS sendiri menggunakan dinamo motor 5.000 Wh yang bisa membawa motor listrik ini melaju hingga kecepatan tertinggi 70 Km/j.

Dari sisi tampilan, desain motor listrik GESITS akan mengingatkan kita pada skuter matik Honda Vario.

Fitur yang dimilikinya antara lain tiga mode berkendara, yakni Eco, Urban, dan Sport. Kemudian panel instrumennya sudah digital. Tak ketinggalan lampu depan pun menggunakan bohlam LED sehingga terlihat kekinian.

Adapun untuk harga motor GESITS cukup bersaing dibanding para rival-rivalnya, yaitu sekitar Rp27 jutaan. Namun angka tersebut bisa sedikit berbeda untuk setiap daerah.

Jadi, sudah tahu motor listrik apa yang bakal dipilih?

Baca Juga:

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts