Home » Berita » Kapan Isuzu Indonesia Jual MU-X Bermesin Diesel Blue Power?

Kapan Isuzu Indonesia Jual MU-X Bermesin Diesel Blue Power?

 

diesel blue power
Mesin Diesel Blue Power sempat meraih gelar ‘The Most Hi-Tech Diesel Engine’ pada ajang penghargaan ‘Car of the Year 2016’ di Thailand (Foto: Top Gear PH)

Jakarta – Mesin Diesel Blue Power resmi diperkenalkan Isuzu Thailand pada 2016 di ajang Bangkok Motor Show. Mesin yang dibenamkan ke Isuzu MU-X itu tersedia dalam dua versi yaitu 1.9 dan 3.0 liter. Sudah dua tahun lebih diperkenalkan, tapi mesin baru Isuzu tersebut belum juga masuk ke Indonesia.

Banyak faktor yang menyebabkan PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) belum juga memasangkan mesin Diesel Blue Power ke MU-X yang dipasarkan di Indonesia.

“Kami (IAMI) mungkin tahun 2020 (baru akan masuk). Seharusnya tahun ini kami luncurkan tapi ada beberapa perubahan yang kami minta ke prinsipal, itu yang membuat Blue Power tertunda. Ya kami minta mesin berstandar Euro2, karena mereka di sana sudah Euro4. Ya untuk proses perubahan itu cukup lama,” ujar Joen Budiputra selaku Direktur Pemasaran IAIMI, baru-baru ini.

Joen menjelaskan bila dipaksakan masuk, waktunya sangat tanggung sekali mengingat pada 2021 berdasarkan peraturan menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyebutkan bahwa setiap kendaraan baru yang menggunakan mesin diesel harus standar Euro4.

“Kami harapkan begitu mesin Diesel Blue Power masuk Euro4 sudah diberlakukan,” terang dia.

Isuzu MU-X wajah baru akan muncul tahun depan (Foto: Istimewa)

Kelebihan Mesin Diesel Blue Power

Berbeda dari sebelumnya, mesin Diesel Blue Power milik Isuzu ini lebih bertenaga, dan irit bahan bakar. Isuzu mengklaim bahwa MU-X merupakan satu-satunya SUV pertama di dunia yang dibekali dengan mesin berkapasitas 1.9 liter.

Bicara soal performa, mesin 1.9-liter DDI Blue Power turbodiesel mampu menyemburkan tenaga 150 kW dan torsi puncak 3600 Nm. Mesin dikawinkan dengan transmisi manual atau otomatis enam percepatan.

Sedangkan untuk mesin berkapasitas 3.0 liter memiliki tenaga sebesar 177 kW pada 3.600 rpm dan torsi puncak 380 Nm pada 1.800-2.800 rpm. Tenaga disalurkan ke roda melalui transmisi otomatis enam percepatan.

Menariknya, mesin Diesel Blue Power pernah meraih gelar ‘The Most Hi-Tech Diesel Engine’ pada ajang penghargaan ‘Car of the Year 2016’ di Thailand.

Di Indonesia, IAMI menawarkan Isuzu MU-X dalam tiga varian seperti MU-X 4×4, MU-X Premiere, dan Mu-X Royale. Rival Mitsubishi Pajero, Nissan Terra, dan Toyota Fortuner ini menggunakan mesin diesel 4JK1-TC Hi-Power 4-silinder segaris berkapasitas 2.499cc.

Mesin mengadopsi teknologi common-rail direct injection dan intercooled Variable Geometry System Turbocharger (VGS). Di atas kertas mesin sanggup menghasilkan tenaga 136 PS di 3.400 rpm dan torsi 320 Nm di 1.800-2.800 rpm. (dna)

Ini Alasan Isuzu Belum Juga Datangkan Isuzu Panther Baru

Previous post
Infografis: Mobil Baru Hyundai H-1 2018
Next post
Kerennya Toyota C-HR Hasil Kolaborasi dengan Adidas