Sepeda motor

Motor Suzuki Katana 2022 Melantai di EICMA, Tenaga Makin Buas

Italia — Suzuki Katana GSX-S1000 model 2022 resmi melantai di ajang Esposizione Internazionale Ciclo Motociclo e Accessori (EICMA) 2021.

Di ajang tersebut, Katana 2022 diketahui mendapat penyegaran pada beberapa bagian, salah satunya yang mudah terlihat adalah penggunaan warna baru Metallic Matt Stellar Blue dan Solid Iron Grey. Kedua warna tersebut akan menjadi pilihan konsumen yang akan membeli untuk model terbaru ini.

suzuki katana 2022

(Foto: Suzuki Global)

Soal desain, tampilan Suzuki Katana 2022 ini masih terlihat sama dengan generasi sebelumnya. Tampilannya terlihat sporty dengan banyak lekuk tajam di bagian bodi dan terlihat ‘buntung’ di bagian belakang.

Untuk urusan mesin, Suzuki Katana GSX-S1000 masih menggunakan mesin yang sama seperti generasi sebelumnya yakni berkapasitas 999 cc, 4 silinder dengan sedikit perubahan dan sudah lolos standar uji emisi Euro5

suzuki katana 2022

(Foto: Suzuki Global)

Komponen internal mesin seperti camshaft, valve spring kini telah diperbarui. Bahkan kini knalpotnya dilengkapi dengan sistem pembuangan 4-2-1.

Suzuki Katana 2022. (Foto: Suzuki Global)

Selain itu, sistem ride by wire baru dan throttle body elektronik juga dibuat lebih kecil dengan ukuran 40 mm. Suzuki juga menanamkan Suzuki Drive Mode Selector (S-DMS) yang dikalibrasi ulang dengan 3 mode berkendara.

Ketiga mode berkendara tersebut terdiri dari A untuk respon mesin yang paling buas, lalu mode B untuk memberikan tenaga yang halus, dan C memberikan respon yang ideal ketika pengendara melewati jalan yang licin.

(Foto: Suzuki Global)

Berkat pembaruan tersebut tenaga Suzuki Katana 2022 yang sebelumnya 150 hp dengan torsi 106 Nm bertambah 2 hp menjadi 152 hp.

Pembaruan lainnya terdapat pada slip and assist clutch, quickshifter 2 arah, dan kontrol traksi 5 tahap yang kini menjadi standar.

Improvisasi lain terdapat pada bagian suspensi depan kini menggunakan Kayaba yang bisa disetel pengaturannya. Monoshock di bagian belakang juga disetel ulang preload dan rebound yang dihasilkan agar memberi kenyamanan.

Suzuki Katana 2022. (Foto: Suzuki Global)

Sedangkan di sektor pengereman sepeda motor berkapasitas tangki 12 liter ini memakai cakram ukuran 310 mm dengan kaliper lansiran Brembo 4 piston.

Di Eropa, sepeda motor Suzuki GSX-S1000 ini ditawarkan dengan harga yang berkisar Rp264 jutaan.

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *