Sepeda motor

Motor Murah dan Terbaik 2021, Pilihannya Mulai Harga Rp16 Jutaan

Motor murah dan terbaik 2021 berdasarkan penilaian kami mayoritas berasal dari segmen skuter matik. Di satu sisi, tunggangan semacam ini sangat bisa diandalkan untuk kendaraan sehari-hari. Selain itu tersedia banyak pilihan model ditawarkan dengan harga terjangkau.

Suzuki Nex Crossover

Suzuki luncurkan varian baru dari Nex II (Foto: SIS)

Sepeda motor menjadi pilihan jenis transportasi bagi banyak orang Indonesia. Bahkan tak sedikit mereka yang sudah punya mobil pun juga memiliki sepeda motor.

Dimensinya yang ringkas membuat sepeda motor sangat cocok digunakan untuk perjalanan jarak dekat maupun agak jauh.

Terlebih lagi situasi lalu lintas di kota-kota besar yang makin padat. Hal ini membuat sepeda motor menjadi pilihan tepat bagi mereka yang ingin sampai tujuan dengan cepat.

Ada banyak pilihan model sepeda motor ditawarkan saat ini. Brand besar asal Jepang, seperti halnya Honda, Suzuki, atau Yamaha dapat dibilang memiliki jajaran produk yang sangat lengkap. Mulai dari sepeda motor kategori moped atau underbone, sport, sport fairing, dan tentunya skuter matik.

Hanya Kawasaki saja yang terpantau fokus menggarap pasar sport atau sport fairing.

Pilihan Motor Murah dan Terbaik 2021

Menentukan pilihan motor murah dan terbaik 2021 sebenarnya gampang-gampang susah. Pasalnya pilihan ukuran murah dan terbaik bagi setiap orang bisa saja berbeda-beda.

Namun sebagai patokan dalam ulasan kali ini akan diambil produk-produk yang memiliki harga tak jauh dari Rp16 juta. Angka tersebut dapat dikatakan sebagai harga mayoritas produk roda dua entry level saat ini.

Sedangkan untuk mencari yang terbaik maka akan melihat beberapa aspek dari produk tersebut.

Misalnya saja fitur-fitur yang dimiliki, desain, atau performa sepeda motor tersebut. Dengan begitu harapannya Carmudian bisa mendapatkan gambaran yang cukup dalam menentukan pilihan.

Honda BeAT – Rp16.665.000

Harga Honda BeAT 2021

Honda BeAT 2021 (Foto: AHM)

Honda BeAT cukup direkomendasikan bagi Carmudian yang mencari motor murah dan terbaik. Bukan tanpa alasan produk ini menduduki urutan paling atas sepeda motor terlaris di Indonesia selama bertahun-tahun.

Pada tahun 2021 ini Honda BeAT dipasarkan mulai dari harga Rp16 jutaan. Dengan harga seperti itu, Carmudian sudah mendapatkan skuter matik yang irit bahan bakar dan murah dalam perawatan.

Desain Honda BeAT juga tergolong enak dilihat. Bahkan, kini dari varian terendahnya sudah dilengkapi dengan lampu depan LED.

Dalam hal kepraktisan Honda BeAT memiliki bagasi dengan kapasitas 12 liter. Cukup untuk menaruh barang-barang seperti halnya jas hujan atau tas kecil.

Tapi untuk fitur tambahan seperti power socket 12V baru bisa ditemui pada varian CBS ISS yang dijual dengan harga Rp17,365 juta.

Honda Revo X – Rp16.810.000

Honda Revo

Honda Revo (Foto: AHM)

Rekomendasi selanjutnya masih dari brand Honda, yakni moped atau motor bebek Revo X yang juga dijual Rp16 jutaan. Sebenarnya model ini memiliki varian lain yang dijual dengan harga lebih murah, yaitu Revo Fit.

Namun, rekomendasinya jatuh pada varian ini karena sudah menggunakan pelek cast wheel. Beda halnya dengan varian Revo Fit yang masih menggunakan spoke wheel alias pelek jari-jari.

Varian ini lebih direkomendasikan karena spoke wheel sudah terbukti minim perawatan. Tidak perlu melakukan setel pelek secara berkala.

Model ini memang tidak menawarkan fitur yang macam-macam. Lampu depan masih halogen, speedometer analog, dan bagasinya pun sebatas 7 liter saja. Namun, Revo dirasa pas untuk menjadi pilihan motor Honda murah yang bisa diandalkan sehari-hari selain jenis skuter matik.

Yamaha Soul GT AKS – Rp17.300.000

Pilihan Motor Murah Terbaik 2021

Yamaha Soul GT (Foto: Yamaha)

Yamaha memiliki lini produk yang sama lengkapnya dengan Honda. Namun kalau bicara motor murah terbaik 2021 artinya harus pintar-pintar memilih.

Rekomendasi yang pertama adalah Soul GT AKS yang dipasarkan seharga Rp17 jutaan. Produk ini memang bukan yang paling murah di katalog Yamaha, tapi sangat pantas untuk dipertimbangkan.

Alasan pertama, harganya masih relatif terjangkau. Kemudian desain Soul GT AKS juga terlihat lebih berotot dengan turut dilengkapi ban lebar. Lantas sektor pencahayaan sudah dilengkapi dengan lampu LED.

Selain itu, daya tarik yang cukup kuat dari motor ini ialah kapasitas bagasi yang tergolong luas. Bahkan cukup untuk digunakan menampung helm full face.

Kemampuan yang satu ini tergolong jarang ditemui pada skuter matik bermesin 110 cc hingga 125 cc. Honda memang memiliki Vario 125, tapi harganya sudah tembus Rp21 juta.

Sayangnya, Yamaha Soul GT AKS belum memiliki power socket 12V bahkan untuk varian tertingginya. Tapi pada opsi ini Carmudian bisa mendapatkan fitur start and stop system.

Yamaha Gear 125 – Rp17.000.000

Yamaha Gear 125

(Foto: Yamaha)

Rekomendasi selanjutnya merupakan skuter matik yang tergolong pendatang baru, yakni Yamaha Gear 125. Pabrikan menerapkan konsep matic multiguna untuk produknya yang satu ini.

Mungkin maksudnya skutrer matik ini siap untuk diajak melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

Mau membawa banyak barang? Bisa, karena skuter ini dilengkapi dengan dengan double hook yang berada di area dek tengah. Sementara itu kapasitasnya bagasinya juga lumayan luas.

Di samping itu skuter matik ini juga siap untuk diajak bergaul. Desainya terlihat gagah dan modern dengan dibekali lampu depan LED.

Hal yang tak kalah menarik, pabrikan menyediakan sejumlah aksesori yang dapat dibeli secara terpisah.

Contohnya footpeg belakang untuk anak kecil dan pijakan kaki tambahan yang bisa dipasang di ujung dek depan. Dengan begitu pengendara bisa merasakan posisi riding yang lebih rileks.

Selain itu, ada pula aksesori berupa cover laci depan sebelah kiri. Yamaha Gear 125 sendiri sudah dilengkapi dengan power socket 12V yang bisa digunakan untuk mengisi baterai handphone.

Dengan adanya aksesori ini maka pengecasan bisa dilakukan secara lebih aman karena lacinya menjadi tertutup.

Pada varian tertinggi yang dijual lebih mahal Rp750 ribu, Anda bisa mendapatkan fitur tambahan seperti halnya stop and start system dan remote answer back system.

Suzuki Nex II – Rp17.300.000

Suzuki Nex Crossover

Suzuki luncurkan varian baru dari Nex II (Foto: SIS)

Model terakhir dalam rekomendasi dalam ulasan motor murah dan terbaik 2021 kali ini ialah Suzuki NEX II.

Sebenarnya Suzuki Address merupakan pilihan yang lebih menggoda, tapi sayangnya model yang juga dipasarkan ke negara lain tersebut harganya di atas Rp18 juta.

Meski demikian, Suzuki NEX II tetap menarik untuk dijadikan kendaraan sehari-hari. Dari segi dimensi, skuter matik yang satu ini tergolong ringkas.

Penampilannya dilengkapi lampu depan yang sudah menggunakan LED. Kesan modern pun terlihat dari penggunaan emblem tiga dimensi di sisi samping bodinya.

Fitur menarik yang dimiliki Suzuki NEX II ialah USB port yang tersedia di laci sebelah kirinya. Hal ini berbeda dibanding mayoritas skuter sekelasnya yang masih menggunakan power socket 12V.

USB port lebih praktis digunakan karena tidak memerlukan adapter jika hendak mengisi baterai handphone dengan kabel data.

Sedangkan untuk ruang penyimpanan, bagasi Suzuki Nex II memang tidak terlalu besar. Namun, motor ini memiliki dua laci depan yang bisa digunakan menyimpan barang-barang kecil.

Baca Juga:

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts