Tips dan Trik

Mumpung di Rumah, Yuk Ajak Anak Kenal Perawatan Ban Mobil

Jakarta – Perawatan ban mobil perlu diperkenalkan kepada anak-anak sedini mungkin, sekaligus memberitahu bahwa komponen ini sangat erat hubungannya dengan keselamatan berkendara.

Perawatan Ban Mobil

(Foto: Tyres Northampton)

“Anak-anak perlu dikenalkan sedini mungkin tentang mindset keamanan dalam berkendara, karena suatu hari, mereka akan menjadi generasi pengguna jalan berikutnya,” terang Apriyanto Yuwono National Sales Manager PCR (Passenger Car Radial) PT. Hankook Tire Sales Indonesia, dalam keterangan resminya, Rabu (30/1/2021).

Lebih lanjut, Apriyanto menjelaskan faktor perilaku berkendara juga akan berkontribusi besar terhadap keamanan mereka dan pengguna jalan lainnya. Pada momen ini anak bisa perlahan diperkenalkan aturan dasar berkendara, termasuk perawatan ban mobil agar memenuhi standar keselamatan saat digunakan

Panduan Dasar Perawatan Ban Mobil

Dalam hal ini orang tua dapat menjelaskan fungsi ban, kualitas ban, cara mengganti ban, pemeriksaan kondisi ban, dan komponen-komponen lainnya yang berkaitan dengan ban.

Fungsi Ban Mobil

Ban menjadi satu-satu komponen pada mobil yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan. Secara teori ban berfungsi untuk mempertahankan atau mengubah arah mobil.

Ban memiliki pola alur guna menciptakan cengkraman dengan permukaan jalan yang dilaluinya. Pola alur tersebut juga didesain sebagai “jalan keluar” bagi air agar mobil tak tergelincir.

Selain itu ban juga punya tugas sebagai penyerap guncangan ketika mobil melewati jalanan rusak.

Pola Alur Ban Mobil

(Foto: Discount Tire)

Kualitas Ban

Tak kalah penting, anak-anak juga perlu mengetahui kondisi ban yang ideal. Mengidentifikasi ban yang sudah habis masa pakainya memang bukan hal sulit. Terlebih jika kondisinya sudah gundul.

Selain itu orang tua juga bisa memberi tahu keberadaan fitur Tread Wear Indicator (TWI) yang bisa dijadikan acuan menentukan tingkat keausan ban.

Cara Mengganti Ban

Cara Mengganti Ban Mobil

Ilustrasi mengganti ban mobil (Foto: Car and Driver)

Poin ini dapat dilakukan dengan cara menunjukkan cara menganti ban tanpa harus melibatkan anak secara langsung. Hal ini termasuk memberitahu letak ban cadangan dan dongkrak di dalam mobil.

Komponen Lain yang Berkaitan dengan Ban

Pada praktiknya ban tidak bekerja sendirian, melainkan juga terhubung pada suspensi yang berfungsi untuk meredam guncangan.

Selain itu, ban juga terhubung dengan rem untuk memperlambat lanjut kendaraan.

Baca Juga:

 

Penulis: Mada Prastya

Editor: Santo Sirait

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts