Berita

Mulai Sejarah Baru, Neta Perdana Produksi Lokal Mobil Listrik V-II di Bekasi

Jakarta — PT Neta Auto Indonesia (NAI) memulai sejarah penting, yakni resmi melakukan produksi lokal secara Completely Knocked Down (CKD) pada hari ini, Jumat, 31 Mei 2024.

Neta melakukan perakitan perdananya di pabrik milik PT Handal Indonesia Motor di Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat yang disebut memiliki kapasitas produksi sekitar 30 ribuan unit per tahun.

Sebagai pemula sejarah ini, mobil listrik Neta V-II menjadi model pertamanya yang mana telah resmi diluncurkan Rabu lalu (22/5/2024).

Produksi perdana Neta di Indonesia

(Foto: NAI)

Baca Juga: Spesifikasi Neta V-II Lebih Canggih, Punya ADAS Lengkap!

Menurut Yusuf Anshori, Brand & Marketing NAI mengatakan bahwa pihaknya sendiri menargetkan produksi 10 ribu unit per tahunnya.

“Dari kapasitas (pabrik) Handal, target tahap awal kami 10 ribu unit per tahun,” ujarnya.

Perakitan lokal Neta V-II ini menjadi representasi upaya Neta dalam memperkuat posisinya di industri mobil listrik Indonesia.

Dalam hal lain, Kong Fanlong selaku Co-founder & Co-President of Neta Auto yang turut hadir di seremoni tersebut, mengatakan perakitan lokal produk Neta juga dalam rangka mendukung program pemerintah untuk meningkatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

“Hari ini, Neta resmi memulai tahap awal produksi massal mobil listrik kami yaitu Neta V-II secara CKD. Kami berterima kasih kepada Pemerintah Indonesia, PT Handal Indonesia Motor, serta partner dan rekan-rekan yang telah mendukung upaya kami dalam berkomitmen menghadirkan mobil listrik dengan teknologi canggih, premium, dan berkualitas secara lokal,” ujar Kong FanLong selaku Co-founder & Co-President of Neta Auto dalam sambutannya.

Produksi Neta V-II di Bekasi

(Foto: NAI)

Selain Kong Fanlong sebagai perwakilan Neta Auto Overseas, seremoni pun dihadiri Denny Siregar dari pihak PT Handal Indonesia Motor.

Rangkaian acara dimulai dengan penandatanganan kerja sama strategis antara PT Neta Auto Indonesia dengan PT Handal Indonesia Motor.

Acara dilanjutkan dengan prosesi peresmian produksi dengan memperlihatkan proses perakitan mobil listrik Neta V-II secara simbolis, dari tahap awal hingga tahap akhir.

Neta V-II sebagai model mobil listrik terbaru tidak hanya diproduksi secara lokal, tapi juga diklaim telah memiliki TKDN sebesar 44%.

Pihak Neta mengeklaim bahwa besaran TKDN tersebut didapat berkat dukungan PT Gotion Green Energy Solutions Indonesia sebagai penyuplai baterai Lithium Ferro-Phosphate (LFP).

Neta V-II dirakit di pabrik milik PT Handal Indonesia Motor

(Foto: NAI)

Hingga sejauh ini, sejak Neta V-II diperkenalkan pada Periklindo Electric Vehicle Show 2024 lalu, mobil listrik ini telah mengantongi SPK hingga 200 unit.

“Dengan dimulainya produksi perdana ini, kami berharap Neta dapat memenuhi permintaan pasar atas mobil listrik yang pintar serta ramah lingkungan untuk jangka panjang,” ujar Kong FanLong.

Saat diluncurkan beberapa waktu lalu, harga Neta V-II pun diumumkan di angka Rp299 juta (OTR Jakarta).

Baca Juga: Neta Resmi Umumkan Harga Mobil Listrik V-II, Mulai Rp299 Jutaan

Penulis: Dimas Hadi

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

Dimas Hadi

Menjadi jurnalis dan merangkap sebagai penulis konten otomotif di Carmudi sejak 2016. Masih terobsesi Toyota Starlet meski lebih sering mengemudikan Suzuki Ertiga karena cinta keluarga. Email: dimas.hadi@icarasia.com

Related Posts