HomeBeritaMulai 2035 Produsen Dilarang Jual Mobil Bermesin Bensin dan Diesel

Mulai 2035 Produsen Dilarang Jual Mobil Bermesin Bensin dan Diesel

Gubernur California larang produsen jual mobil bermesin bensin dan diesel mulai 2035
Gubernur California larang produsen jual mobil bermesin bensin dan diesel mulai 2035 (Foto: Carscoops)

California – Gubernur California, Gavin Newsom baru-baru ini mengeluarkan perintah melarang produsen menjual mobil bermesin bensin dan diesel. Tak terkecuali bagi kendaraan ramah lingkungan yang menggunakan teknologi seperti hybrid dan plug-in hybrid.

Kebijakan tersebut akan mulai diberlakukan pada 2035. Produsen hanya diperbolehkan menjual mobil dengan nol emisi di negara tersebut.

Sejalan dengan rencana tersebut, California Air Resources Board (CARB) tengah ditugaskan membuat aturan yang lebih detail. Tujuannya untuk memastikan bahwa semua mobil penumpang dan pikap terbaru yang hendak dijual di negara bagian Amerika Serikat tersebut memiliki nol emisi.

CARB juga akan mengembangkan peraturan serupa untuk kendaraan niaga jenis truk berkuran menengah dan besar. Jika memungkinkan kebijakan emisi nol persen untuk truk berlaku pada 2045.

Juru bicara kantor gubernur California mengatakan sektor transportasi bertanggung jawab atas setengah dari semua polusi udara yang berasal dari hasil pembakaran kendaraan bermesin bensin dan diesel.

Masyarakat di Los Angeles Basin dan Central Valley memandang bahwa California memiliki udara paling kotor dan paling beracun. Salah satu upaya untuk mengurangi polusi udara yaitu dengan beralih mengunakan mobil tanpa menghasilkan emisi gas buang.

Mobil Listrik Lebih Mahal Dibanding Bensin dan Diesel

Kendaraan nol emisi yang dimaksud adalah mobil listrik. Namun harga mobil listrik saat ini terbilang lebih mahal daripada mobil bermesin bensin dan diesel. Kendati demikian Newsom memastikan bahwa nantinya harga mobil listrik dan tanpa emisi akan jauh lebih terjangkau.

Mobil LIstrik
Mobil Listrik. Foto/ Carscoops.

“Kendaraan tanpa emisi hampir pasti akan lebih murah dan lebih baik daripada mobil bertenaga bahan bakar fosil,” ungkap Newsom seperti dikutip dari Carscoops, Kamis (24/9/2020).

Supaya hal tersebut terwujud, Newsom mengharapkan bantuan dari para produsen baterai untuk menurunkan harga jualnya. Dengan begitu bisa membuat harga kendaraan listrik menjadi lebih kompetitif dibanding mobil bensin dan diesel.

Kebijakan baru tersebut hanya akan berlaku untuk penjualan mobil baru saja. Pemeritah California tidak melarang warganya membeli dan memiliki mobil bermesin bensin dan diesel yang dibeli dari pasar mobil bekas.

California adalah salah satu pasar terbesar untuk mobil baru di Amerika Serikat. Langkah menuju kendaraan nol emisi kemungkinan besar akan berdampak ke para konsumen. Ini juga akan memengaruhi para produsen mobil karena mengharuskan mereka memiliki jajaran kendaraan nol emisi.

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Previous post
BMW M 1000 RR, Motor BMW Pertama yang Jadi Seri M
Next post
Biaya Servis Berkala DFSK Glory 560 Sangat Kompetitif