BeritaProduk

MUFSyariah, Produk Pembiayaan Syariah Pertama dari BUMN.

Peluncuran MUFSyariah

Sesi peluncuran produk MUFSyariah dilakukan oleh para petinggi Mandiri Utama Finance dan MUI

Jakarta – Mandiri Utama Finance (MUF) resmi meluncurkan produk baru MUFSyariah. Produk pembiayaan ini diklaim sebagai respon dari pertumbuhan pasar otomotif dan kebutuhan masyarakat terhadap pembiayaan syariah.

Soal data pertumbuhan, GAIKINDO mencatat bahwa pada semester pertama tahun 2018 ini penjualan mobil mencapai 553.757 unit.
Angka tersebut naik jika dibandingkan dengan tahun lalu di periode yang sama yakni mencapai 533.506 unit.
Kembali kepada MUFSyariah, produk pembiayaan syariah yang diklaim sebagai yang pertama dari BUMN ini sendiri akan diawasi dan didampingi oleh Dewan Pengawas Syariah.
“Kami memastikan bahwa semua unsur pembiayaan sesuai dengan prinsip Islam dan mendorong masyarakat Indonesia untuk tidak ragu menggunakan produk pembiayaan MUFSyariah,” ujar Prof. Dr. Yunahar Ilyas selaku Ketua Dewan Pengawas Syariah MUF saat acara peluncuran di Jakarta, Selasa (18/9).

Akad Dijamin Bebas Riba

Di kesempatan yang sama, Yunahar menjelaskan bahwa MUFSyariah ini menggunakan akad muharabahah, yakni akad jual beli yang bebas riba.
MUFSyariah akan menegaskan harga beli atau harga perolehan kepada konsumen serta margin sebagai keuntungan MUFSyariah. Selanjutnya konsumen melakukan pembayaran angsuran sesuai jangka waktu yang telah disepakati.
Selain itu, MUFSyariah pun menyediakan beberapa keuntungan dalam pembiayaan kendaraan bermotor.
Diantaranya; pilihan jenis kendaraan beragam, tenor pembiayaan sampai 5 tahun serta mudah dan cepat proses administrasinya.

Baru Melayani di 8 Kota Kantor Cabang

Peluncuran MUFSyariah

Penandatanganan nota kesepahaman atau MOU oleh MUF dan Bank Mandiri Syariah.

Hanya saja, pihak MUF mengumumkan produk anyar ini baru tersedia di 8 kota kantor cabang saja. Mulai dari Pekanbaru, Tangerang, Duren Tiga Jakarta, Subang, Magelang, Kediri, Gresik hingga Surabaya.
Namun Stanley Setia Atmadja selaku Dirut MUF meyakinkan akan memperluasnya ke 111 kantor cabang di seluruh Indonesia.
“Selain itu, nasabah pun bisa mengunjungi kantor cabang MUF atau diler-diler mobil dan motor rekanan MUF di delapan kota tadi,” ujar Stanley.
“Kami berharap dapat memberi kemudahan bagi masyarakat muslim Indonesiapada khususnya, untuk memiliki kendaraan impian sesuai prinsip dan tuntunan agama,” imbuhnya.
Sementara itu, Toni EB Subari, Dirut Mandiri Syariah mengaku bangga dapat mendukung MUF dalam pembiayaan produk syariah.
“Ini adalah wujud sinergitas Mandiri Group dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah sesuai kebijakan pemerintah yang dituangkan melalui Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS),” tutupnya. (Z)

Dimas Hadi

Memulai karir sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di Carmudi Indonesia. Sebelumnya aktif menulis bermacam esai sosial-budaya dan beberapa karya tulis lainnya sejak 2009. Email : [email protected]
Follow Me:

Related Posts